Informasi Lengkap Tentang Haji Dan Ibadah Yang Wajib Dilakukan

ibadah haji
ibadah haji

Informasi Lengkap Tentang Haji Dan Ibadah Yang Wajib Dilakukan – Berangkat ke Tanah Haram menjadi cita-cita tertinggi bagi umat Islam, untuk melaksanakan ibadah haji. Tapi tahukah jika ada macam-macam haji? Caranya dengan mengetahui apa niat ihramnya dan juga juga tata cara pelaksanaannya.

Macam-macam ibadah haji adalah sebagai berikut ini.

  1. Haji Ifrad

Seorang beragama Islam melaksanakan ibadah haji dari awal sampai akhir, sesuai dengan ketentuannya. Kemudian setelah hajinya selesai, maka ia melanjutkan niatnya untuk umroh.

  1. Haji Tamattu’

Seseorang yang melaksanakan ibadah umroh terlebih dulu, dilakukan sesuai dengan ketentuannya dan setelah selesai, maka ia melanjutkannya dengan niat ibadah haji, hingga selesai sesuai dengan ketentuan yang ada.

  1. Haji Qiran

Seorang muslim yang melakukan ibadah umroh dan juga ibadah haji dalam satu waktu yang bersamaan

Wajib membayar dam untuk Haji Tamattu’ dan Haji Qiran yakni dam nusuk, sesuai dengan jumlah yang sudah ditetapkan.

Baca juga : Ini 5 Aplikasi Yang Harus Dimiliki Pebisnis Online

Apa saja syarat-syarat melakukan ibadah haji? Karena tentang haji ini berupa aktivitas fisik dan non fisik, makanya harus memenuhi syarat berikut ini.

  • Islam
  • Sudah baligh dan berakal
  • Mampu untuk melaksanakannya
  • Merdeka
  • Untuk perempuan harus bersama mahromnya

Jika sudah memenuhi syaratnya, maka berikut adalah rukun ibadah haji yang harus dipenuhi, karena tanpa tuntas melakukan semua rukunnya maka ia tak sah melakukan haji dan juga tak bisa dibayar dengan denda. Apa saja?

Baca juga : Ini Dia Rahasia Olshop Sukses Saat Promosi Jualannya

Yang pertama adalah ihram untuk haji, setelah itu dilanjutkan berwukuf di padang Arafah tanggal 9 Dzulhijjah saat dzuhur hingga matahari terbit tanggal 10 Dzulhijjah.

Kemudian dilanjutkan berthawaf, dalam kondisi suci dan menutup aurat dengan benar, mengelilingi ka’bah 7 keliling banyaknya. Lanjutkan dengan sa’i dari Shafa ke Marwah dengan berlari kecil 7 kali dan diakhiri dengan tahallul atau mencukur rambut kepala. Pastikan melakukan semuanya dengan tertib dan teratur.

Sementara itu, wajib haji menjadi bentuk kewajiban yang harus dikerjakan apabila ingin hajinya dinilai sah. Apabila ada orang yang berhalangan melakukan rangkaian wajib haji salah satunya maka bisa membayar denda untuk menggantinya.

Baca juga : Dua Wanita Mulia Dalam Surat At Tahrim

Nah wajib haji itu adalah ihram dari batas yang sudah ditentukan atau miqat, kemudian bermalam di Muzdalifah (bermalam disebut juga mabit), lalu melempar jumrah dan mabit di Mina. Setelah itu lanjutkan dengan lakukan thawaf perpisahan atau disebut juga thawaf wada’. Pastikan kita menahan diri, supaya tak melakukan tindakan yang terlarang saat ibadah ini.

Supaya ibadah haji menjadi lebih afdhal, maka kita bisa melakukan ibadah sunnah di dalam ibadah haji, yaitu:

  1. Bacalah kalimat talbiyah sebanyak mungkin.
  2. Perbanyak untuk membaca dzikir.
  3. Masuki Ka’bah sambil memanjatkan doa kepada Allah.
  4. Utamakanlah haji ifrad.
  5. lakukan shalat sunnah di Hijr Ismail dan di Maqam Ibrahim.

Ini Yang Tak Boleh Dilakukan Saat Ibadah Haji

Ada larangan yang harus dipatuhi, baik untuk lelaki maupun untuk perempuan. Larangan untuk lelaki misalnya, tak boleh pakai pakaian yang dijahit, juga tak boleh pakai penutup kepala walau peci sekalipun. Sementara itu untuk perempuan, tidak boleh menutupi muka dan telapak tangan.

Kemudian larangan tentang haji yang harus dipatuhi oleh lelaki dan perempuan adalah larangan menikah atau hal-hal tentang pernikahan, pakai minyak wangi, memotong kuku dan mencabut bulu di tubuh, dan juga berhubungan intim.

Demikianlah Informasi Lengkap Tentang Haji Dan Ibadah Yang Wajib Dilakukan, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Baca juga : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.