Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Keriting Setelah Keramas

cara agar rambut tidak mengembang dan keriting
Gambar : Pixabay.com

Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Keriting Setelah Keramas

Perawatan tubuh manusia sangatlah beragam, dari ujung kepala hingga ujung kaki. Bentuk perawatan itu bisa mulai dari perawatan itu rambut,wajah,kulit bahkan hingga kuku. Salah satu perawatan diri  yang sering dilakukan dan lumrah adalah merawat rambut. Tujuan dari merawat rambut ialah untuk menghasilkan rambut yang sesuai dengan keinginan. Salah satu cara merawat rambut yang sangat mudah adalah dengan keramas. Kegiatan ini sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan setiap hari ketika mandi. Meski masalah rambut memang sangat komplek karena tipikal rambut setiap orang berbeda-beda. Banyak jenis  tipikal rambut pada seseorang mulai dari yang lurus,ikal,bergelombang dan keriting. Namun masalah yang sering ditemui ketika setelah keramas adalah rambut mengembang dan keriting.

Masalah rambut yang mengembang dan keriting ini memang lumrah terjadi ketika setelah keramas. Hal tersebut dikarenakan gesekan pada saat keramas dan rambut yang basah akan cenderung tidak teratur sehingga membuat rambut mengembang  dan kriting dengan sendirinya. Cara pragmatis yang dapat dilakukan untuk merawat rambut yang mengembang dan keriting setelah keramas ini adalah mengeringkanya. Salah satu cara mengeringkan rambut ini biasanya dengan menggunakan hair drayer dan setelah itu menggunakan catokan. Hal tersebut memang dapat mengeringkan rambut, akan tetapi merawat rambut dengan cara seperti ini secara keterusan dan berlebihan dapat mengakibatkan rambut rontok. Disini kami mencoba memberikan beberapa tips atau cara untuk merawat rambut agar tidak mengembang setelah keramas. Yang pastinya trik ini sangat sederhana dan mudah dilakukan tanpa

  1. Menggunakan  shampo yang benar
cara agar rambut tidak mengembang pria
Gambar : Pixabay.com

Akibat rambut mengembang dan keriting disebabkan karena penggunaan shampo  saat keramas yang salah. Maksud salah disini adalah shampo yang digunakan cenderung membuat rambut mengembang karena mengandung asam sulfat. Hal ini senada dengan apa yang disarankan oleh salah satu pakar rambut Bridget Brager yang menjadi penata rambut selebritis. Menurutnya untuk merawat rambut agar tidak mengembang dan keriting adalah dengan menggunakan bahan alami dan bebas dari asam sulfat. “Asam sulfat cenderung membuat kehilangan minyak alami rambut dan mengikisnya, sehingga dapat membuat rambut rapuh dan mudah patah serta mengembang dan keriting setelah keramas” ujar penata rambut selebriti tersebut. maka penggunaan shampo saat keramas perlu di perhatikan, kalau bisa gunakan shampo yang mengandung bahan alami seperti lidah buaya dan minyak garam. Merawat rambut memang bisa dilakukan dengan cara mendasar seperti ini.

Baca juga : Tips Agar Rambut Cepat Panjang dan Tebal Untuk Wanita

  1. Pakai kondisioner yang mengandung bahan alami

Pada saat keramas beberapa orang hanya menggunakan shampo saja. Perlu adanya tambahan kondisioner pada saat keramas. Kondisioner ini memang di ciptakan untuk membuat dan merawat rambut supaya lembut. Memang Penggunaan kondisioner ini berbarengan ketika keramas, namun dalam penggunaanya lakukan dengan benar. Pada saat penggunaannya usahakan kondisioner rata terkena rambut dan jangan sampai terkena kulit kepala. Selain penggunaan kondisioner yang benar untuk merawat rambut, perlu di perhatikan pula bahan dari kondisioner tersebut. Gunakan kondisioner yang mengandung bahan alami seperti lidah buaya dan bebas dari asam sulfat. Hal tersebut memang mirip dengan penggunaan shampo yang harus mengandung bahan alami. Dengan alasan yang serupa pula, bahwa asam sulfat dapat membuat rambut kehilangan minyak alami dan dapat mengakibatkan rambut rapuh dan mudah patah. Penggunaan kondisioner ini memang dapat membuat rambut yang halus namun gunakanlah kondisioner dengan bijak pula.

  1. Menggunakan handuk microfiber

Ada banyak jenis handuk yang dapat digunakan untuk mengeringkan rambut. Salah satu jenis handuk yang bisa digunakan adalah handuk dengan jenis microfiber. Handuk ini dirancang dengan permukaan yang halus dan teksturnya lembut sehingga aman dan tidak menggores kutikula rambut. Dengan menggunakan handuk ini untuk mengeringkan dan merawat rambut menjadi salah satu solusi untuk menghindari rambut kusam, mengembang dan keriting.  Daripada menggunakan hairdrayer atau catokan yang dapat beresiko membuat rambut rontok.

  1. Menyisir rambur sebelum keramas

Trik yang satu ini sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Hal yang menyebabkan rambut mengembang adalah gesekan ketika seseorang keramas. Hal lain yang dapat disebabkan gesekan ketika keramas yaitu rambut akan cenderung kusut pula. Untuk mengurangi semua hal tersebut bisa dengan merapikan rambut terdahulu sebelum keramas. Cara merapikannya bisa dengan menyisir rambut tersebut sehingga mempermudah ketika keramas. Terkadang cara merawat rambut itu sangat sederhana dan mudah akan tetapi apabila dilakukan secara rutin akan berdampak besar.

Baca juga : Tips Agar Tambah Disayang Suami Selamanya

  1. Gunakan vitamin rambut

Selain menggunakan shampo dan kondisoner untuk merawat rambut saat keramas, penggunaan vitamin pada rambut juga berpengaruh pada bentuk rambut. Yang menjadi masalah disini adalah bentuk rambut yang mengembang dan keriting setelah keramas. Maka penggunaan vitamin disini untuk mengurangi resiko dalam hal tersebut. fungsi vitamin adalah untuk merawat rambut dan menjaga kelembaban rambut sehingga membuat rambut tidak mudah mengembang dan kriting.

  1. Mengoleskan minyak alami pada rambut

Merawat rambut secara alami memang tidak memiliki resiko terlalu besar. Selain menggunakan kondisioner dan vitamin rambut, merawat rambut bisa dilakukan secara alami. Perawatan tersebut bisa dengan mengoleskan minyak alami. Yang di maksud minyak alami disini adalah minyak zaitun dan minyak kelapa. Minyak zaitun sendiri dipercaya mempertahankan kelembaban rambut serta menghaluskan rambut serta memperkuat rambut hingga akarnya. Sedangkan minyak kelapa juga berfungsi melembabkan dan melindungi rambut dari kerusakan. Cara ini dapat dilakukan untuk mengurangi resiko rambut mengembang dan keriting. Pada dasarnya dalam merawat rambut itu lebih baik mencegah daripada mengobati.

Baca juga : Tips Cara Menabung Cepat ala Pelajar

Baca juga : 5 Tips Penting Mencegah Kanker Serviks, Wanita Harus Tau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.