6 Tips Supaya Anak Tidak Mudah Tertular Batuk Pilek Saat Musim Pancaroba

Blogyudi.com – Peralihan antara musim kemarau kepada musim penghujan sering disebut juga sebagai musim pancaroba. Pada waktu-waktu tersebut, biasanya banyak bermunculan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah penyakit flu, batuk dan juga pilek.

Banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa pada peralihan musim tersebut terdapat banyak sekali gangguan kesehatan. Salah satunya adalah cuaca ekstrim yang membuat tubuh rentan sakit karena imunitas tubuh yang menurun.

Selain orang dewasa, penyakit batuk dan pilek juga kerap menghampiri anak-anak ya? Simak beberapa tips berikut ini untuk mencegah terjadinya penularan penyakit tersebut pada sang buah hati.

Baca juga : Rahasia Sujud Ketika Shalat

  1. Rutin Mencuci Tangan Setelah Beraktifitas

Anak-anak memang rentan terkena penyakit, terutama flu dan batuk. Selain aktifitas mereka yang padat, imunitas anak juga belum sebaik orang dewasa. Sehingga mengakibatkan mereka menjadi lebih mudah terkena berbagai macam masalah kesehatan.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat membiasakan si kecil untuk mencuci tangan secara teratur setelah beraktifitas. Sebelum dan sesudah makan serta setelah bersentuhan dengan toilet.

Karena survey membuktikan, penularan virus dan bakteri sangat potensial ditimbulkan dari sentuhan dan kontak fisik, Lho. Oleh sebab itu, membiasakan mencuci tangan setelah beraktifitas dapat meminimalisir dan mencegah tertularnya si kecil dari berbagai macam penyakit.

Baca juga : Nasihat Tentang Kematian

  1. Menggunakan Masker

Selain penularan lewat sentuhan, virus dan bakteri juga dapat menyebar melalui udara. Apalagi bila orang sekitar sudah ada yang terkena penyakit batuk dan flu, maka penyebarannya akan dapat berkembang dengan sangat cepat.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda dapat membiasakan si kecil untuk menggunakan masker. Menutupi hidung dan mulut menggunakan masker akan sangat efektif untuk mencegah si kecil dari tertular virus yang mengakibatkan terjangkitnya batuk dan pilek.

  1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima dapat dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah seperti mengonsumsi makanan sehat, menjaga kebersihan diri dan juga membersihkan lingkungan sekitar.

Dengan pencegahan yang paling sederhana tersebut, Anda dapat memperoleh manfaat yang sangat banyak. Salah satunya adalah terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan. Mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati, bukan?

Baca juga : Hikmah Sakit Yang Harus Anda Ketahui

  1. Perbanyak Konsumsi Protein Dan Probiotik

Protein dan probiotik memang disarankan untuk banyak dikonsumsi pada musim pancaroba ini. Protein dipercaya sangat baik untuk memperbaiki kekebalan tubuh sekaligus melindungi diri dari serangan bakteri dan kuman penyebab masalah kesehatan.

Sedangkan probiotik juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan usus lho. Untuk itulah, berbagai makanan seperti ikan, telur, tahu tempe, dan juga yoghurt dapat dijadikan sebagai menu andalan untuk keluarga tercinta.

  1. Istirahat Yang Cukup

Untuk menjaga kesehatan tubuh si kecil tetap prima, Anda juga perlu membiasakan si kecil untuk beristirahat dengan baik. Anak-anak biasanya sangat aktif dan memiliki banyak sekali aktifitas ya?

Meskipun demikian, Anda tetap harus membiasakan si kecil untuk cukup beristirahat. Istirahat yang cukup akan membuat daya tahan tubuh meningkat dan sistem imun menjadi lebih kuat.

Baca juga : Rahasia Menjadi Bunda Smart

  1. Gunakan Disinfeksi

Kuman dan bakteri dapat hidup dipermukaan selama berjam-jam. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan disinfektan untuk mendisinfeksi area-area seperti permukaan meja, gagang pintu, mainan anak dan lain sebagainya.

Untuk menjaga buah hati tetap sehat dan ceria di musim penghujan, tips-tips di atas dapat dipraktekan di rumah ya? Sayang sekali bukan jika masa bermain si kecil menjadi terhambat hanya karena penyakit?

Baca juga : Manfaat Minum Air Hangat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.