Cara Agar Haid Lancar dan Teratur Tiap Bulan

cara agar haid lancar kembali
gambar : Pixabay.com

Siklus menstruasi ataupun haid bisa dikatakan lancar bila setiap bulan rutin terjadi. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu proses haid ini tidak selalu lancar karena banyak faktor. Sehingga dibutuhkan cara agar haid lancar kemudian bisa memberi manfaat penting bagi kesehatan tubuh wanita.

Untuk itu, metode tepat agar haid tetap lancar setiap bulan cukup mudah dilakukan. Hanya saja masih banyak wanita belum terlalu mengerti seperti apa metode tepat untuk bisa memperlancar haid secara teratur setiap bulannya.

Cara Agar Haid Lancar dan Teratur Tiap Bulan

 Bagi wanita dengan kondisi haid tidak lancar ataupun teratur setiap bulan masih dibutuhkan tindakan observasi oleh dokter. Namun, tidak ada salahnya bila Anda memahami seperti apa metode sederhana sekaligus mudah diperhitungkan sebagai langkah penting agar haid tetap lancar dan teratur setiap bulan.

Menjaga Berat Badan Pada Posisi Ideal

Salah satu cara agar haid lancar cobalah mengatur berat badan pada posisi ideal. Tidak perlalu sampai terlalu kurus, akan tetapi buatlah berat badan masuk kategori ideal menurut tinggi badan dan usia. Dari sini menjaga berat badan tetap ideal akan menjadi salah satu trik tepat untuk memperlancar proses haid setiap bulannya.

Masalah menjaga berat badan sebenarnya mudah dilakukan ketika Anda mampu menghindari penyakit beresiko lainnya. Karena itu dengan menjaga berat badan pada posisi ideal inilah ada bentuk tepat dalam menjaga kesehatan tubuh secara maksimal hingga memperlancar proses haid setiap bulannya.

Baca juga : Tips Cara Agar Bibir Merah Alami Tanpa Lipstik

Meditasi

cara agar haid lancar secara alami
gambar : Pixabay.com

Ada banyak faktor bisa membuat proses haid menjadi kurang lancar. Karena itu Anda bisa melakukan metode meditasi sebagai langkah tepat untuk meredakan stres. Pada dasarnya keseimbangan hormon di tubuh Anda menjadi kunci utama untuk melancarkan kembali proses haid setiap bulan.

Untuk cara agar haid lancar menggunakan metode meditasi ini membutuhkan beberapa opsi mulai menentukan tempat lebih tepat untuk meditasi, kemudian mengambil nafas, menenangkan pikiran, ataupun menggunakan metode lain dengan beberapa kriteria suara lebih hening ataupun aspek penting lainnya.

Berlatih Gerakan Yoga

cara agar haid lancar dan teratur
gambar : Pixabay.com

Tidak sedikit prosedur dan cara agar haid lancar bisa dengan metode berlatih yoga. Pada metode satu ini cukup efektif, dan akhirnya dapat mengurangi nyeri haid, dan banyak penelitian memberi fakta menarik bahwa dari metode yoga ini membantu dalam mengendalikan kadar hormon yang sebelumnya diperlihatkan dalam proses haid kurang lancar.

Gerakan yoga bisa Anda pilih dengan beberapa pilihan terbaik. Sesuaikan dari kegiatan sehari-hari agar latihan yoga tidak memakan banyak tenaga. Sedangkan dari durasi berlatih gerakan yoga bisa selama 40 menit saja selama 5 hari dalam satu minggu. Rata-rata berlatih gerakan yoga selama 6 bulan bisa diandalkan untuk memperlancar proses haid.

Baca juga : Cara Agar Bisa Cepat Tidur dan Bangun Pagi

Menggunakan Terapi Hormon

Masih sering kita dengar bahwa cara agar haid lancar dapat dilakukan dengan melakukan terapi hormon. Bahkan cara ini terbilang efektif untuk melancarkan proses haid karena tidak seimbangnya hormon di dalam tubuh Anda. Proses terapi dapat dilakukan dengan pemberian obat dengan kandungan hormon estrogen dan progesteron dalam dosis yang sudah ditentukan. Penggunaan obat dalam terapi hormon ini cukup sering dilakukan dengan tujuan mengembalikan ataupun menambah hormon estrogen untuk memperlancar proses haid.

Konsumsi Vitamin D

Selain proses terapi hormon, dari metode memperlancar proses haid bisa dilakukan dengan mengkonsumsi vitamin D. Maka dari itu penggunaan vitamin D ini bisa berasal dari beberapa jenis makanan mulai dari suplemen, ataupun dari sinar matahari. Cukup dengan berjemur antara jam 7 pagi sampai 8 durasinya 15 menit saja setiap hari mampu membantu Anda dalam memenuhi semua kebutuhan vitamin D.

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa cara agar haid lancar ini bisa dengan penggunaan vitamin D yang dilakukan secara rutin terutama pada proses penambahan sinar matahari sebagai terapi harian.

Konsumsi Air Jahe

Agar proses haid lebih lancar, Anda bisa mengkonsumsi air jahe sebagai satu bagian utama yang bermanfaat bagi para wanita. Proses merebus jahe kemudian menambahkan gula hingga madu dan dikonsumsi secara rutin membantu Anda dalam memperlancar proses haid setiap bulannya.

Namun, metode satu ini masih belum banyak dibuktikan secara ilmiah hingga harus ada materi pendukung yang membuat proses klaim jahe sebagai obat herbal dan memperlancar haid perlu adanya pembuktian lebih dalam lagi.

Baca juga : 5 Tips Penting Untuk Mencegah Kanker Serviks, Wanita Harus Tahu!

Istirahat Cukup

Cara Agar Haid Lancar dan Teratur Tiap Bulan
gambar : Pixabay.com

Beberapa faktor seperti stres pikiran hingga kelelahan secara fisik juga mengganggu siklus haid yang sebenarnya bisa terjadi pada kondisi normal namun terpaksa tidak lancar karena beberapa faktor. Karena itulah Anda perlu memperhitungkan bagaimana proses haid bisa lebih lancar dengan istirahat cukup bahkan sebisa mungkin tambah waktu istirahat malam Anda sebagai cara agar haid lancar.

Waktu jam kerja berlebihan bahkan sering lembur hingga begadang memberi resiko besar terhadap proses haid yang dikatakan tidak lancar dan mengganggu hormon dan fisik. Untuk itu dalam durasi 8 jam setiap malam harus digunakan sebagai waktu istirahat hingga akhirnya metabolisme tubuh kembali lancar dengan beberapa faktor.

Konsumsi Kayu Manis

Mengolah kayu manis juga bisa memberi manfaat penting untuk memperlancar proses haid dan membantu mengatasi PCOS. Dari sekarang pengobatan dari Tiongkok telah memberi bukti bahwa kayu manis ini dikatakan lebih ampuh dalam memberi efek panas pada tubuh.

Sehingga ada banyak cara agar haid lancar dari metode sederhana seperti menambah jam istirahat kemudian dapat dengan cara-cara lain seperti mengolah bahan herbal seperti jahe ataupun kayu manis. Dari metode tersebut diharapkan proses haid tetap lancar setidaknya sebulan sekali.

Baca juga : Tentang Haid Yang Tak Banyak Diketahui Muslimah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.