8 Keutamaan Syukur Bagi Kaum Muslimin

keutamaan syukur
keutamaan syukur

Blogyudi.com – Apa yang terlintas saat mendengar tentang syukur? Ada banyak cara untuk bersyukur pada Allah, seperti menjalankan hidup dengan baik dan memanfaatkan waktu yang ada dengan melakukan hal bermanfaat, bahagia dengan apa yang dimiliki dan selalu mensyukuri hal-hal yang terjadi dalam hidup.

Bersyukur adalah menjalankan perintah Allah, dan tercantum dalam QS An Nahl : 114. Seseorang yang senantiasa bersyukur itu berarti sudah menjadikan bersyukur lahan ibadah, karena menjadi salah satu perintah-Nya.

Baca juga : Tips Remaja Menjaga Hawa Nafsu

Seorang muslim yang selalu bersyukur, maka akan mendapatkan manfaat sebagaimana berikut ini.

  • Rezeki Yang Berkah

Setiap orang sudah memiliki rezeki mereka masing-masing dan tak perlu merasa iri dengan orang lain. Berapapun jumlahnya yang kita miliki, itu adalah rezeki dari Allah dan harus disyukuri. Jika senantiasa bersyukur maka rezeki tersebut akan diberkahi oleh Allah dan bisa mencukupi semua kebutuhan kita, bahkan bisa cukup untuk membantu sesama.

  • Terhindar Dari Penyakit Hati

Seseorang yang selalu bersyukur akan terjauh dari sifat-sifat iri dan dengki karena kita selalu menerima apapun yang Allah berikan dan hanya mengharap ridho-Nya saja.

  • Orang Yang Tawakkal

Karena orang yang bertawakal atau berserah diri pada Allah itu selalu berusaha sekuat tenaga dan menyerahkan hasilnya pada Allah. Orang yang selalu bersyukur dan menerima apapun hasil dari semua pekerjaan yang ia lakukan dengan maksimal, adalah orang yang bertawakal.

Baca juga : Jangan Miliki 4 Sifat Ini Karena Dilarang Dalam Islam

  • Terhindar Dari Sifat Sombong Dan Azab

Manusia yang selalu bersyukur adalah mengakui kebesaran Allah dan merasa bahwa dirinya bukan apa-apa, sehingga dirinya tak merasa sombong.  Manusia yang selalu bersyukur juga terhindar dari azab Allah karena sudah melaksanakan perintah-Nya yaitu memiliki rasa iman dan rasa syukur.

  • Diberi Tambahan Nikmat

Ada hadits yang mengatakan jika keadaan seseorang tak bertambah baik maka sebaiknya mulailah untuk bersyukur dan berterima kasih pada Allah atas apapun yang dimiliki dalam hidup. Dengan begitu, bisa mendapatkan tambahan nikmat dari Allah Subhanahu Wa Ta’Alla.

  • Menjadi Perlawanan Dari Tipu Daya Setan

Manusia yang tak bersyukur mudah untuk tergoda tipu daya syetan, sehingga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit hati, kufur nikmat, bahkan melakukan hal-hal yang terlarang demi memenuhi hasratnya. Maka karena itu, orang yang selalu bersyukur memiliki kedudukan yang tinggi di sisi Allah.

Baca juga : Cara Membuat Wajah Bersih, Sehat Dan Glowing Alami Tanpa Make Up

  • Menjadi Lebih Bahagia

Orang yang selalu bersyukur sepanjang hari, maka hati akan merasa senang dan bahagia, selain itu hidup menjadi tentram karena telah menerima segala nikmat dari Allah. Manusia yang bersyukur akan merasa cukup dengan segala pemberian-Nya, baik besar ataupun kecil.

  • Mendapatkan Kebaikan

Cara untuk bersyukur salah satunya dengan bertasbih pada Allah, membaca Alhamdulillah dalam berbagai kesempatan dan sesuai dengan hadits shahih Bukhari, Rasulullah berkata bahwa orang yang membaca Alhamdulillah dengan rasa syukur maka akan diberi 30 kebaikan untuknya.

Tentang syukur ini memang tak akan ada habisnya, karena memang bersyukur menjadi langkah awal kita untuk mendapatkan kemudahan hidup di dunia dan juga bisa mendapatkan kebahagiaan di akhirat kelak. Orang yang selalu bersyukur adalah orang yang beriman. Orang yang bersyukur setiap kali menjalani kehidupan sekalipun kondisi lapang ataupun sempit, kelak setiap rasa syukurnya itu bisa menambah keimanannya pada Allah.

Demikian tentang syukur dan beberapa manfaat yang akan kita dapatkan dengan bersyukur, semoga bermanfaat.

Baca juga : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.