5 Kesalahan Fatal Dalam Bisnis Online Yang Harus Dihindari

Blogyudi.com – Bisnis online memang sangat menggiurkan, maka tak heran jika semakin banyak orang yang ingin menggelutinya. Sayang sekali banyak orang yang terjun ke bisnis ini tak mempelajari etika terlebih dahulu. Tahukah Anda jika etika bisnis adalah hal yang penting dalam urusan muamalah dengan orang lain?

Bisa jadi produk Anda menarik, namun jika etika tak dijaga banyak pembeli yang tak mau kembali ke toko online Anda. Ini dia 5 kesalahan fatal dalam bisnis online terkait etika yang seringkali dilanggar.

  1. Tagar Berlebihan

Semakin jamak ditemui para online shopper menempatkan banyak tagar di setiap postingan jualannya. Memang tagar bisa membantu menjaring pembeli, namun alangkah baiknya jika penggunaan tagar ini sesuai tempat dan kebutuhan. Banyak pebisnis online yang asal memasang tagar, agar postingan mereka masuk ke dalam tagar-tagar populer padahal tagar tersebut tak ada hubungannya dengan produk yang dijual.

Baca juga : Langkah Tepat Jika Mengetahui Kekerasan Dalam Rumah Tangga

  1. Spamming Di Sembarang Tempat

Hal miris lainnya berkaitan dengan maraknya bisnis online adalah spamming iklan di sembarang tempat. Biasanya yang menjadi lokasi spamming adalah postingan-postingan artis papan atas. Sah-sah saja berjualan namun harus lihat tempat dan kondisi. Menyedihkan ketika ada artis yang sedang berduka, di kolom komentarnya berisi iklan berjejeran. Sungguh tidak etis. Jika Anda sedang mulai belajar bisnis online, tolong jangan lakukan ini!

  1. Foto Barang Tidak Sesuai

Pernahkah Anda melihat ada customer memasang foto produk yang baru saja dibelinya, disandingkan dengan foto yang diiklankan oleh penjual? Ternyata antara produk asli dan fotonya sama sekali berbeda. Kalaupun modelnya sama, biasanya yang satu entah kebesaran, kekecilan, atau bahannya berbeda.

Ini adalah sebuah kesalahan fatal dalam proses bisnis online. Jangan sekali-kali menipu customer dengan memberikan foto yang berbeda dengan produk yang Anda jual. Bahkan meski Anda seorang reseller, sebaiknya Anda pastikan dulu kualitas produk yang dijual sebelum menjualnya kepada orang lain.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak Di Zaman Digital Yang Perlu Orang Tua Pahami 

  1. Menggunakan Foto Artis Tanpa Izin

Sekarang banyak sekali bertebaran foto-foto artis yang digunakan oleh penjual-penjual produk tertentu. Disebutkan bahwa artis tersebut diendorse, namun ternyata setelah ditelusuri artis tersebut tidak diendorse sama sekali. Untuk memastikan apakah benar artis tersebut diendorse oleh sebuah produk, cek saja ke media sosial official sang artis. Jika di akun artis tersebut memang ada postingan yang memberikan ulasan tentang sebuah produk, berarti memang itu adalah offcial endorsement. Sebuah pelajaran penting bagi para pelaku bisnis online pemula, jangan sekali-kali menggunakan ketenaran artis untuk meraup keuntungan.

  1. Slow Response

Pembeli selalu ingin ditanggapi dengan respon yang cepat. Maka berikan keterangan dalam akun media sosial dan nomor kontak Anda jam online/jam kerja toko Anda, hal ini bisa memberikan informasi kepada pelanggan kapan sebaiknya menghubungi. Selain itu ada banyak online shopper yang menyepelekan proses pengantaran produk, padahal uang sudah ditransfer. Saat pembeli sudah mengirim uang, artinya ia sudah sangat menantikan barang itu segera sampai. Janganlah membuat mereka kecewa dengan menanti-nanti kiriman yang tak kunjung datang.

Baca Juga : Hak Anak Yang Harus Dipenuhi Orang Tua

Setelah mengetahui 5 kesalahan fatal dalam bisnis online di atas, semoga Anda semakin serius dan profesional dalam berbisnis. Semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.