5 Cara Cek Laptop Bekas Yang Benar Agar Tidak Tertipu

5 Cara Cek Laptop Bekas Yang Benar Agar Tidak Tertipu – Membeli laptop bekas merupakan alternatif untuk bisa mendapatkan laptop spesifikasi tinggi dengan harga yang murah. Sayangnya tidak semua kondisi laptop bekas bagus. Kadang bodinya terlihat mulus tapi ternyata ada komponen yang rusak. Oleh sebab, membeli laptop bekas harus hati-hati dan dicek dengan teliti.

Jika bisa memilih dengan benar, maka Anda bisa mendapatkan laptop bekas berkualitas. Agar tidak salah beli dan menyesal di kemudian hari, berikut ini kami akan berbagi tips dan trik cara cek kondisi laptop bekas apakah layak di beli atau tidak. Yuk langsung saja, simak ulasannya berikut ini!

Baca juga : Cara Membuat Wajah Bersih, Sehat Dan Glowing Alami Tanpa Make Up

  1. Cek Keseluruhan Bodi Laptop

Hal pertama yang harus di cek dengan teliti adalah kondisi body laptop bekas yang akan Anda beli. Lihat dengan seksama, apakah terdapat retak atau lecet-lecet. Jika kondisinya mulus berarti pemilik sebelumnya menggunakan dan merawat laptop dengan baik.

Jika terdapat retak atau lecet maka bisa dipastikan laptop pernah jatuh dan bisa saja komponen lainnya mengalami kerusakan.

Baca juga : Strategi Jitu Membangun Jaringan Untuk Mengembangkan Bisnis

  1. Cek Layar

Setelah cek bodi, laptop lanjutkan cek bagian layar laptop baik dalam kondisi mati maupun hidup. Pada saat kondisi mati, lihat dengan teliti apakah terdapat bintik-bintik atau warna yang berbeda pada setiap sudut. Agar mempermudah pengecekan, gantilah wallpaper dengan warna hitam polos dan coba juga menggunakan warna putih polos untuk memastikan apakah hasilnya sama.

Cek juga apakah layar monitor laptop terpasang dengan baik dan kuat. Caranya goyang pelan-pelan layarnya, kemudian buka tutup berkali-kali. Rasakan apakah engselnya stabil atau tidak. Laptop yang bermasalah saat digoyang terasa kendor dan mengeluarkan warna putih atau hitam.

Baca juga : Tips Hemat & Bisa Menabung Yang Menyenangkan Tanpa Paksaan & Tekanan 

Kondisi layar yang menggelembung juga bisa jadi tanda layar rusak. Jangan lupa cek apakah terdapat retakan atau goresan pada layar, jangan sampai ada diskolorisasi pada setiap sudut.

  1. Cek Semua Soket

Pastikan soket atau lubang di laptop masih berfungsi dengan baik. Jadi, siapkan flashdisk, SD card, headset serta kabel HDMI untuk cek semua soket apakah berfungsi atau tidak. Jangan lupa cek slot DVD, tombol keyboard, speaker, dan webcam.

  1. Cek Harddisk

Pastikan kondisi harddisk yang digunakan sesuai dengan spesifikasi pabrikannya. Cek juga kondisi harddisk, prosesnya membutuhkan waktu lama. Tapi jangan khawatir ada cara cepatnya, yaitu dengan copy paste file menggunakan Explorer.

Baca juga : Langkah Tepat Dan Cepat Mengatasi Masalah Handphone Yang Kemasukan Air

Apabila dalam proses pemindahannya terlampau lama dan tidak normal maka bisa menjadi tanda kondisi harddisk mengalami badsector.

  1. Cek Kondisi Baterai Dan Charger

Untuk mengetahui kondisi baterai laptop adalah dengan menggunakannya selama beberapa menit. Bukalah aplikasi atau software yang ukurannya cukup berat. Lihat berapa persen baterai dari mulai digunakan sampai selesai. Jika baru dipakai selama 10 atau 15 meni daya baterai berkurang dengan cepat maka bisa dipastikan baterainya mengalami masalah.

Sedangkan untuk mengecek charger, cobalah tancapkan charger ke sumber listrik dan lihat apakah proses kecepatan pengisian baterainya normal atau lama. Pastikan juga kondisi kabelnya tidak terkelupas.

Baca juga : Tips Untung Beli Rumah Yang Sudah Jadi & Bangun Dari Nol 

Demikian cara cek laptop bekas. Selain cek kondisi laptop sebaiknya cari informasi harga laptop bekas sesuai dengan merk laptop yang Anda incar. Harga laptop bekas tergantung kondisinya, namun dengan mengetahui harga pasarannya bisa dijadikan patokan untuk tawar menawar.

Dan yang tidak kalah penting belilah laptop bekas dari penjual yang terpercaya dan mintalah garansi, sehingga jika ada masalah Anda bisa minta pertanggungjawaban sesuai perjanjian atau kesepakatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.