6 Hal Yang Harus Diketahui Mengenai Organic Parenting

Blogyudi.com – Istilah organic parenting mungkin masih asing kita dengar. Pola asuh orang tua ini memang masih menjadi sesuatu yang baru. Secara sederhana organic parenting adalah pola asuh dengan menerapkan gaya hidup sehat dan organik. Untuk mengenal lebih dalam mengenai pola asuh ini, yuk simak ulasannya berikut ini.

  1. Pola Asuh Modern

Seiring perkembangan zaman, pola asuh pun mengalami perubahan. Sekarang ini kita banyak melihat pemandangan anak-anak tidak bisa lepas dari smartphone atau gadget dan mungkin hal ini terjadi pula pada anak Anda, anak saudara atau teman.

Keberadaan internet yang semakin mudah diakses, mengubah banyak hal, salah satunya membatasi aktivitas bermain anak di luar ruangan bersama teman-teman atau pun dengan orangtua. Aktivitas anak menjadi individualis dan pasif. Padahal, bermain di luar memberikan dampak positif bagi perkembangan anak.

Baca juga : Kenali Tanda Pasangan Selingkuh

  1. Menjadi Solusi

Dari penjelasan di poin nomor satu, kita dapat mengetahui fakta bahwa pola asuh zaman sekarang semakin banyak tantangannya. Pola asuh ini mengutamakan cara alami dalam penerapan aspek kehidupan anak, seperti: aktivitas anak, aspek konsumsi, interaksi dengan orangtua, teman, dan lingkungan sekitar.

  1. Memberikan Makanan Organik

Kata organic dapat didefinisikan sesuatu yang berkaitan dengan makhluk hidup. Dalam konteks makanan adalah makanan yang diproses melalui proses alami, tidak buatan (sintesis) atau menggunakan bahan-bahan kimia. Oleh sebab itu, pola asuh ini sangat mengutamakan memberikan asupan makanan yang mengandung nutrisi terbaik agar perkembangan dan pertumbuhan anak beralan dengan baik.

Baca juga : Ragam Kekerasan Dalam Rumah Tangga

  1. Mengajak Anak Dekat Dengan Lingkungan Sekitar Atau Alam

Seperti yang disebutkan di awal artikel, anak-anak zaman sekarang lebih banyak menghabiskan waktunya duduk di dalam ruangan bersama smartphone/gadget. Berbeda dengan organic parenting yang mengajak anak-anak bermain di luar ruangan dan mengenalkan alam.

Pola asuh organic parenting menuntut orang tua mengajak anaknya bermain di luar ruangan agar banyak bergerak, belajar bersosialisasi serta memiliki kepedulian terhadap alam.

Organic parenting juga mengedepankan kepedulian terhadap alam, gaya hidup ramah lingkungan seperti menghindari membuang sampah sembarangan, menghemat air, menghemat listrik dan lain sebagainya.

  1. Interaksi Anak dan Orang Tua Menjadi Lebih Maksimal

Di zaman serba cepat dan sibuk seperti sekarang ini, kumpul bersama keluarga menjadi hal yang mahal. Apalagi jika kedua orang tua bekerja, saat pulang ke rumah kondisi fisik sudah lelah dan lelah membuat komunikasi dan interaksi tidak maksimal. Akibatnya, hubungan antara orang tua dan anak menjadi kurang harmonis atau tidak ada ikatan batin.

Dengan menerapkan organic parenting bisa menjadi pondasi tumbuh kembang dan penyeimbang agar anak tetap mendapatkan stimulasi yang tepat dan baik. Pada dasarnya pola asuh organic parenting adalah pola asuh yang dekat dengan alam, ramah terhadap lingkungan dan mengutamakan menggunakan semua yang natural.

Baca juga : Ini Yang Harus Disiapkan Jika Mau Bisnis Online Kuliner

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.