8 Tips Menjaga Cinta Dan Keharmonisan Dalam Rumah Tangga

8 Tips Menjaga Cinta Dan Keharmonisan Dalam Rumah TanggaDua manusia bersatu dalam satu jalinan ikatan pernikahan tentu haru saling menjaga agar tidak mudah bertengkar diantara keduanya. Ternyata dalam pernikahan bukan hanya cinta yang menjadi alasan keduanya bersatu.

Mencintai seseorang apalagi berlanjut ke jenjang pernikahan membutuhkan keyakinan yang mantap dalam diri. Cinta yang tidak dipelihara dan dipupuk bisa hilang dan hanya menyisakan cerita tanpa arti. Lalu bagaimana caranya agar perasaan cinta tetap utuh dan harmonis? Simak tipsnya berikut ini!

Baca juga : 

Saling Menghargai

Menyatukan dua kepala yang berbeda bukanlah hal yang mudah, apalagi keduanya memiliki karakter dan sifat yang berbeda. Oleh sebab itu diperlukan sikap saling menghargai dalam kondisi apapun dan menjaga kekompakan adalah hal penting.

Menjaga komunikasi merupakan salah satu cara agar cinta tetap terjaga. Komunikasi di dalam hubungan suami istri merupakan hal penting. Dengan adanya komunikasi dapat mencegah terjadinya kesalahpahaman dan setiap masalah dapat diselesaikan dengan baik. Cinta tanpa komunikasi tidak akan berhasil.

Mencegah Pertengkaran

Dalam menjalankan kehidupan berumah tangga tidak mungkin tidak ada pertengkaran. Pada masa pendekatan atau pacaran masing-masing akan menampilkan yang terbaik kepada pasangannya. Setelah menikah, barulah saling mengetahui kekurangan masing-masing. Kuncinya tetap bersyukur dengan apa yang telah diberi dan selalu melihat sisi positifnya.

Hindari pertengkaran yang dapat memicu perpisahan (perceraian). Ubahlah pertengkaran menjadi keharmonisan. Jika pasangan Anda marah, Anda yang mengalah. Begitupun sebaliknya.

Baca juga : Yuk Berlomba-Lomba Melakukan Kebaikan Ini

Menjaga Hubungan Intim

Tidak sedikit masalah rumah tangga diawali karena permasalah hubungan intim. Cinta di dalam rumah tangga membutuhkan hubungan intim yang rutin dan baik, sehingga perasaan cinta keduanya tetap terjaga.

Saling Menjaga Kepercayaan Suami Istri

Menjalankan rumah tangga tanpa kepercayaan tidak akan berjalan dengan baik dan terbuka peluang pertengkaran. Jangan mudah tergoda dengan hal-hal yang dapat merusak keharmonisan rumah tangga, apalagi sampai menjurus ke perselingkuhan. Perselingkuhan dapat menghancurkan kehidupan rumah tangga termasuk anak-anak.

Saling Memaafkan

Setiap orang tidak pernah luput dari yang namanya kesalahan. Oleh sebab itu saling memaafkan merupakan hal penting agar rumah tangga tetap harmonis. Walaupun memaafkan bukan perkara yang mudah namun setiap pasangan harus memiliki cara memaafkan dan tidak hanya menyalahkan pasangannya.

Baca juga : Segala Bentuk Kenikmatan Yang Didapatkan Di Surga

Menjaga Perasaan Pasangan

Menjaga perasaan pasangan merupakan kunci agar perasaan cinta diantara keduanya terjaga. Pahami apa yang tidak menjadi kesukaan pasangan dan apa yang disukainya. Jangan pernah mengucapkan atau menceritakan aib pasangan ke orang lain. Hal ini malah bisa menyebabkan masalah semakin melebar dan membuat hubungan jadi semakin sulit.

Mengenang Masa-Masa Pacaran

Tidak ada salahnya Anda dan pasangan mengenang memori masa lalu saat pendekatan atau pacaran. Bisa berupa cerita atau mendatangi tempat-tempat yang pernah di datangi. Hal ini dapat membuat rasa cinta semakin lengket.

Berusaha Menyenangkan Pasangan

Cinta dapat diartikan salah satu sikap saling memberi diantara keduanya. Memberi disini adalah sesuatu yang dapat membuat pasangan senang dan membuat perasaan cinta semakin bertambah. Oleh sebab itu tidak ada salahnya membahagiakan pasangan, tidak harus memberikan hadiah yang mahal. Hal-hal yang sederhana bisa membuat pasangan menjadi senang dan bahagia, contohnya, sebelum bangun tidur suami menyiapkan sarapan untuk istri, dan lainnya.

Ada banyak tips lainnya yang bisa menjaga perasaan cinta dan keharmonisan dalam rumah tangga, seperti menghabiskan waktu bersama keluarga, menyelipkan guyonan saat berbincang, melakukan ibadah bersama dan bersyukur.

Baca juga : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.