Ibu Rumah Tangga Mau Jualan Online? Siapkan Ini Dulu!

Ibu Rumah Tangga Mau Jualan Online? Siapkan Ini Dulu! – Bisnis online adalah salah satu jenis bisnis yang diminati oleh masyarakat, apalagi bisnis online tak memerlukan jam kerja khusus, tak perlu juga memerlukan kantor khusus karena bisa dilakukan di rumah masing-masing.

Itu juga yang membuat bisnis online menjadi bisnis ideal untuk ibu rumah tangga, apalagi yang memang memiliki bakat dagang, tentu tak ingin menyia-nyiakan waktu dengan berdiam diri saja di rumah, bukan?

Tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan disiapkan sebelum terjun ke dunia bisnis online, yaitu:

  1. Siapkan Mental

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan mental, karena berjualan online sama saja dengan berjualan offline, yakni bertemu dengan banyak orang setiap hari dan memiliki karakter yang berbeda-beda. Anda juga harus menyadari bahwa jualan tak selamanya laris manis, ada kalanya sepi dan nyaris tanpa pembeli sama sekali.

Anda harus menyiapkan mental untuk hal itu, juga siapkan mental untuk mendapati pembeli yang rewel, PHP, hit and run dan masih banyak lagi.

Baca juga : Pebisnis Online Wajib Tingkatkan Keamanan Konsumen

Anda bisa membaca jurnal atau artikel mengenai persiapan mental untuk berdagang, supaya bisa mengantisipasi seandainya mental down saat menemui masalah-masalah dalam dunia bisnis online, sehingga tidak merugikan diri sendiri.

  1. Siapkan Barang Yang Akan Dijual

Hal kedua yang harus disiapkan sudah tentu adalah barang yang akan anda jual, anda tak bisa bertindak spontan membuka online shop tetapi tak tahu barang apa yang akan dijual. Anda bisa memilih untuk menjual barang yang sedang hits dan viral di pasaran, atau anda juga bisa memilih untuk menjual barang yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Anda juga bisa memilih untuk fokus pada satu jenis barang, misalnya menjual barang hobi.

Baca juga : Pelajari 4 Hal Yang Membuat Bisnis Online BangkrutĀ 

Semua itu bisa menghasilkan uang yang lumayan, dengan syarat anda berjualan dengan tekun dan tak mudah menyerah. Pastikan anda juga sudah memilih sistem apa? Reseller? Dropship? Atau Pre Order?

  1. Memilih E-Commerce

Langkah berikutnya yang harus anda siapkan adalah memilih e-commerce, apabila ingin berjualan tanpa perlu repot mengotak-atik website jualan sendiri. Dengan memilih e-commerce yang sudah ada, anda hanya tinggal mengikuti peraturan di sana, memajang barang-barang jualan anda dan mempromosikannya supaya menemukan pembeli.

Keuntungan memilih e-commerce adalah banyak promo bagi penjual dan pembeli, yang secara otomatis memberikan peluang laris jualan yang lebih besar lagi.

Baca juga : Cara Cepat Kaya Bermodal HP Saja. Pasti Bisa!

  1. Sesuaikan Dengan Passion

Pastikan jualan adalah passion anda, sehingga anda tidak akan mudah menyerah saat menghadapi masalah dalam berjualan. Anda juga tak akan merasa bosan untuk berjualan online, anda akan menikmati prosesnya, baik itu bisnis yang sedang naik dan turun, keteteran menghadapi pesanan, bisnis yang sepi dan lain sebagainya.

  1. Belajar Internet Marketing

Hal terakhir yang harus disiapkan adalah anda harus memiliki basic internet marketing, setidaknya anda mengetahui bagaimana cara untuk promosi produk di internet. Dengan menguasai teknik internet marketing yang baik, maka anda bisa mendapatkan pembeli lebih cepat dan lebih banyak keuntungan untuk anda.

Baca juga : Bisnis Tanpa Modal Yang Untungnya BesarĀ 

Itulah beberapa hal yang harus disiapkan oleh seorang ibu rumah tangga, yang ingin terjun ke bisnis online. Tak ada yang melarang siapapun untuk berbisnis online, bahkan untuk ibu rumah tangga sekalipun. Asalkan menyiapkan hal-hal yang telah dicantumkan di atas, maka anda siap untuk berbisnis.

Menurut anda, bisnis online apa yang paling cocok untuk ibu rumah tangga?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.