7 Cara Mengatasi Rasa Kesepian Untuk Hidup Lebih Bahagia

7 Cara Mengatasi Rasa Kesepian Untuk Hidup Lebih Bahagia – Hampir semua orang pernah merasakan kesepian. Rasa sepi adalah hal yang wajar, namun jika berlarut-larut dan berlebihan bisa berdampak pada kesehatan mental atau mengalihkan ke hal-hal yang negatif, seperti terjerumus ke dalam pergaulan yang salah, minum alkohol, narkotika.

Dalam artikel ini kami akan berbagi cara mengatasi rasa sepi dengan harapan dapat membantu mengurangi rasa sepi dan sedih berkepanjangan dan mendalam.

Baca juga : Langkah Tepat Dan Cepat Mengatasi Masalah Handphone Yang Kemasukan Air

  1. Hindari Media Sosial

Banyak orang yang mengatasi rasa sepi dengan cara menggunakan media sosial. Namun ternyata dengan aktif di media sosial cenderung akan merasakan kesepian. Mengapa demikian? Karena di media sosial, contohnya Facebook, Instagram orang-orang cenderung berbagi kondisi terbaiknya. Misalnya, momen liburan, bercanda, bertemu dengan keluarga, teman-teman dan kegiatan menyenangkan lainnya.

Dengan melihat kiriman dapat memberikan ilusi bahwa orang lain bahagia sedangkan Anda tidak. Kata lainnya media sosial menciptakan kesan seolah-olah Anda menjalin relasi dan koneksi, padahal justru sebaliknya.

Baca juga : Tips Untung Beli Rumah Yang Sudah Jadi & Bangun Dari Nol

  1. Jangan Menutup Diri, Hubungi Teman-Teman

Saat merasakan kesepian hubungi teman yang bisa memahami Anda.

  1. Sibukkan Diri Dengan Aktivitas Baru

Carilah kegiatan di waktu luang yang dapat membuatmu mengalihkan perhatian dari rasa sepi. Di saat sendirian kadang memunculkan perasaan bosan dan pikiran-pikiran yang mengganggu. Saat-saat seperti inilah kesempatan untuk mencoba aktivitas atau minat baru yang bisa dilakukan sendiri.

  1. Habiskan Waktu Di Luar Ruangan

Menghirup udara segar, melihat pemandangan sekitar dan menikmati sensasi hembusan angin bisa membuat pikiran jadi lebih segar. Biarkan Anda memikirkan apa yang ada disekitar, hal ini dapat mengurangi rasa sepi yang menusuk dan menarik pikiran keluar.

Baca juga : Mengapa Rasul Hijrah Ke Madinah, Tidak Ke Habasyah?

  1. Merawat Binatang Peliharaan

Memiliki binatang peliharaan bisa menjadi teman yang menyenangkan. Beberapa penelitian menemukan fakta dengan memelihara seekor anjing, kucing atau binatang peliharaan lainnya dapat membantu menghilangkan stress dan kesepian.

Selain itu, pemilik hewan peliharaan dapat berkomunikasi dan memiliki keterampilan sosial yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki hewan peliharaan. Sebuah studi mengungkapkan orang yang sudah lanjut usia yang merawat hewan peliharaan mengalami penurunan depresi dan perbaikan fungsi kognitif.

Baca juga : Larangan Untuk Muslimah Yang Justru Memuliakannya

Tapi sesuaikan dengan kondisi dan kapasitas, jangan asal memelihara hewan hanya untuk hiburan. Memelihara binatang harus bertanggung jawab untuk merawatnya, memberi makan dan memenuhi kebutuhan hewan yang Anda pelihara.

  1. Menerima Dan Menyadari Bahwa Rasa Sepi Bisa Dilawan

Pada saat diri merasa kesepian tandanya ada suatu ingatan yang terasa menakutkan, menyakitkan dan membuat hati terasa hampa yang membuat perasaan merasa sendiri. Anda harus segera sadar bahwa rasa sepi merupakan kondisi karena persepsi Anda sendiri. Artinya kesepian bisa dilawan dengan merubah persepsi positif.

Baca juga : Ini 5 Aplikasi Yang Harus Dimiliki Pebisnis Online

Obat mengatasi kesepian sebenarnya sederhana, misalnya duduk bersama dengan keluarga atau bicarakan dengan orang yang dipercaya mengenai kegelisahan atau sesuatu yang membuat Anda khawatir. Apabila ternyata tidak ada keluarga atau teman yang mendukung atau merasa malu, canggung untuk menceritakannya, solusinya bisa pertimbangkan bertemu dengan terapis.

  1. Jujur Pada Diri Sendiri

Secara naluriah manusia mencoba mengalihkan diri dari kesepian dengan menonton film, televisi, tiduran dan aktivitas lainnya. Menyibukkan diri memang dapat membantu keluar dari rasa sepi, tapi tidak menerima bahwa diri Anda kesepian tidak akan berhasil. Kalaupun berhasil mungkin hanya sesaat.

Baca juga : Ini Dia Rahasia Olshop Sukses Saat Promosi Jualannya

Jangan lari dari kenyataan, menerima rasa sepi dan refleksikan diri menjadi cara untuk mengubah dampak negatif sepi menjadi lebih positif dan menjadi solusi untuk jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.