3 Tips Bisnis Kuliner Online Antigagal Untuk IRT

Blogyudi.com – Sebagai IRT alias ibu rumah tangga, tak hanya mengurus anak dan suami saja yang menjadi konsentrasi utama, banyak pula IRT yang berusaha untuk mencari penghasilan tambahan. Salah satunya adalah dengan membuka bisnis kuliner secara online.

Mengapa kuliner? Karena mayoritas IRT memiliki kemampuan memasak yang mumpuni, apalagi yang pandai berinovasi. Kenapa pula harus secara online? Supaya lebih fleksibel dalam pengaturan waktu, dan tetap bisa dilakukan di rumah jadi anak dan suami tidak akan terbengkalai.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum memulai bisnis kuliner online ini. Berikut ini adalah beberapa tips jitu dan antigagal untuk ibu rumah tangga yang ingin mulai bisnis dari rumah, silakan disimak.

Baca juga : Makna Kata Sakinah, Mawaddah, Warohmah

  1. Menguasai Olahan Kuliner

Tips pertama untuk memulai bisnis kuliner secara online adalah ada produk yang akan dijual, bisa makanan yang kering dan awet, bisa juga makanan basah atau bisa juga frozen food. Yang paling penting adalah anda menguasai seluk beluk kuliner tersebut, misalnya mengerti bahan baku pembuatnya, proses pembuatannya dan tata cara penyimpanannya yang tepat supaya makanannya lebih awet. Jauh lebih baik jika anda bisa mengolah kuliner itu sendiri, dan yang pasti harus berinovasi dari kuliner sejenis, supaya menarik.

  1. Mau Belajar

Yang kedua adalah pastikan jika anda mau belajar, jangan menyerah dengan kata tak tahu dan tak bisa. Sebab di dunia ini tidak ada yang tidak bisa dipelajari, semuanya bisa dan modalnya hanyalah mau belajar. Bisa mempelajari ilmu marketing online secara gratis di internet, bisa juga dengan belajar di bawah bimbingan ahlinya, namun sudah tentu yang satu ini harus mengeluarkan biaya, tetapi hasilnya tentu sebanding dengan hasilnya pada bisnis online anda.

Baca juga : Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

  1. Jangan Gaptek!

Yang terakhir adalah jangan gaptek! Sebab anda akan berjualan online yang notabene menggunakan gawai dan internet. Jangan sampai tak mengerti sistem jualan online dan merugi sendiri. Contohnya sebelum mengirimkan barang ke tujuan pemesan, harus yakin jika si pemesan sudah membayar terlebih dahulu. Cara mengeceknya adalah dengan meminta si pemesan mengirim bukti transfer, dan mengecek ulang di rekening pribadi anda, itulah mengapa online shop harus memiliki m-banking supaya mudah dalam melakukan pengecekan.

Rajin-rajin juga membaca forum jualan online, karena di sana banyak sekali info bagus untuk IRT  yang jualan online, dimulai dari tips mengembangkan bisnis, pengalaman bertemu costumer nakal, info produk yang sedang hits di masyarakat dan juga berbagai trik mencegah penipu.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika anda memiliki tips lainnya untuk memulai bisnis, jangan lupa share di kolom komentar, ya!

Baca juga : Tips Menjaga Cinta dan Keharmonisan Rumah Tangga

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.