Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Bekerja Siang Hari

cara agar tidak ngantuk saat bekerja
Gambar : Pixabay.com

Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Bekerja Siang Hari

Apakah Anda pernah merasa ngantuk berat pada saat sedang bekerja di siang hari? Jika iya, maka itu merupakan masalah yang harus segera dicari solusinya. Mengapa? Karena walaupun terdengar sepele, namun efek yang ditimbulkan akan sangat besar karena berpotensi membuat pekerjaan Anda terbengkalai dan akhirnya mendapatkan teguran dari atasan. Lantas, bagaimana cara agar tidak ngantuk ketika sedang bekerja saat siang hari? Simak ulasan ini sampai akhir yah..

Tips Agar Tidak Ngantuk Saat Bekerja di Siang Hari

Berikut ini cara agar tidak ngantuk pada saat bekerja di siang hari yang bisa dilakukan:

  1. Istirahat yang cukup dan tidak begadang

Cara agar tidak ngantuk  di siang hari yaitu sebaiknya tidak begadang pada malam hari, karena kebiasaan begadang akan membuat Anda menjadi sangat mengantuk dan tubuh menjadi mudah letih pada siang hari. Alhasil akan membuat konsentrasi dan fokus Anda menjadi berkurang drastis. Untuk itu, usahakanlah tidur selama 7 – 8 jam setiap malam supaya Anda tidak merasakan ngantuk ketika sedang bekerja di siang hari.

  1. Mengonsumsi 8 gelas air dalam sehari

Cara agar tidak ngantuk berikutnya yaitu sebaiknya mengonsumsi 8 gelas air dalam sehari. Ingat, pada saat kekurangan minum, maka Anda akan mengalami yang namanya dehidrasi dan ketika mengalami dehidrasi, tubuh cenderung akan menjadi sangat lesu dan mengantuk.

Maka dari itu, dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas dalam sehari akana membantu melancarkan proses hidrasi di tubuh Anda sehingga akan membuat Anda merasa lebih segar ketika harus menjalani rangkaian aktivitas melelahkan.

Baca juga : Cara agar Suara Bagus Merdu saat Mengaji dan Bernyanyi

  1. Berolahraga
cara agar tidak ngantuk siang hari
Gambar : Pixabay.com

Cara agar tidak ngantuk berikutnya ketika bekerja di siang hari yaitu sebaiknya melakukan gerakan olahraga ringan seperti berjalan-jalan di kantor, naik-turun tangga hingga menggerakkan kaki dan tangan dalam kurun waktu 15 – 30 menit untuk membuat tubuh Anda menjadi lebih segar. Apabila tubuh merasa lebih segar, maka rasa kantuk pun akan langsung lenyap seketika. Namun disarankan untuk tidak berolahraga sampai Anda merasa sangat lelah, karena kelelahan pun akan membuat Anda menjadi sangat mengantuk.

  1. Mengonsumsi minuman berkafein

Cara agar tidak ngantuk di siang hari pada saat sedang bekerja yaitu mengonsumsi minuman yang berkafein. Untuk itu dianjurkan untuk selalu menyediakan kopi atau teh di tempat kerja Anda, karena minuman itu memiliki efek yang sudah terbukti ampuhnya untuk menghilangkan rasa kantuk yang melanda.

Alasan mengapa kopi dan teh bisa menghilangkan rasa kantuk yaitu karena kandungan kafein di kedua jenis minuman itu yang sangat pekat, sehingga akan membantu untuk meningkatkan kewaspadaan manusia. Namun jika Anda tidak suka mengonsumsi minuman berkafein, bisa mengonsumsi secangkir teh hitam sebagai alternatif.

Baca juga : Tips Agar Rambut Cepat Panjang dan Tebal Untuk Wanita

  1. Mengonsumsi Omega-3

Kandungan omega-3 biasanya mudah ditemukan dalam ikan salmon. Mengonsumsi ikan salmon merupakan cara agar tidak ngantuk berikutnya yang bisa dicoba, karena kandungan omega-3 akan membantu Anda untuk tetap terjaga. Sebaiknya, ikan salmon dikonsumsi ketika makan siang dan malam. Tetapi, omega-3 tidak hanya bisa didapat lewat salmon saja, namun bisa juga lewat minyak ikan atau suplemen khusus.

  1. Menurunkan suhu AC

Cara agar tidak ngantuk di tempat kerja berikutnya yaitu dengan menurunkan suhu pendingin ruangan alias AC. Banyak yang mengatakan ketika suhu ruangan terasa sejuk akan menciptakan hawa yang membuat menjadi ngantuk dan ingin segera tidur, tetapi jangan salah suhu yang dingin juga dinilai efektif untuk menghilangkan rasa kantuk di siang hari. Maka dari itu, sebaiknya Anda menurunkan suhu AC ruangan sampai benar-benar dingin.

Sebab, ketika orang-orang merasa kedinginan biasanya akan cenderung membuat mereka susah tidur nyenyak. Namun untuk melakukan cara agar tidak ngantuk ini, sebaiknya dilakukan jika ruangan Anda ruangan pribadi agar tidak mendapatkan protes dari rekan kerja yang lain.

Baca juga : Cara Membuat Wajah Bersih, Sehat Dan Glowing Alami Tanpa Make Up

  1. Berbicara dengan orang lain
cara agar tidak ngantuk saat mengerjakan tugas
Gambar : Pixabay.com

Cara agar tidak ngantuk berikutnya yaitu berusahalah untuk mengajak orang lain atau rekan kerja Anda berbicara. Biasanya, apabila perbincangan yang dilakukan berjalan menarik akan cenderung membuat Anda melupakan rasa kantuk. Untuk itu, mengajak rekan kerja Anda untuk berbicara sejenak di luar kantor pada saat sedang mengantuk bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghilangkan ngantuk. Namun ingat, dilakukannya pada momentum yang tepat.

  1. Mencuci muka

Cara agar tidak ngantuk berikutnya yaitu membasuh wajah Anda dengan menggunakan air. Air umumnya akan meberikan sensasi kesegaran di wajah sekaligus berfungsi untuk mendinginkan area mata yang dirasa sangat berat akibat rasa kantuk yang mendera. Jadi, apabila mata Anda terasa berat di siang hari pada saat sedang bekerja, sebaiknya lekas pergi ke kamar mandi untuk membasuh wajah agar merasa lebih fresh.

  1. Mendengar musik dengan tempo cepat

Cara agar tidak ngantuk lainnya yang bisa dilakukan yaitu cobalah untuk mendengar musik dalam tempo cepat. Kadang, suasana kantor yang terlalu sepi bisa membuat Anda cepat merasabosan dan mudah mengantuk. Salah satu cara untuk mengatasi solusi tersebut adalah dengan mendengarkan musik dalam tempo cepat. Bila perlu, Anda menari mengikuti irama itu, karena kombinasi antara gerakan dan musik akan membuat rasa kantuk jadi hilang.

Baca juga : 7 Tips Agar Anak Mau Belajar Tanpa Paksaan Dan Tekanan

  1. Makan atau ngemil

Cara agar tidak ngantuk berikutnya yaitu cobalah untuk makan atau ngemil. Sebelum bekerja, sebaiknya Anda menyiapkan makanan di dekat meja kerja, sehingga bisa melakukan aktivitas mengunyah yang akan membuat Anda tidak cepat mengalami ngantuk.

Itulah tadi beberapa cara agar tidak ngantuk yang bisa coba dilakukan pada saat Anda memang ngantuk sungguhan ketika bekerja di siang hari. Memang tidak dapat dipungkiri jika pekerjaan yang itu-itu saja akan cenderung lebih mudah membuat bosan, ngantuk dan cepat merasa lelah.

Baca juga : Cara Agar Kulit Putih Alami dan Bersih Secara Alami untuk Pria

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.