Cara Agar Bisa Cepat Tidur dan Bangun Pagi

Cara Agar Bisa Cepat Tidur dan Bangun Pagi
gambar : Unsplash.com

Cara Agar Bisa Cepat Tidur dan Bangun Pagi

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan orang sering terlambat bangun pagi lantaran sulit tidur cepat di malam hari. Hal itu pun biasanya akan berlanjut apabila sudah menjadi kebiasaan. Lantas, bagaimana cara cepat tidur dan bangun pagi? Simak ulasan ini sampai akhir!

Tips Bisa Tidur Cepat di Malam Hari dan Bangun Pagi

  1. Membuat jadwal tidur yang rutin

Cara cepat tidur dan bangun pagi yang pertama yaitu dengan membuat jadwal tidur yang rutin setiap harinya. Dengan berangkat dan bangun di waktu yang sama setiap harinya adalah cara terbaik untuk menjaga ritme tidur Anda agar teratur. Cobalah untuk mencari kebutuhan waktu tidur Anda, karena biasanya orang dewasa akan membutuhkan waktu tidur minimal selama 7 jam supaya bisa bangun dalam keadaan bugar. Dengan mematuhi jadwal tersebut, baik di hari biasa maupun libur akan membuat Anda mudah bangun di pagi hari.

  1. Menyiapkan tubuh sebelum tidur

Biasanya, beberapa orang tanpa sadar melakukan aktivitas yang mengganggu ritme sirkadian, dimana salah satunya yaitu bermain gawai sebelum tidur hingga tidur siang terlalu lama. Cara cepat tidur dan bangun pagi yang baik yaiu cobalah untuk melakukan rutinitas yang membuat rileks sebelum tidur sehingga Anda bisa tidur lebih cepat.

Baca juga : Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Keriting Setelah Keramas

  1. Menjauhkan alarm dari tempat tidur

Cara cepat tidur dan bangun pagi berikutnya yaitu dengan menjauhkan alarm dari tempat tidur, karena kebanyakan orang gemar mematikan alarm atau menunda alarm supaya bisa tidur lebih awal. Padahal jika ingin tidur Anda berkualitas, sebaiknya menjauhkan alarm tetapi masih bisa didengar suaranya agar tidur Anda bisa lebih berkualitas.

  1. Memperbaiki pola makan

Cara cepat tidur dan bangun pagi yaitu dengan memperbaiki pola makan. Ingat, pola makan yang sehat bisa menjadi solusi yang tepat bagi penderita insomnia. Selain itu, makanan yang sehat juga bisa meningkatkan energi dan menjaga kualitas tidur, sedangkan makanan yang tinggi lemak dan tidak sehat, umumnya akan lebih menguras energi. Usahakanlah untuk memenuhi pola gizi seimbang dengan mengonsumsi asupan sehat mulai dari buah, sayur, biji-bijian hingga makanan yang tinggi asam lemaknya.

Baca juga : Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Bekerja Siang Hari 

  1. Melakukan olahraga secara teratur

Cara cepat tidur dan bangun pagi yang bisa dilakukan selanjutnya yaitu melakukan olahraga secara teratur, dimana aktivitas fisik itu telah terbukti ampuh untuk mengatasi insomnia, stress, depresi hingga gangguan kecemasan. Selain itu, olahraga akan membantu meningkatkan energi dan mencegah kelelahan.

  1. Cukup paparan sinar matahari

Cara cepat tidur dan bangun pagi berikutnya yaitu memastikan bahwa Anda mendapat cukup paparan sinar matahari di siang hari untuk membantu mengatur ritme sirkadian, karena jika sinar matahari yang didapatkan cukup, umumnya akan membuat suasana hati dan tingkat energi bisa lebih meningkat di siang hari. Untuk itu, biasakan membuka tirai jendela apabial sudah bangun di pagi hari, kemudian menghirup udara segar dan berjalan-jalan sebentar di luar kamar.

Baca juga : Cara agar Suara Bagus Merdu saat Mengaji dan Bernyanyi 

  1. Menghindari kopi
cara agar bisa cepat tidur
gambar : Pixabay.com

Cara cepat tidur dan bangun pagi yaitu dengan menghindari mengonsumsi kopi, karena kopi biasanya mengandung kafein yang akan membuat Anda jadi sulit tidur, maka dari itu usahakan untuk tidak mengonsumsinya pada saat hendak tidur agar bisa tidur cepat dan bangun pagi.

  1. Mengurangi kebiasaan merokok

Cara cepat tidur dan bangun pagi yang lainnya yaitu dengan mengurangi kebiasaan merokok. Kandungan nikotin yang ada dalam rokok akan membuat Anda sulit untuk tdiur pada malam hari. Selain itu, merokok juga akan membuat kesehatan Anda jadi terganggung, maka dari itu usahakan untuk mengurangi kebiasaan merokok tersebut.

Baca juga : Cara Agar Kulit Putih Alami dan Bersih Secara Alami untuk Pria

  1. Mematikan gadget sebelum tidur

Cara cepat tidur dan bangun pagi yang bisa dilakukan yaitu dengan mematikan gadget sebelum pergi tidur, karena biasanya akibat terlalu asyik bermain gadget akan membuat Anda sering tidak menyadari waktu yang telah terbuang sia-sia dan seharusnya bisa digunakan untuk tidur. Maka dari itu, usahakan untuk tidak bermain gadget pada saat mau tidur.

  1. Mengonsumsi makan makanan manis di sore hari

Cara cepat tidur dan bangun pagi lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan mengonsumsi makanan manis di sore hari. Sebuah penelitian di Jepang telah menyebutkan senyawa aktif yang ada di makanan manis seperti tebu akan membantu untuk menurunkan stress dan memicu timbulnya rasa kantuk. Senyawa yang disebut adalah octaconasol, dimana senyawa ini sangat efektif bagi penderita insomnia yang terjadi akibat depresi atau stress.

  1. Mengonsumsi Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Cara cepat tidur dan bangun pagi yang selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi karbohidrat yang tinggi sebelum tidur. Disarankan untuk Anda mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup beberapa jam sebelum tidur supaya bisa tidur cepat. Sebab, karbohidrat diketahui bisa mendorong produksi hormon tryptophan yang bisa buat Anda cepat mengantuk.

Baca juga : Tips Agar Rambut Cepat Panjang dan Tebal Untuk Wanita

  1. Membaca Buku Sebelum Tidur
cara agar bisa tidur cepat dan pulas
gambar : Unsplash.com

Cara cepat tidur dan bangun pagi berikutnya yaitu cobalah untuk membaca buku sebelum tidur, karena biasanya orang Indonesia selalu mengantuk pada saat sedang membaca buku, namun cara ini tidak bisa diterapkan pada semua buku. Anda harus mencari cara untuk menyiasatiny seperti salah satunya membaca buku-buku bacaan berat agar bisa membuat lebih cepat mengantuk.

  1. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Cara cepat tidur dan bangun pagi yang bisa dilakukan yaitu dengan mandi air hangat sebelum tidur. Air hangat diyakini bisa membuat tubuh jadi lebih rileks dan pikiran jadi lebih santai sehingga ketika tubuh dan pikiran tenang maka akan jauh lebih mudah untuk diajak beristirahat. Demikianlah

Baca juga : Tips Cara Menabung Cepat ala Pelajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.