Cara Ampuh agar Anak Mau Makan Nasi

cara ampuh agar anak mau makan nasi
Gambar : Pixabay.com

Cara Ampuh agar Anak Mau Makan Nasi

Sebagian besar orang tua terkadang merasa kebingungan bila sang anak tidak mau makan nasi. Bahkan merasa stres sendiri karena khawatir pertumbuhan anak akan terganggu. Maka dari itu, sebagai orang tua yang bijak wajib mengetahui cara agar anak mau makan nasi. Tentunya orang tua pun tidak akan khawatir lagi mengenai asupan nutrisinya.

Agar anak mau makan nasi bagi beberapa orang tua sangatlah sulit. Terlebih jika makanan pelengkap nasi kurang begitu disukainya. Dengan demikian, orang tua harus mengetahui selera makanan sang anak agar anak lahap menghabiskan nasi tersebut. Dengan asupan makan yang terjaga, orang tua tidak perlu khawatir lagi anaknya kekurangan nutrisi.

Kekuangan nutrisi bagi anak dapat berakibat buruk pada tumbuh kembangnya, anak akan kesulitan berkonsentrasi, tidak tumbuh tinggi sebagaimana usianya, merasa malas untuk belajar. Maka dari itu, usahakan agar anak mau makan nasi.  Tentunya harus dibarengi dengan lauk pelengkapnya agar anak mendapatkan nutrisi yang lengkap, disamping hanya karbohidrat.

Memberikan Vitamin Penambah Nafsu Makan

Pemberian vitamin penambah nafsu makan cukup ampuh agar anak mau makan nasi. Terlebih kandungan vitamin tersebut baik untuk pertumbuhan tulang dan otaknya. Vitamin penambah nafsu makan mudah untuk didapatkan di beberapa apotik dan toko obat. Dengan demikian, memberikan vitamin tersebut sangat dianjurkan.

Anak yang diberikan vitamin agar anak mau makan nasi dapat tumbuh sehat dan kuat, serta rangsangan untuk memakan nasi pun semakin besar. Terlebih saat ini, vitamin yang dijual untuk menambah nafsu makan pada anak telah dimodifikasi dengan kandungan vitamin-vitamin lainnya. Dengan demikian, anak pun mendapatkan asupan gizi yang lengkap.

Walaupun pemberian vitamin ini sangat baik agar anak mau makan nasi, sebaiknya hentikan ketika berat badan anak-anak melebihi rata-rata. Hal tersebut guna mencegah terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan. Obesitas pada anak bisa mengganggu pada fisik dan mentalnya. Gangguan fisik karena obesitas bisa menyebabkan penyakit jantung, sementara untuk gangguan mental, yaitu keminderan.

Berdasarkan hal tersebut, sekalipun pemberian vitamin penambah nafsu makan sangat bagus agar anak mau makan nasi, namun sebaiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter serta perhatikan berat badan sang anak dan intensitas memakan nasinya, agar anak tidak kelebihan nutrisi atau kelebihan berat badan. Berlebihan dalam mendapatkan nutrisi pun kurang baik untuk pertumbuhan anak.

Baca juga : 5 Tips Mencegah Resiko Obesitas Pada Anak

Menyuapi Anak

Sifat alami dari anak penuh dengan kemanjaan. Termasuk dalam hal ini ketika ingin makan nasi. Dengan demikian agar anak mau makan nasi, sebaiknya untuk menyuapi anak tersebut. Sentuhan tangan sang ibu dari setiap suapan nasi yang diberikannya dapat menunjukan kasih sayang kepada sang anak.

Maka dari itu, ketika anak tidak mau memakan nasi sendiri sebaiknya para ibu berinisiatif dengan menyuapinya agar anak mau makan nasi.  Aktivitas ini pun bisa menambah kedekatan antara ibu dan anak. Anak bisa lebih leluasa untuk berceloteh ketika aktivitas ini dilakukan. Di sisi lain, ibu pun bisa lebih memahami psikologi anak termasuk minat dan bakatnya.

Walaupun menyuapi anak  agar anak mau makan nasi merupakan hal yang sepele namun bisa berdampak besar agar dapat menjalin kedekatan antara ibu dan anak lebih dari sekedar bertujuan agar anak lebih lahap ketika makan nasi. Maka dari itu, jangan mengabaikan aktivitas ini. Anak yang tercukupi kasih sayangnya lebih mudah untuk menghabiskan makanannya.

Ketika aktivitas menyuapi makanan ini dilakukan agar anak mau makan nasi, anak pun bisa melakukan aktivitas lainnya seperti menonton acara TV kesayangannya atau bermain game di gadget. Sehingga tanpa mereka sadari, makanan pun akan dihabiskan. Cara ini cukup ampuh untuk membuat anak mau memakan nasi.   

Baca juga : 2 langkah jitu pengawasan anak saat menggunakan internet

Melakukan Aktivitas Fisik

cara mengatasi agar anak mau makan nasi
Gambar : Pixabay.com

Anak yang menyukai aktivitas fisik sampai mengeluarkan keringat, cenderung lebih cepat lapar karena banyak membakar kalori. Maka dari itu, agar anak mau makan nasi sebaiknya untuk melakukan olah fisik, seperti berolahraga bersama teman-temannya atau membiarkan anak berlari-lari bersama dengan teman-temannya di taman bermain.

Bagi sebagian para ibu, terkadang merasa khawatir apabila anaknya berlarian. Kekhawatiran tersebut sangat wajar karena takut jatuh. Namun, perlu orang tua pahami anak pun memerlukan aktivitas fisik agar lebih sehat. Maka dari itu, melakukan aktivitas fisik cukup ampuh sebagai cara agar anak mau makan nasi. Ibu tidak perlu khawatir yang berlebiham bila anak melakukan aktivitas fisik tersebut.

Apabila ibu masih merasa khawatir akan aktivitas fisik yang dilakukan oleh sang anak, solusinya ibu memantau atau mengawasi aktivitas tersebut dari jarak jauh. Sebaiknya anak tidak mengetahui dirinya sedang diawasi karena hal tersebut dapat membuatnya tidak leluasa. Pahami bagi para ibu, aktivitas fisik sangat penting agar anak mau makan nasi.

Bahkan beberapa ibu, menyuapi anaknya sambil berjalan-jalan di taman atau di komplek rumah agar anak mau makan nasi. Dijamin anak-anak pun akan senang apabila melakukan aktivitas ini. Terlebih ketika bertemu dengan teman-temannya. Namun pastikan tidak menyuapi anak dalam keadaan berlari, sekalipun aktivitas tersebut sangat penting dilakukan. Pasalnya anak akan tersedak.

Pentingnya mencari tahu cara agar anak mau makan nasi, sehingga kebutuhan nutrisi anak tercukupi. Hal tersebut sangat penting untuk tumbuh kembangnya. Terlebih untuk anak-anak di usia pertumbuhan. Ibu yang bijak tidak akan membiarkan anaknya tidak nafsu makan karena dapat menghambat tumbuh kembang anak dan prestasi anak di sekolah akan menurun.

Baca juga : Bahaya anak makan sambil main gadget dan cara mengatasinya

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.