5 Tips Mencegah Resiko Obesitas Pada Anak Secara Alami dan Aman

Blogyudi.com – Anak-anak dengan tubuh yang gemuk memang terlihat lucu dan menggemaskan ya? Namun jangan salah, dibalik fisiknya yang menggemaskan, namun kegemukan atau obesitas juga bisa menjadi ancaman serius.

Karena banyak sekali penyakit yang mengintai akibat dari terjadinya kegemukan ini. Apabila tidak segera diatasi dan mendapatkan penanganan semenjak dini, maka obesitas ini dapat memicu resiko penyakit yang lebih serius saat anak dewasa nanti.

Namun jangan khawatir karena Anda dapat menerapkan beberapa tips berikut ini untuk mencegah si buah hati dari resiko terkena obesitas. Apa saja? Simak tips berikut ini.

Baca juga : Bisnis Tanpa Modal Yang Untungnya Besar

  1. Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan pada anak menjadi salah satu langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah resiko obesitas. Anda perlu mengontrol pola makan anak dan membuatnya menjadi lebih terjadwal.

Yaitu dengan memberikan makanan besar sebanyak tiga kali sehari dan camilan setidaknya 2 kali dalam sehari. Perbanyak asupan menu makanan yang terbuat dari sayuran dan buah-buahan, serta mengurangi konsumsi lemak. Dapat menjadi langkah jitu agar program penurunan berat badan menjadi lebih efektif dan cepat terealisasi.

  1. Kombinasikan Menu Makanan Yang Bervariatif

Kombinasi makanan yang bervariatif serta kaya nutrisi, akan membuat si kecil mampu memenuhi kebutuhan harian yang di butuhkan oleh tubuhnya. Untuk mengatur menu harian anak, usahakan Anda menggunakan pedoman takaran yang tepat.

Yaitu terdiri dari 50% karbohidrat, 30% lemak, 20% protein dan juga diselingi dengan konsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran dan buah-buahan. Dengan menerapkan menu seimbang yang satu ini, tidak hanya akan membuat si kecil dapat terhindar dari resiko terkena obesitas.

Tetapi juga membuat nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh menjadi terpenuhi, dan membuat tumbuh kembang menjadi lebih optimal.

Baca juga : Urutan Penciptaan Manusia Berdasarkan Ayat Al Quran

  1. Meningkatkan Aktifitas Fisik

Meningkatkan aktifitas fisik pada anak tidak hanya efektif untuk mencegah obesitas. Tetapi juga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Anda dapat mengajak anak-anak untuk lebih banyak bermain di luar seperti mengajak bersepeda, bermain bola atau bahkan berenang serta kegiatan lain yang menuntut tubuh untuk lebih aktif bergerak.

  1. Kurangi Makanan Manis Dan Junk Food

Kurang asupan gula pada si buah hati dengan membatasi konsumsi makanan-makanan yang manis. Seperti permen, cokelat, atau bahkan makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi. Selain itu, mengurangi konsumsi junk food dan MSG akan membuat Anda mampu untuk mengurangi resiko obesitas pada anak.

Baca juga : Strategi Jitu Membangun Jaringan Untuk Mengembangkan Bisnis

  1. Lakukan Kontrol dan Motifasi Pada Anak

Terakhir yang tidak kalah penting adalah dengan melakukan kontrol dan memberikan apresiasi pada anak. Contohnya memberikan motivasi dan pujian pada anak apabila ia berhasil menerapkan perilaku hidup sehat.

Anda juga dapat menghilangkan semua stimulus yang dapat memicu anak untuk ingin makan berlebihan. Dengan kontrol yang baik dari orang tua, maka akan membuat si kecil dapat hidup lebih sehat dan terhindar dari resiko terjangkitnya obesitas.

Jadi, tubuh gembul bukan mutlak sebagai indikator kesehatan anak ya?

Demikianlah 5 Tips Mencegah Resiko Obesitas Pada Anak Secara Alami dan Aman, semoga bermanfaat.

Baca juga : Tips Hemat & Bisa Menabung Yang Menyenangkan Tanpa Paksaan & Tekanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.