Yuk Istiqomah Baca Ayat Kursi, Intip Faidah Besarnya!

Blogyudi.com – Bagi umat muslim, ayat kursi memang satu ayat di dalam Al Quran yang sering kali dibaca. Hal ini karena memang Ayat kursi memiliki banyak faidah dan juga manfaat. Ayat kursi merupakan satu ayat di dalam Surat Al Baqoroh ayat 255. Berikut ini adalah beberapa faidah atau manfaat membaca ayat kursi pada beberapa waktu tertentu.

Yuk Istiqomah Bawa Ayat Kursi, Intip Faidah Besarnya!

Memberikan Perlindungan

Satu manfaat utama dari membaca ayat kursi adalah diberikannya perlindungan oleh Allah. Tentu saja, perlindungan ini ada dalam beberapa bentuk, misalnya perlindungan dari gangguan jin dan setan. Ada dua waktu utama yang sangat dianjurkan bagi kita untuk membaca ayat kursi ini.

Yang pertama adalah saat pagi dan petang. Karena inilah, bacaan ayat kursi include ke dalam salah satu bacaan yang ada di dzikir pagi dan petang. Sehingga memang sebaiknya ayat kursi ini dibaca setiap pagi atau pun setiap petang. Bahkan, jika memang kita tidak sempat atau saking sibuknya tidak bisa membaca dzikir pagi maka dianjurkan untuk tetap membaca ayat kursi ini.

Hal ini sesuai dengan hadist Nabi Saw yang diriwayatkan oleh al Hakim dari sanad Ubay bin Ka’ab yang mengatakan bahwa siapa saja yang membaca ayat Kursi di kala pagi, maka Allah akan memberikan perlindungan dari pagi itu sampai petang datang. Demikian pula, siapa saja yang mengamalkan dengan membaca ayat kursi ini di kala petang, maka perlindungan Allah akan diberikan kepadanya dari waktu petang tersebut sampai malam dan pagi hari.

Selain pada waktu pagi dan petang, waktu yang sangat utama dalam membaca ayat Kursi agar kita mendapatkan perlindungan dari Allah adalah saat sebelum tidur. Tidur adalah salah satu cara yang memudahkan jin untuk memasuki tubuh manusia guna menggodanya. Namun ketika kita sebelum tidur membaca ayat Kursi maka Allah akan memberikan perlindungan kita dari segala godaan jin.

Membaca ayat kursi sebelum tiur ini bisa dilakukan beserta dengan amalan lainnya yang dianjurkan dilakukan sebelum tidur, sebut saja membaca tiga surat muawidatain, yaitu Surat An Nas, Al Ikhlas dan Al Falaq sebanyak tiga kali serta beberapa amalan yang lainnya.

Tidak Terhalang Baginya Surga

Impian dan cita-cita terbesar seorang muslim adalah mendapatkan surga. Inilah puncak kenikmatan yang telah dijanjikan Allah SWT kepada orang-orang yang beriman yang senantiasa beramal sholih semasa hidupnya.

Mengistiqomahkan membaca ayat kursi setelah sholat fardhu atau sholat lima waktu juga akan memberikan kita kemudahan untuk meraih surga Allah. Hal ini sebagaimana apa yang disabdakan oleh Rasul Saw dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh An Nasai dari sanad Abu Umamah dimana Rasul Saw mengatakan bahwa bagi orang yang senantiasa mengamalkan membaca Ayat Kursi selepas sholat, baginya tidak ada penghalang dengan surga, kecuali adalah kematian.

Inilah dua hal utama yang menjadi faidah atau manfaat besar dalam mengamalkan membaca ayat Kursi. Tentu saja, dua hal di atas didasarkan pada hadist yang shohih karena sejatinya apa yang dilakukan atau dikerjakan oleh setiap muslim haruslah berdasarkan pada dalil yang jelas, terutama untuk masalah ibadah.

Rasul Saw telah menjadi suri tauladan yang sempurna untuk hal ini. Kita bisa mencontoh segala bentuk ibadah yang dilakukan oleh Nabi dan semua itu akan menghantarkan kita pada ridho Allah. Sedangkan, untuk hal-hal yang tidak dicontohkan oleh Nabi Saw, tentu saja kita tak harus bersusah payah untuk melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.