Cara Agar Asi Melimpah dan Berkualitas Secara Alami

cara agar asi melimpah dan kental
Gambar : Pixabay.com

Cara Agar Asi Melimpah dan Berkualitas Secara Alami

Salah satu hal yang diharapkan oleh sepasang suami istri adalah di karuniai momongan.  Dengan melahirkan seorang bayi menjadi karunia tersendiri bagi pasangan suami istri. Dengan hadirnya buah hati di dalam sebuah keluarga membuat istri menjadi ibu dari seorang anak. Sebagai orang ibu memiliki kewajiban untuk mengasuh anak dan membesarkannya.

Pada masa bayi yang harus dilakukan oleh seorang ibu adalah dengan menyusui bayi. Kegiatan menyusui bayi terkadang memiliki berbagai kendala atau kesulitan tersendiri. Seperti asi yang tidak keluar secara maksimal yang sangat berpengaruh juga pada bayi. Ibu menyusui memanglah membutuhkan asi melimpah untuk memenuhi kebutuhan bayinya.

Setiap ibu yang menyusui bayinya selalu mengkhawatirkan akan kecukupan asi bagi bayinya. Tentu akan menjadi kekhawatiran serius apabila asi memang tidak keluar. Dengan tidak adanya asi dari seorang ibu bisa membuat bayi rewel. Masalah tentang kurangnya produksi asi dari seorang ibu terjadi pada awal-awal kelahiran. Padahal setelah bayi lahir sangatlah penting untuk seorang ibu menyusui bayinya. Hal ini dikarenakan seorang bayi yang baru lahir baru saja terputus dari tali plasentanya yang menjadi suplai makanan. Asi sangatlah penting bagi bayi karena banyak mengandung zat gizi yang berguna bagi kebutuhan bayi. Kami mencoba memberikan tips atau cara agar asi melimpah dan berkualitas secara alami.

  1. Terus Menyusui

Salah satu trik atau cara yang sangat mudah untuk menghasilkan asi melimpah dan berkualitas adalah dengan terus menyusui. Hal ini terkait dengan adanya prinsip respond dan stimulus. Dengan memberikan asi kepada bayi yang terus menerus secara tidak langsung akan merespon kepada tubuh sang ibu yang dapat meningkatkan produksi asi. Stimulus dari menyusui yang dilakukan oleh bayi memang membuat tubuh dari sang ibu terangsang. Maka semakin ibu menyusui maka semakin pula memompa produksi asi.

  1. Skin to skin nature

Dalam kegiatan menyusui bayi, usahakan sang ibu dengan sang bayi  melakukan kontak langsung. Yang dimaksud kontak langsung adalah kontak tubuh kulit antar kulit ibu dan bayi. Dengan  menggunakan metode atau cara ini dapat mestimulus produksi asi dari ibu dan membuat asi melimpah. Selain dapat menghasilkan asi melimpah dengan menggunakan metode ini juga membuat ikatan emosional antara bayi dan ibu yang erat. Secara teknis cara ini dilakukan dengan meniadakan kain penghalang seperti bra yang dipakai ibu menyusui.

Baca juga : Cara Ampuh agar Anak Mau Makan Nasi

  1. Jangan membatasi waktu menyusui

Agar asi selalu terpompa dalam tubuh ibu menyusui, usahakan jangan memberi batas waktu kepada bayi yang ingin menyusui. Sebenarnya secara otomatis apabila bayi merasa kenyang akan berhenti dengan sendirinya. Cara ini sangat mudah dilakukan dan pastinya dapat menghasilkan asi melimpah pada ibunya. Dalam melakukannya ini gunakan payudara secara bergantian.

  1. Jangan gunakan dot

Berapa ibu memang menggunakan dot bayi untuk menggantikan asi. Hal tersebut sebenarnya kurang baik bagi sang bayi karena dapat membuat bayi kehilangan nafsu makan dan ketergantungan dengan dot tersebut. hal ini dikarenakan susu formula yang ada dot bayi cenderung lancar dan mudah keluar. Ini bisa membuat bayi ogah menyusu dengan ibu. Apabila ibu yang kurang mendapat sedotan asi dari bayi bisa mengakibatkan air asi tidak keluar dan pastinya tidak mungkin air asi melimpah.

Baca juga : 5 Tips Mencegah Resiko Obesitas Pada Anak Secara Alami dan Aman

  1. Menghindari stress

Kesehatan seorang ibu menyusui sangatlah berpengaruh dengan produksi asinya. Hal ini bisa di bilang kontradiktif apabila dilihat dari pola hidup ibu hamil yang tidak bisa tidur nyenyak. Penyebab dari hal ini adalah dari bayi sendiri yang belum memiliki siklus tidur yang teratur. Dengan begitu seorang ibu menyusui harus selalu standby untuk bayinya. Sebenarnya dengan tidur yang cukup dan tidak stress dapat membuat produksi asi melimpah. Untuk menjalankannya memang cukup sulit namun usahakan seorang ibu menyusui untuk tidur siang apabila bayi juga tidur agar bisa istirahat sejenak.

  1. Memperhatikan pola makan ibu menyusui

Selain istirahat yang cukup, menjaga pola makan juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh ibu menyusui.  Dengan memperhatikan pola makan dan makanan yang dimakan, seorang ibu hamil dapat memproduksi asi melimpah. Pertimbanganya adalah ibu hamil memerlukan setidaknya 500 kalori tambahan perhari.  Dengan memenuhi tuntutan tersebut ibu hamil bisa dikatakan seimbang. Selain itu ada beberapa  makanan yang dapat dikonsumsi untuk memproduksi asi melimpah seperti daun katuk, gandum dan biji-bijian lainya.

Baca juga : 5 Kiat Jitu Mencegah Stunting Pada Anak, Calon Ibu Harus Tahu!

7.Pemijatan payudara

Ibu menyusui sering ditinggalkan bayinya tidur ketika menyusui tersebut. hal ini bisa mengakibatkan air asi menggumpal. Oleh sebab itu perlu dilakukan pemijatan pada payudara untuk mencegah penggumpalan asi. Pemijatan tersebut bisa dilakukan apabila payudara terasa keras dengan mengompres dengan air hangat. Pemijatan bisa dilakukan pada pangkal payudara dengan menekankan kepada daerah dada dengan jari secara rata. Dengan pemijatan ini maka penggumpalan asi bisa dicegah dan dapat membuat produksi asi lancar yang dapat membuat air asi melimpah.

8.Suasana tenang

Secara psikologis seorang ibu menyusui harus berada pada kondisi tenang untuk menjaga pikiran agar tidak stress.  Hal tersebut juga berlaku untuk ibu ketika menyusui bayinya. Maka di anjurkan kepada ibu hamil untuk menyusui di tempat yang tidak ramai. Dengan  begitu ibu menyusui akan merasa tenang dan relaks sehingga  bayi bisa merasa nyaman untuk menyusu. Dengan begitu secara emosional yang tenang ibu hamil akan dapat memproduksi air asi melimpah. Metode ini bisa dilakukan dengan kondisi lingkungan yang cenderung sepi atau seorang ibu menyusui dapat mencari tempat yang sepi atau tenang.

Baca juga : 2 Langkah Jitu Pengawasan Orang Tua Terhadap Aktivitas Anak Menggunakan Internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.