6 HIKMAH SAKIT YANG HARUS ANDA KETAHUI

Setiap kita pasti tidak menginginkan atau mengharapkan sakit, oleh karenanya banyak diantara kita yang menghindari sakit dengan cara pola makan yang baik, olah raga teratur, istirahat cukup dan lain sebagainya.

Sakit adalah suatu kondisi tubuh yang abnormal dan tidak seperti biasa. Hal ini bisa ditimbulkan karena adanya penyimpangan fungsi organ tubuh, sehingga mekanisme kerja organ tubuh menjadi tidak harmonis.

Lalu apa aja sih hikmah sakit itu ???

kita tahu bahwa setiap keadaan apapun pasti ada hikmah dibaliknya, termasuk sakit. Ada 6 hikmah sakit diantaranya :

1.Kesempatan bagi tubuh untuk istirahat

saat sakit merupakan saat yang baik bagi tubuh kita untuk beristirahat dari berbagai macam aktifitas duniawi. Tubuh kita akan terbebas dari beban berat untuk sementara waktu.

2. Menyambung Silaturahim

biasanya saat kita sakit, banyak saudara atau keluarga yang datang menjenguk sehingga silaturahim kembali terjalin.

3. Menjadi Pelajaran Berharga

saat sakit, kita baru merasakan betapa berharganya sehat. karena saat sakit, kita tidak bisa melakukan apa yang biasa kita lakukan dan juga tidak bisa menikmati makanan lezat yang biasa kita makan.

4. Doa Orang Sakit Mustajab

Kondisi spiritual orang yang sedang sakit berapa pada titik tertinggi. Sedangkan kondisi psikologisnya berada pada titik terendah. sandaran dan harapannya hanyalah kepada Allah. Itulah yang membuat doanya mustajab.

5. Orang Yang Sakit Dekat Dengan Allah

Siapapun yang sedang sakit, egonya pasti terkalahkan oleh perasaan tidak berdaya karena penyakit yang dideritanya. Perasaan tidak berdaya inilah yang membuat kita dekat dengan Allah.

6. Sakit Menggugurkan Dosa

Nabi Muhammad Saw menyatakan bahwa sakit yang diderita seorang muslim bisa menghapus atau merontokkan dosa-dosanya. Inilah bentuk kasih sayang Allah yang luar biasa kepada kaum Muslimin.

“Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus-menerus, kepayahan, penyakit dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya.”(HR.Muslim).

Demikianlah 6 hikmah sakit yang bisa menjadi bahan renungan dan semoga Allah Swt senantiasa memberikan kita kesehatan lahir dan batin..

semoga bermanfaat.

sumber : OASE NO.4TH.4,APRIL2015

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.