Bahaya Anak Makan Sambil Main Gadget Dan 4 Tips Jitu Mengatasinya

Blogyudi.com – Gadget atau smartphone seringkali dijadikan solusi orang tua menghadapi anak yang sedang rewel agar berhenti menangis, ngambek dan duduk tenang. Tidak jarang anak diberikan gadget saat anak sedang makan, sambil disuapi makanan anak diberi tontonan film, lagu-lagu, atau game.

Melarang anak makan sambil berdiri, jalan, lari atau bermain lebih baik untuk kesehatan. Makan sambil duduk lebih sedikit memakan kandungan kalori dibandingkan jika anak makan sambil berjalan atau bermain. Namun solusinya tidak dengan memberikan anak gadget. Nah, berikut ini dampak negatif anak makan sambil bermain gadget yang perlu diketahui.

Baca juga : Tentang Haid Yang Tidak Banyak Diketahui

Bahaya Anak Makan Sambil Main Gadget

  • Kebiasaan Dan Pola Pikir Yang Salah

Padahal ternyata hal tersebut berdampak buruk pada kebiasaannya. Hal yang sama dinilai oleh Diana F Suganda, SpGK seorang ahli gizi, menurutnya memberikan smartphone atau gadget saat anak makan tidak hanya merubah kebiasaan saja namun juga pola pikir anak.

Anak bisa menganggap makanan sebagai pengganggu dan pada akhirnya ia menolak makan dan lebih memilih bermain gadget. Dr. Diana juga menyarankan pada waktu makan anak tidak dihadapkan di depan televisi atau bermain di taman.

Idealnya orang tua membiasakan anak makan dengan cara fokus pada makanan dan duduk yang rapi, tanpa televisi, tanpa gadget ataupun bermain. Dengan demikian menjadikan makanan sebagai kebutuhan bukan kewajiban. Anak juga jadi sadar bahwa makan tidak sekedar aktivitas membuat perut kenyang saja.

Baca juga : Manfaat Sedekah dalam Kebaikan

  • Dapat Menambah Berat Badan

Menurut pemimpin penelitian Federal University of Lavras, Marcio Giberto Zangeronimo smartphone atau gadget menjadi pengganggu saat jam akan, tidak hanya untuk orang dewasa bahkan untuk anak-anak. Fokus pada makanan dapat mepengaruhi asupan makanan. Bermain gadget saat makan dapat mencegah otak memahami berapa banyak makanan yang sudah dimakan.

Solusi Tepat Mengatasinya

Melatih anak makan dengan duduk tenang bukanlah hal mudah. Oleh sebab itu dibutuhkan strategi agar anak mau merubah kebiasaannya makan sambil bermain gadget. Jangan khawatir, kami akan berbagi tips yang bisa Anda coba terapkan, yakni:

  1. Pertama-tama siapkan peralatan makan yang sesuai dengan usianya. Pilihlah kursi yang ukuran dan tingginya sesuai dengan meja makan dan tubuh anak.
  2. Siapkan jenis makanan yang disukai anak dan pilih yang mudah dimakan. Biarkan anak makan sendiri. Ketika anak makan sendiri umumnya sendoknya tidak diisi penuh makanan, jadi sebaiknya pilih menu yang mudah dimakan. Agar anak semangat saat menyantap makanan, ajaklah saat belanja.
  3. Jauhkan anak dari televisi, smartphone atau gadget saat makan. Dengan demikian membantu anak fokus dengan makanannya.
  4. Usahakan memberikan camilan sehat di atas piring dan sediakan sendok. Misalnya: kue bolu atau puding. Saat anak ingin makan cemilan tersebut mengharuskannya menggunakan sendok agar bisa memakannya dan harus dengan posisi duduk. Hal ini membantunya membiasakan diri makan sendiri sambil duduk.

Demikian informasi mengenai bahaya anak makan sambil bermain gadget dan tips untuk mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga : Manfaat Shalat tahajud

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.