7 Tips Agar Anak Mau Belajar Tanpa Paksaan Dan Tekanan

7 Tips Agar Anak Mau Belajar Tanpa Paksaan Dan Tekanan – Mendidik anak merupakan salah satu kewajiban semua orangtua, salah satunya adalah belajar. Usia anak yang masih dini memang sulit untuk belajar karena mereka belum tahu apa manfaatnya. Orang tua harus pandai mencari cara agar anak mau belajar tanpa merasa terpaksa atau tertekan.

Dalam artikel ini kami akan berbagi informasi mengenai tips agar anak mau belajar. Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

  1. Berikan Anak Dukungan

Cara mendidik anak yang bisa dilakukan oleh orang tua agar anak mau belajar yang pertama adalah memberikan dukungan yang anak lakukan. Dengan catatan apa yang dia inginkan positif. Misalnya, keinginannya memilih sekolah atau cita-citanya.

Dukungan yang orang tua berikan memiliki pengaruh yang besar. Dengan dukungan anak akan lebih semangat belajar untuk mencapai cita-citanya.

  1. Biasakan Anak Dengan Buku

Salah satu kegiatan belajar adalah membaca. Memenuhi salah satu ruangan di rumah dengan buku bisa mendorong rasa ingin tahu anak untuk membuka lembaran buku. Yang awalnya mungkin anak tertarik dengan gambar sampul atau ilustrasi di dalam buku, lambat laun mereka penasaran dan ingin mengetahui huruf-huruf di dalamnya.

Selain menyediakan buku-buku bacaan, orang tua juga harus memberikan contoh kepada anak. Anda bisa menyediakan buku bacaan apapun, seperti koran, majalah, buku dongeng anak, atau komik bahkan poster.

Baca juga : Cara Membuat Konten Medsos Yang Menjual Untuk Olshop

  1. Luangkan Waktu Untuk Ngobrol Bersama Anak

Sebagai orang tua harus dapat meluangkan waktu untuk berkomunikasi/ngobrol dengan anak, seberapapun sibuknya. Dengan berkomunikasi tidak sekedar menjadi tahu aktivitas apa yang anak lakukan seharian, apa yang menarik atau yang tidak disukai. Namun dengan adanya komunikasi orang tua dan anak bisa membangun kedekatan.

Dengan adanya komunikasi efektif dengan orang tua, dapat membuat anak menyadari bahwa dirinya diperhatikan dan perasaan yang tulus. Inilah yang bisa membuatnya termotivasi untuk belajar.

  1. Berikan Pujian Atau Hadiah Ketika Anak Berprestasi

Anak-anak senang menadapatkan pujian dan hadiah, terutama jika dirinya berperestasi. Agar reward yang diberikan lebih bermakna, sebaiknya jangan pernah memberikan hadiah jika anak tidak menunjukkan upaya terus belajar.

Jika orang tua terbiasa memberikan reward tanpa adanya prestasi, anak merasa reward yang diberikan saat berprestasi menjadi hal yang biasa. Prestasi menjadi salah satu alasan dia rajin belajar dan pada akhirnya mereka menemukan arti bahwa dengan belajar ada banyak manfaat untuk dirinya sendiri.

  1. Berikan Penjelasan Mengenai Manfaat Belajar

Tips agar anak mau belajar yang kelima adalah jelaskan manfaat belajar agar ia mengerti dan mau belajar dengan tulus. Berikanlah penjelasaan di waktu yang santai atau di saat sedang melakukan aktivitas bersama, misalnya: pilihlah film yang dapat memberikan motivasi anak untuk belajar, setelah nonton bersama Anda bisa dengan mudah memberikan penjelasan mengapa belajar itu penting.

Baca juga : Malaikat Pun Mendoakan Beberapa Golongan Orang Ini

  1. Menerapkan Disiplin

Yang dimaksud dengan menerapkan disiplin di sini tanpa adanya paksaan atau hal-hal yang membuat anak tertekan. Misalnya, pada saat jam belajar anak, jangan ada kegiatan lain yang dilakukan oleh anak, seperti main handphone, nonton TV atau sambil bermain.

Dampingi anak pada saat dia belajar, bisa dengan memperhatikannya atau membaca buku. Pada saat mendampingi anak belajar sebaiknya hindari kegiatan di depan smartphone.

  1. Berikan Contoh Yang Baik

Anak-anak adalah peniru, ia akan mengikuti apa yang orangtuanya lakukan. Dengan memberikan contoh yang baik anak akan mengikutinya pula. Misalnya: ayah dan ibunya suka membaca, tidak sering nonton TV.

Demikian tips agar anak mau belajar yang bisa Anda coba aplikasikan. Setiap hari merupakan lembaran baru bagi anak. Walaupun hal-hal kecil sekalipun dapat menjadi pelajaran untuk anak. Contoh yang sederhana: mengajarkan anak untuk mengobrol atau tersenyum dengan orang lain merupakan cara ia mulai mempelajari komunikasi dan lingkungan sosialnya.

Mendidik dan membimbing anak untuk rajin belajar bukanlah hal yang menyeramkan, aktivitas ini bisa menjadi aktivitas menyenangkan, tantangan dan proses belajar menjadi orang tua.

Baca juga : Sejumlah Cara Terlarang Dalam Pengembagan Harta

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.