6 Hikmah Silaturahmi Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Apa Saja Ya?

Manusia hidup tidak lepas dari bantuan orang lain, oleh karena itu kita disebut sebagai makhluk sosial. Dalam kehidupan sehari-hari kita tak pernah bisa lepas dari orang lain, seperti kerabat, tetangga, teman, dan lain sebagainya.

Hikmah Silaturahmi
Hikmah Silaturahmi

Sebagai makhluk sosial tentunya manusia butuh yang namanya silaturahmi atau menjalin hubungan atau persaudaraan dengan orang lain. Banyak sekali hikmah silaturahmi yang dapat kita petik dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Tips Menjaga Cinta dan Keharmonisan

Tahukah kita melakukan silaturahmi juga akan menambah banyak saudara dan teman baru yang akan kita dapatkan. Berikut ini adalah hikmah silaturahmi yang bisa kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:

  1. Mengetahui Kabar Satu Sama Lain

Seringkali dalam kehidupan sehari-hari kita sibuk mengurus banyak hal mulai sekolah, kuliah hingga bekerja. Kadang kita lupa menanyakan kabar dari orang-orang terdekat kita. Bahkan keluarga, dan saudara yang tak setiap hari kita temui. Oleh karena itu, dengan melakukan silaturahmi misalnya mengunjungi kerabat yang lama tak kita temui bisa membuat kita tahu kabar mereka.

  1. Mempererat Tali Persaudaraan

Hikmah silaturahmi  yang lain adalah mempererat tali persaudaraan antar saudara. Selain itu, juga dapat menciptakan tali persaudaraan yang baru dengan mengenal satu sama lain. Juga dapat memperluas teman dan saudara yang bisa saling membantu satu sama lain.

Baca juga : Kenali Tanda-Tanda Pasangan Selingkuh

  1. Mendapat Pahala

Melakukan hal yang baik tentunya akan menambah pahala sebagai bekal kita di akhirat nanti. Hikmah silaturahmi selain mempererat tali persaudaraan antar umat juga mendapat pahala dari Allah Swt.

  1. Memperbanyak Rezeki

Rezeki tidak hanya berupa harta atau uang, namun juga teman atau saudara yang selalu ada di saat kita butuhkan. Dengan silaturahmi kita dapat mempererat persaudaraan sekaligus memperbanyak rezeki. Di sini yang dimaksud memperbanyak rezeki bukan rezeki secara langsung, bisa saja dengan bersilaturahmi kita mendapatkan pekerjaan yang tak terduga, atau melaksanakan bisnis bersama. Secara tidak langsung silaturahmi dapat membuka pintu rezeki kita.

Baca juga : Ragam Kekerasan Dalam Rumah Tangga Yang Harus Dipahami, Agar Bisa Terhindar

  1. Menjauhkan Diri Dari Sifat Egois

Hikmah silaturahmi lainnya yang bisa kita peroleh adalah menjauhkan diri dari sifat egois. Karena dengan kita bersilaturahmi, bertemu dengan kerabat atau teman tentunya akan membuat kita saling bersilaturahmi dan bertukar cerita. Saat bertukar cerita kita tidak hanya menjadi pihak yang selalu ingin didengarkan, namun kita juga harus mendengarkan orang lain. Oleh karena itu, silaturahmi mengajarkan pada kita untuk saling mendengarkan dan menjauhkan diri kita dari sifat egois.

  1. Saling Berbagi Dalam Kebaikan

Tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari adalah hal yang baik dilakukan. Islam mengajarkan untuk berbagi dan saling tolong menolong. Dengan bersilaturahmi, kita juga dapat membantu saudara kita yang sedang dalam kesulitan.

Baca juga : Yang Harus Disiapkan Untuk Bisnis Online Kuliner

Hidup bagaikan roda, kadang kita di atas namun kadang juga di bawah maka kita tidak akan pernah tahu jika seseorang yang kita tolong hari ini, mungkin saja akan menjadi penolong kita nanti. Selain itu, kita hidup hanya sekali maka ada baiknya kita berlomba-lomba dalam kebaikan dan juga membantu satu sama lain.

Demikian beberapa hikmah silaturahmi  yang dapat kita peroleh dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu selagi masih ada kesempatan, sempatkan waktu untuk bersilaturahmi dengan tetangga, keluarga maupun kerabat kita. Melakukan hal baik tentu saja akan berimbas hal baik dalam hidup kita. Jangan lelah untuk berbuat baik dan memperbanyak amal kebaikan sebagai bekal kita di masa depan.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.