Heboh Virus Corona, Begini Tips Agar Tubuh Anda Tidak Mudah Tertular

Blogyudi.com – Beberapa waktu ini dunia sedang dihebohkan dengan kemunculan novel coronavirus 2019 (2019-nCoV) atau yang lebih dikenal sebagai virus corona. Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019 ini.

Virus Corona merupakan sekumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Itulah mengapa ketika terinfeksi dengan virus tersebut, maka orang akan mengalami berbagai gejala seperti penyakit flu pada umumnya yaitu demam, batuk, dan juga pilek.

Selain Corona, sebenarnya banyak sekali jenis virus dan bakteri lain yang perlu diwaspadai. Namun jangan khawatir karena Anda dapat meminimalisir perkembangannya dengan menerapkan beberapa tips berikut ini.

Baca juga : Hak dan Kewajiban Suami Istri Dalam Islam

  1. Mencuci Tangan Dengan Benar

Mencuci tangan adalah salah satu cara sederhana yang cukup efektif untuk mencegah penyebaran virus. Usahakan untuk senantiasa mencuci tangan, terutama setelah beraktifitas dan bersentuhan dengan berbagai macam fasilitas publik.

Mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun selama kurang lebih 20 detik dipercaya mampu menghilangkan kuman-kuman dan bakteri yang mungkin menempel pada tangan setelah beraktifitas.

Namun jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, Anda dapat menggantinya dengan hand sanitizer. Dan usahakan menggunakan produk hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman ya?

  1. Menggunakan Masker Saat Beraktifitas

Banyak penyebaran virus yang dapat berkembang melalui udara, salah satunya adalah virus corona. Untuk mengantisipasinya, sebaiknya Anda menggunakan masker untuk menutupi area hidung dan mulut selama beraktifitas.

Meskipun tidak sepenuhnya efektif untuk mencegah paparan bakteri dan kuman. Namun menggunakan masker tetap disarankan untuk menurunkan resiko terjangkit dari berbagai macam penyebaran penyakit infeksi.

Baca juga : Kenali Tipe Mertua dan Cara Menghadapinya

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Yang tidak kalah penting untuk dilakukan untuk mencegah munculnya berbagai macam penyakit adalah dengan menjaga kesehatan tubuh. Menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima membuat Anda terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Antara lain adalah dengan menjaga pola makan sehat, pola hidup sehat dan juga berolahraga secara teratur. Agar tubuh tetap fit dan bugar serta sistem imunitas tetap baik.

  1. Menghindari Kontak Dengan Orang Yang Terjangkit

Berbagai macam penyakit biasanya menyebar dengan mudah dari satu penderita ke penderita yang lainnya. Untuk itulah, Anda sebaiknya menjaga kesehatan dengan menghindari kontak fisik dengan orang-orang yang terindentifikasi mengalami masalah kesehatan.

  1. Bila Merasa Tidak Sehat, Kunjungi Layanan Kesehatan Terdekat

Bila Anda merasa mengalami gejala gangguan kesehatan, sebaiknya Anda cepat-cepat mendatangi layanan medis terdekat. Dengan cepat-cepat memeriksakan diri ke dokter, maka akan cepat pula terdeteksi penyakit yang mungkin Anda derita. Dengan demikian, Anda akan menerima penanganan yang tepat agar tidak mengakibatkan gejala yang lebih serius.

Baca juga : Makna Yang Terkandung dari Sakinah, Mawadah, Warohmah

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.