5 Tips Penting Untuk Mencegah Kanker Serviks, Wanita Harus Tahu!

Blogyudi.com – Kanker serviks menjadi salah satu penyakit yang menyumbang angka kematian yang cukup besar di dunia. Jenis kanker yang satu ini memang cukup vital untuk mendapatkan perhatian, terutama dikalangan kaum hawa ya?

Dimana kanker serviks ini memang biasanya diderita oleh wanita, terutama mereka yang sudah matang secara seksual.  Meskipun banyak diderita oleh wanita dewasa, namun remaja juga tidak kalah penting untuk mengetahui tips untuk mencegah terjangkitnya kanker serviks. Karena pada umumnya gejala kanker serviks memang tidak dapat diketahui sejak dini.  Tidak ada gejala yang khas untuk bisa mendeteksi penyakit tersebut.

Untuk itulah, menjaga serviks agar tetap sehat dianggap menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk mencegah berkembangnya virus penyebab penyakit tersebut. Simak beberapa tips berikut, ya?

Baca juga : Cara Mengatasi Kebosanan Saat Menjalankan Bisnis Online

  1. Menjalani Vaksinasi HPV

Salah satu langkah pencegahan yang dianggap efektif untuk mencegah terjangkitnya kanker serviks adalah dengan melakukan vaksinasi sedini mungkin. Tidak hanya untuk orang dewasa, gadis remaja dengan usia 9-14 tahun justru sangat efektif untuk diberikan vaksin ini, lho.

Mengapa demikian? Ini dikarenakan vaksin HPV (Human Papillomavirus), yaitu vaksin yang digunakan untuk mencegah terjangkitnya kanker serviks. Memang sebaiknya diberikan kepada wanita, justru ketika mereka belum aktif secara seksual.

  1. Melakukan Pemeriksaan Pap Smear

Pemeriksaan Pap Smear dapat dilakukan secara berkala oleh kaum hawa. Tujuannya adalah untuk mendeteksi secara dini terhadap gejala kanker serviks. Sejak umur berapa sebaiknya pemeriksaan ini dilakukan?

Setidaknya sejak umur 21-65 tahun wanita disarankan untuk melakukan pemeriksaan leher rahim ini secara berkala. Anda dapat menghubungi tenaga medis terdekat untuk melakukan serangkaian pemeriksaan tersebut.

Baca juga : Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis Dengan Profil Bisnis

  1. Menghindari Seks Bebas

Human Papillomavirus (virus HPV) merupakan salah satu penyebab utama dari kanker serviks. Penyebarannya dapat ditimbulkan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah akibat hubungan seksual yang tidak sehat, dan juga perilaku menyimpang seperti seks bebas dan lain sebagainya.

Untuk mencegah resiko tersebut, tentu saja Anda harus menghindari segala macam perilaku penyimpangan seksual. Terutama sering bergonta-ganti pasangan, karena Virus HPV ini sangat mudah menyebar dengan cara tersebut.

  1. Menjaga Pola Hidup Sehat

Memperbanyak konsumsi makanan yang sehat, menerapkan pola hidup sehat serta olahraga teratur juga dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Salah satunya adalah mencegah dari terjangkitnya  berbagai penyakit yang berbahaya, seperti kanker serviks misalnya.

Baca juga : Bisnis Online Yang Dijamin Laris Di Musim Hujan

  1. Jangan Merokok

Selain tidak baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru, ternyata merokok juga tidak baik dilakukan. Terutama oleh Anda yang terdeteksi mengidap penyakit kanker. Racun yang terdapat pada rokok bersifat oksidatif sehingga akan membuat sel-sel kanker dapat muncul dan berkembang dengan semakin ganas, lho.

Itulah tadi beberapa tips penting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjangkitnya kanker serviks. Kanker serviks yang terdeteksi sejak dini berpeluang untuk memiliki tingkat keberhasilan pengobatan yang lebih tinggi dibanding yang tidak.

Jadi, apabila Anda mengalami gejala-gejala yang abnormal pada organ intim. Sebaiknya Anda cepat melakukan konsultasi pada dokter atau tenaga medis yang lainnya. Agar dapat dideteksi dan mendapat penanganan sedini mungkin.  Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, bukan?

Baca juga : inilah Keutamaan Membersamai Al Quran

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.