Hak Anak Yang Harus Dipenuhi Oleh Orang Tua

Hak Anak Yang Harus Dipenuhi Oleh Orang Tua – Jika seorang anak tidak dipenuhi haknya maka ia akan menjadi nakal atau malas. Pasti semua orang tua menginginkan anak yang baik, shaleh dan rajin. Agar harapan tersebut dapat tercapai sudah seharusnya orang tua memenuhi hak anak. Apa sajakah hak anak itu? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Dikasihi Dan Disayang

Anak-anak memiliki hak mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya, mulai dari anak dilahirkan. Bentuk kasih sayang bisa berupa ciuman, pelukan, ungkapan kata-kata sayang dan bentuk perhatian lainnya.

Jika Anda memiliki anak lebih dari satu jangan membeda-bedakan satu dengan yang lain. Berikan kasih sayang dengan adil. Dengan mengetahui bahwa dirinya disayang oleh orang tua, maka ia akan tumbuh menjadi pribadi yang penuh kasih sayang tidak hanya kepada keluarga namun juga terhadap lingkungannya.

Baca juga : Larangan Untuk Muslimah Yang Justru Memuliakannya

  1. Diberi Makan Dan Minum

Makanan dan minuman merupakan kebutuhan manusia yang paling pokok. Dengan makan dan minum tubuh menjadi kuat untuk melakukan aktivitas, terhindar dari penyakit dan untuk anak sangat penting/berpengaruh dalam pertumbuhan dan perkembangannya.

Berilah anak makanan yang bergizi, seperti sayuran,buah-buahan, susu dan makanan sehat lainnya.

  1. Mendapatkan Pakaian

Hak anak berikutnya adalah mendapatkan pakaian. Pakaian tidak sekedar penghias tubuh saja, namun juga untuk melindungi tubuh dari sengatan matahari, menghangatkan tubuh, menghindari gigitan serangga dan menutupi aurat.

Memberi pakaian anak tidak harus yang mewah atau mahal. Berilah ia pakaian yang layak dan nyaman saat digunakan.

Baca juga : Ini 5 Aplikasi Yang Harus Dimiliki Pebisnis Online

  1. Mendapatkan Tempat Tinggal

Hak anak selanjutnya adalah mendapatkan tempat tinggal. Rumah selain sebagai tempat untuk berkumpul bersama keluarga, tempat istirahat juga menjadi tempat berlindung dari serangan binatang buas, dari udara kotor di luar, melindungi dari hujan, dingin dan panasnya matahari.

  1. Mendapatkan Pendidikan

Anak berhak mendapatkan pendidikan di rumah. Pendidikan di sini adalah pendidikan yang baik, bisa berupa pendidikan akhlak, pendidikan formal. Pendidikan sangat diperlukan untuk menunjang masa pertumbuhannya.

Dengan adanya pendidikan, anak bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk, mana yang benar dan yang salah. Selain itu anak juga jadi tahu bagaimana melakukan sesuatu. Orang tua memegang peranan penting dalam hal mendidik anak, terutama di zaman serba teknologi seperti sekarang ini. Segala informasi, hiburan bisa dengan mudah diakses oleh anak. Jika tidak didampingi dikhawatirkan anak mendapatkan informasi yang tidak benar atau tidak baik untuk masa pertumbuhannya.

Baca juga : Ini Dia Rahasia Olshop Sukses Saat Promosi Jualannya

  1. Bermain Dengan Gembira

Bermain merupakan hak semua anak. Dengan bermain hati anak menjadi gembira. Berilah waktu untuk anak bermain bersama teman-temannya, saudaranya atau dengan Anda orang tuanya. Dengan bermain anak-anak bisa belajar banyak hal.

  1. Hak Akan Kesehatan

Jika anak sakit, maka anak memiliki hak untuk mendapatkan pengobatan atau perawatan. Sudah menjadi kewajiban orang tua untuk memperhatikan kesehatan buah hatinya.

  1. Hak Sekolah

Mendapatkan pendidikan formal sangat dibutuhkan oleh anak. Mulai dari pendidikan Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Jika mampu maka bisa memasukkan anak ke jenjang yang lebih tinggi yaitu ke perguruan tinggi/universitas.

Dengan sekolah anak bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih luas, kawan-kawan baru dan belajar bersosialisasi dan beradaptasi.

Baca juga : Dua Wanita Mulia Dalam Surat At Tahrim

  1. Mendapatkan Perlindungan

Anak berhak mendapatkan perlindungan dari orang tua, bahkan dari lingkungannya. Masa anak-anak merupakan masa yang rentan karena belum kuat secara fisik maupun mental.

  1. Mendapatkan Perhatian

Semua orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Hampir semua orang tua bekerja dengan tujuan untuk kebahagian anak. Namun jangan sampai karena fokus bekerja, hak anak mendapatkan perhatian menjadi terbengkalai. Anak tidak hanya membutuhkan materi namun lebih penting adalah perhatian dari orang tuanya.

Ada banyak cara memberikan perhatian kepada anak, seperti: bercerita, mendengarkan anak bercerita. Anak yang kurang mendapatkan perhatian biasanya cenderung cari perhatian dengan bentuk-bentuk kenakalan.

Demikian hak anak yang wajib dipenuhi oleh orang tua. Semoga bermanfaat!

Jika anda suka dengan artikel ini, silahkan dishare sebanyak-banyaknya yah…terima kasih

Baca juga : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.