Cara agar Suara Bagus Merdu saat Mengaji dan Bernyanyi

Cara agar Suara Bagus Merdu saat Mengaji dan Bernyanyi
Gambar : Pixabaya.com

Cara agar Suara Bagus Merdu saat Mengaji dan Bernyanyi

Cara membuat suara merdu baik itu ketika sedang mengaji atau bernyanyi sejatinya tidak begitu sulit, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu Anda mewujudkannya. Lantas bagaimana cara untuk bisa mendapatkannya? Simak ulasan ini sampai akhir!

Cara Membuat Suara Merdu saat Bernyanyi

Cara membuat suara merdu baik ketika bernyanyi maupun mengaji dapat dilakukan dengan menghindari hal-hal yang membuat pita suara Anda jadi bermasalah. Mulai dari alergi, stress, asap dan penggunaan pita suara yang berlebihan adalah beberapa hal yang harus dihindari agar tidak terjadi suatu kerusakan.

Biasanya, pita suara yang mengalami iritasi atau meradang tidak akan menutup dengan efisien sehingga menyebabkan Anda mengalami kesulitan untuk mencapai nada tinggi, dan akhirnya membuat suara menjadi kasar apapaun nada yang dinyanyikan. Untuk menghindari semua hal itu, maka berikut ini cara membuat suara merdu pada saat bernyanyi yang bisa dilakukan.

  1. Melakukan Pemanasan dan Pendinginan

Cara membuat suara merdu pada saat bernyanyi yang pertama yaitu pastikan Anda untuk melakukan pemanasan lebih dulu sebelum bernyanyi. Ada banyak jenis latihan pemanasan yang bisa dilakukan sesuai dengan usia, rentang vokal sampai tinggkat pengalaman. Tetapi pada umumnya, Anda harus mengendurkan lebih dulu bibir dan otot rahang dengan cara meniup bibir, menjulurkan lidah, memijat wajah sampai mendesah menggunakan irama.

Baca juga : Tips Agar Rambut Cepat Panjang dan Tebal Untuk Wanita 

  1. Banyak Mengonsumsi Air Putih
cara agar suara bagus saat bernyanyi
Gambar : Pixabay.com

Cara membuat suara merdu berikutnya yaitu dengan mengonsumi air putih. Cobalah untuk meminum air putih di sepanjang hari agar pita suara tetap terlumasi dengan baik dan akan menghasilkan performa yang baik juga pada saat Anda bernyanyi.

  1. Melembabkan Udara

Cara membuat suara merdu yang ketiga yaitu dengan melembabkan suara. Ingat, udara kering akan membuat pernapasan dan suara Anda menjadi terbebani. Apabila air putih bisa berfungsi sebagai pelembab pita suara, maka dengan menghirup udara yang lembab juga akan membantu menjaga pita suara Anda tetap lembab.

Baca juga : 5 Strategi Menyiapkan Dana Pendidikan Anak Yang Paling Mudah

  1. Mengistirahatkan Vokal

Cara membuat suara merdu lainnya yaitu dengan mengistirahatkan pita suara Anda. biasanya, badan yang lelah akan sangat rentan pita suaranya untuk mengalami cedera. Maka untuk tetap membuatnya berada dalam kondisi baik, maka sebisa mungkin untuk mencoba mengistirahatkannya pada saat tidak digunakan.

  1. Menghindari Zat Berbahaya

Cara membuat suara merdu berikutnya yaitu menghindari zat berbahaya, dimana salah satunya yaitu dengan tidak merokok. Merokok akan membuat masalah besar bagi pita suara Anda, karena zat aditif yang dikandungnya bisa membuat pita suara bisa mengalami kerusakan secara permanen. Selain merokok, usahakan juga untuk menghindari polusi udara seperti asap dan lain sebagainya agar pita suara Anda tetap terjaga dengan baik.

Baca juga : Cara Membuat Wajah Bersih, Sehat Dan Glowing Alami Tanpa Make Up

  1. Tidak Bernyanyi Menggunakan Tenggorokan

Cara membuat suara merdu ketika bernyanyi yaitu usahakan untuk tidak bernyanyi mengguanakan tenggorokan. Ingat, pita suara Anda Cuma satu dan disusun dengan sistem yang kompleks sehingga bisa menghasilkan suara nyanyian. Maka dari itu, sebelum Anda bernyanyi sebaiknya mengetahui lebih dulu dari mana suara berasal sehingga tidak bernyanyi menggunakan tenggorokan, melainkan mengatur pernafasan dengan baik.

Sebab, kunci dari suara yang lantang terdapat pada pernafasan yang didukung langsung oleh diafragma. Itulah mengapa Anda dianjurkan untuk menyanyi menggunakan pernafasan diafragama dan membiar pita suara rileks dan beresonansi dengan baik di dada, faring hingga wajah.

  1. Melakukan Latihan Vokal

Cara membuat suara merdu berikutnya tentu saja dengan melakukan latihan vokal. Ingat, latihan vokal akan sangat membantu dalam mengendalikan ketegangan dari pita suara Anda supaya sesuai dengan suatu nada. Dengan banyak latihan maka secara tidak langsung Anda memberikan instruksi kepada otot laring untuk bisa menghasilkan suara yang baik dan benar.

Cara membuat suara merdu juga bisa kamu lakukan dengan pelatihan yang tepat dan jumlah latihan yang cukup. Banyak orang yang nggak bisa nyanyi karena mereka nggak mampu meniru nada dengan benar. Makanya jadi fals, ya kan?

  1. Tidak Bernyanyi Ketika Sakit

cara membuat suara merdu berikutnya yaitu menghindari bernyanyi pada saat tenggorokan Anda sedang mengalami ketegangan atau infeksi. Lebih baik mengistirahatkan pita suara Anda dan lebih banyak mengonsumsi air putih, tidur yang cukup dan jangan sampai terlalu lelah.

Baca juga : Tips Hemat & Bisa Menabung Yang Menyenangkan Tanpa Paksaan & Tekanan

Cara Membuat Suara Merdu saat Membaca Al-Quran

Setelah tadi kita membahas bagaimana cara membuat suara merdu pada saat bernyanyi, maka berikut ini akan dijelaskan bagaimana membuat suara terdengar merdu pada saat membaca Al-Qur’an:

  1. Berlatih Makhrojul Huruf Hijaiyah

Cara membuat suara merdu pada saat mengaji yang pertama yaitu dengan berlatih makhrojul huruf hijaiyah. Berlati makhrojul huruf akan membuat Anda menjadi lebih lancar pada saat melafalkan ayat panjang atau pendek pada Al-Qur’an. Maka dari itu, berlatihlah secara rutin agar Anda bisa melafalkan setiap huruf hijaiyah dengan cepat.

  1. Berlatih Kekuatan Suara

Cara berikutnya yaitu dengan berlatih kekuatan suara. Ingat, kekuatan suara bisa diperleh melalui teknik pernafasan yang bagus. Itulah mengapa jika ingin kekuatan suara Anda baik, maka latihlah teknik pernapasannya dengan cara meniup lilin dari jarak 1,5 meter sampai seluruh lilin padam. Lebih dianjurkan lagi untuk menambah sesi latihan pernafasan perut.

Baca juga : Larangan Untuk Muslimah Yang Justru Memuliakannya

  1. Berlatih Teknik Vibrasi

Selanjutnya yaitu dengan berlatih teknik vibrasi. Apabila Anda sering mendengar banyak orang memiliki suara yang merdu pada saat membaca Al-Qur’an maka itu artinya ia sudah berlatih teknik vibrasi secara rutin dan konsisten.

  1. Berlatih Nada Tinggi

Terakhir yaitu berlatih dengan nada tinggi. Ingat, range vokal itu bisa dilatih, tetapi latihannya harus rutin. Apabila tidak rutin maka hasilnya akan cenderung menjadi tidak maksimal.

Demikianlah cara membuat suara merdu pada saat bernyanyi atau mengaji. Semoga bisa memberikan pengetahuan dan wawasan yang luas untuk Anda.

Baca juga : Dahsyat Rahasia Sujud Ketika Shalat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.