5 Tips Mudah Dan Sederhana Agar Rumah Tetap Nyaman

Blogyudi.com – Rumah yang rapi dan bersih membuat nyaman dan betah penghuninya. Sebenarnya membuat rumah senantiasa rapi bersih tidaklah sulit. Tapi karena rasa malas membiarkan debu menempel, cucian numpuk, barang-barang yang berceceran menjadikannya terasa sulit membersihkannya secara berkala.

Rumah yang kotor, berantakan tidak akan nyaman ditempati, tidak enak dipandang dan bisa menjadi sarang penyakit. Menciptakan suasana rumah yang nyaman, rapi dan bersih memiliki trik sendiri. Nah, berikut ini kami akan memberikan tips dan trik rumah tetap rapi, bersih setiap saat.

  1. Setelah Digunakan Letakkan Barang Ke Tempatnya

Menyimpan dompet atau kunci dan benda lainnya sembarangan bukan hanya membuat ruangan berantakan, tapi bisa membuat Anda kerepotan mencarinya pada saat membutuhkan. Agar lebih hemat waktu dan tenaga, biasakanlah meletakkan benda ke tempatnya setelah digunakan. Dengan begitu ruangan di rumah tetap tertata dengan rapi.

Baca juga : Sejumlah Cara Terlarang Dalam Pengembagan Harta

  1. Jangan Menunda Pekerjaan Beres-Beres

Menunda pekerjaan sama halnya dengan menumpuknya. Jangan tunda pekerjaan merapihkan ruangan, menyapu dan mencuci pakaian. Luangkan waktu untuk mengerjakannya, misalnya bangun tidur, segera bereskan kasur, lalu lanjutkan dengan menyapu, mengepel. Tanpa disadari aktivitas beres-beres rumah pagi hari bisa menjadi gerakan olahraga yang menyehatkan.

Cara sederhananya membersihkan rumah bisa dengan vacum cleaner agar setiap debu dan kotoran di sudut ruangan dapat terangkat, pel lantai rumah bisa dua kali seminggu atau disesuaikan dengan kondisi.

Ganti sprei, sarung bantal satu minggu sekali, bersihkan furniture minimal satu bulan sekali. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mencuci dan menyetrika pakaian, gunakan jasa laundry, dengan begitu Anda bisa fokus mengerjakan pekerjaan lain.

Baca juga : Cara Membuat Konten Medsos Yang Menjual Untuk Olshop

  1. Membersihkan Kamar Mandi Secara Rutin

Kamar mandi yang bersih, akan terasa nyaman saat digunakan. Usahakan bersihkan kamar mandi minimal satu minggu sekali. Kamar mandi yang kotor akan sangat menjijikkan dan menjadi sarang penyakit. Sikat bak mandi dan bagian lainnya di kamar mandi sampai bersih dan mengkilat. Segera perbaiki jika ada bagian yang rusak.

  1. Mengatur Sirkulasi Udara Dan Cahaya Dengan Baik

Salah satu faktor penunjang rumah sehat adalah memiliki sirkulasi udara dan cahaya dengan baik. Pada saat pagi hari, bukalah jendela di semua ruangan agar udara di dalam rumah bisa berganti dengan udara segar dari luar. Cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan dapat mencegah rumah dari lembap dan menghilangkan kuman serta bakteri.

Baca juga : Faidah Membaca Ayat Kursi

  1. Hindari Membeli Atau Menyimpan Barang Yang Tidak Perlu

Susah membuat rumah bersih jika terdapat banyak barang-barang dalam jumlah besar yang menumpuk. Rumah bisa terasa sesak, pengap, kotor dan menjadi sarang debu, kotoran atau bahkan binatang, seperti nyamuk, kecoa dan tikus.

Terlalu banyak barang juga membuat banyak waktu yang tersita untuk membersihkan dan merapihkannya. Buatlah keputusan yang bijak dan cermat sebelum memutuskan membeli barang. Rumah yang tidak banyak barang bisa membuat ruangan terlihat lebih luas, bersih dan juga hemat biaya, tenaga, dan waktu.

Demikian tips dan trik membuat rumah tetap rapi, bersih dan sehat. Sangat mudah dan sederhana. Kondisi rumah bisa menjadi cerminan pemiliknya. Menggunakan furniture dan barang-barang mewah tidak akan membuat barang-barang bersih dengan sendirinya.

Dengan menerapkan tips dan trik yang sudah kita bahas di atas, bisa membantu Anda istirahat dengan nyaman di rumah dan semangat beraktivitas. Jika Anda memiliki tips dan trik lain untuk membuat rumah tetap rapi, bersih dan sehat silahkan share di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.