3 Cara Aman Mencegah Costumer Penipu Untuk Olshop Pemula

Blogyudi.com – Membuka online shop menjadi salah satu cara untuk mendapatkan tambahan penghasilan, apalagi bagi ibu rumah tangga. Sehingga bisa membantu perekonomian keluarga, namun tak perlu meninggalkan anak dan suami di rumah.

Hanya saja masalahnya adalah banyak pihak yang memanfaatkan dunia jual beli online untuk melakukan mejahatan, misalnya penipuan. Anda tentu sering mendengar ada online shop yang sampai rugi ratusan ribu, bahkan sampai jutaan Rupiah karena tertipu oleh kostumer yang jahat.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa mencegah online shop anda merugi karena costumer yang menipu.

Baca juga : 

  1. Minta Bukti Transfer

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin bebas dari costumer penipu adalah dengan meminta bukti transfer. Biasanya costumer yang sudah mentransfer belanjannya akan mengirimkan bukti transfer berupa selembar kertas khusus, baik itu kertas yang didapatkan dari ATM atau dari teller bank.

Sebagai seller, anda harus tahu seperti apa bukti transfer yang asli karena banyak costumer nakal yang mengakali slip bukti transaksi dari bank.

  1. Harus Punya M-Banking

Seorang seller juga harus memiliki m-banking atau internet banking, supaya lebih mudah untuk melakukan pengecekan ulang. Saat costumer memberikan bukti transfer, maka anda bisa langsung mengecek apakahg benar ada penambahan saldo dari nomor rekening yang telah disebutkan oleh si costumer.

Dengan memiliki m-banking (mobile banking, aplikasi bank di HP) atau internet banking, maka pengecekan menjadi jauh lebih mudah dan cepat. Anda juga bisa terhindar dari costumer nakal yang menipu olshop.

Baca juga : Yuk Berlomba-Lomba Melakukan Kebaikan Ini

  1. Sering Sharing Di Komunitas Olshop

Karena  pelaku kriminal selalu memiliki cara baru untuk menjalankan aksinya, maka kita semua tak boleh lengah dan selalu waspada. Jangan ragu untuk bergabung di komunitas online shop, di sana anda bisa bertemu dengan sesama seller pemula, berbagi pengalaman dan berbagai cara untuk menangkis costumer yang nakal.

Anda juga bisa membaca banyak kisah mengenai jenis penipuan costumer yang triknya selalu berbeda-beda setiap waktu. Dengan makin banyak tahu, bisa lebih waspada dan online shop pun terhindar dari penipuan.

Begitulah, internet memang dunia yang sangat luas dan tak terbatas. Anda tak bisa melihat apakah orang yang berinteraksi di media sosial adalah orang baik dan jujur, atau mungkin orang yang jahat. Maka karena itu, waspada dan selalu berhati-hati menjadi cara yang paling tepat untuk mencegah terjadinya penipuan yang bisa merugikan online shop anda.

Jangan menyerah, selalu waspada dan jangan terlalu terbuka mengumbar data diri atau informasi sensitif di media sosial, supaya terhindar dari tindak penipuan atau pencurian data karena banyak pula terjadi media sosial milik online shop yang diretas dan dijadikan sarana untuk menipu followernya.

Baca juga : Segala Bentuk Kenikmatan Yang Didapatkan Di Surga

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.