Cara Mendidik Anak Di Zaman Digital Yang Perlu Orang Tua Pahami

Cara Mendidik Anak Di Zaman Digital Yang Perlu Orang Tua Pahami – Di zaman serba digital seperti sekarang ini, siapapun bisa dengan mudah mendapatkan akses berbagai informasi, dimanapun dan kapanpun. Hal ini berlaku juga untuk anak-anak. Bahkan anak-anak bisa dengan cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

cara mendidik anak di zaman digital
                             cara mendidik anak di zaman digital

Oleh sebab itu menjadi orang tua zaman sekarang banyak tantangan dalam hal membesarkan dan mengasuh anak. Selain dituntut mempersiapkan anak-anak menjadi tangguh menghadapi persaingan yang semakin ketat, orang tua juga dituntut mengetahui dan memahami seperti apa dan bagaimana teknologi itu. Dengan maksud agar mengetahui apa yang negatif dan positif.

Baca juga : Ayah, Jagalah Keluargamu Dari Api Neraka

Selain itu orang tua juga harus memiliki cara yang berbeda dalam mengasuh anak-anak. Anak-anak sekarang cenderung mendapatkan sesuatu dengan mudah/instan. Di sisi lain mereka mendapatkan tantangan atau inspirasi baru. Di sinilah peran orang tua sangat dibutuhkan dalam membangun pribadi yang percaya diri dan berani mencoba tanpa merasa malu atau takut gagal.

Ada beberapa cara mengasuh dan mendidik anak di zaman digital seperti sekarang ini. Seperti apakah itu? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Memberikan Pujian Atau Pengakuan Yang Positif Pada Saat Yang Tepat

Misalnya: jika anak berhasil melakukan sesuatu yang baik berikanlah pujian. Memberikan pujian terhadap anak dapat mendorong rasa percaya diri dan semangat melakukan sesuatu yang baik dan tepat.

Menjadi Teladan Bagi Anak

Orang tua harus menjadi cermin positif bagi anak. Jangan melakukan perbuatan ataupun perkataan yang tidak baik di depan anak. Dikhawatirkan anak akan melakukan hal yang sama, yang dia anggap benar karena melihat/ meniru orang tua. Dalam kontek sini, ketika Anda melarang anak bermain gadget terus menerus, Anda pun harus memberikannya contoh. Jangan sampai orang tua melarang anaknya, namun ia sendiri melakukannya. Anak-anak membutuhkan contoh kongkret yang ia lihat setiap hari.

Baca juga : 5 Tips Mudah Agar Rumah Tetap Nyaman

Fokus Kepada Pembentukan Karakter Dalam Perkembangan Diri Anak

Kesepakatan antara orang tua dan anak tidak hanya masalah kegiatan belajar saja. Ada banyak aktivitas, seperti olahraga, kegiatan bersih-bersih di rumah, dan lainnya. Ada banyak manfaat dari olahraga, selain membuat tubuh sehat dan bugar, olahraga bisa melatih anak untuk bekerjasama, belajar menjadi pemimpin, disiplin dan melatih mental.

Orang Tua Mengutamakan Kebersamaan Keluarga

Berkumpul bersama bisa membuat anak merasakan keharmonisan dan kehangatan orang tua. Hal ini harus didukung dengan adanya komunikasi yang baik. Apalah artinya berkumpul bersama tiap hari di rumah tapi tidak terjalin komunikasi, masing-masing orang sibuk dengan aktivitasnya sendiri-sendiri. Luangkan waktu ngobrol atau nonton bersama.

Tidak Ketinggalan Teknologi

Seperti yang sudah dibahas di awal artikel, menjadi orang tua di zaman milenial seperti sekarang ini dituntut untuk mengetahui teknologi. Anak-anak sekarang pintar menggunakan gadget dan menuntut orang tua bisa satu langkah lebih maju dari anak. Orang tua harus memahami bagaimana dunia digital terus bergerak, demikian juga dengan anak.

Baca juga : 7 Tips Agar Anak Mau Belajar Tanpa Paksaan Dan Tekanan

Jangan Melarang Anak Berkenalan Dengan Gadget

Ditengah perkembangan era digital seperti sekarang ini, rasanya sulit mencegah anak tidak mengenal gadget. Dibalik rasa khawatir, sebenarnya ada hal positif dari penggunaan gadget. Misalnya, anak memiliki kesempatan mengeksplore teknologi dan mengembangkan kecerdasannya, juga melatih menjadi lebih adaptif. Saat anak menggunakan gadget orang tua harus mengawasi dan melatih disiplin agar tidak terlalu lama didepan gadget.

Melatih Disiplin Dan Konsisten

Sebelum meminta agar anak disiplin dalam menggunakan gadget, pastikan orang tua melakukannya terlebih dulu. Hal ini berkaitan dengan konsistensi. Buat kesepakatan dengan anak, kapan dan di mana boleh bermain gadget.

Masih banyak cara lain yang bisa dilakukan dalam mendidik anak di zaman digital yang bisa dan menarik untuk diaplikasikan, seperti mengembangkan bakat anak, memberikan pendidikan agama sejak dini, ada waktu memposisikan diri sebagai sahabat yang dapat dipercaya dan diandalkan oleh anak.

Semoga kelak anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang positif dan cerdas.

Baca juga : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.