Ingin Bisnis Jualan Tanaman Online? Lakukan 4 Tips Utama Ini

Blogyudi.com – Melihat dunia semakin panas, sepertinya banyak orang berbondong-bondong untuk menghijaukan bumi. Terlihat semakin banyak orang yang mulai menanam pohon dan bunga-bunga di rumahnya. Sebuah hal yang sangat positif untuk kesehatan bumi. Dari kacamata bisnis, fakta tersebut telah membuka peluang bisnis jualan tanaman online. Terutama bagi Anda yang memang memiliki minat dengan tanaman.

Namun sebelum memulai bisnis jualan tanaman online, sebaiknya pahami dulu 4 tips berikut ini!

  1. Matangkan Konsep

Menjadi unik itu wajib. Di luar sana sudah ada banyak orang yang memulai bisnis jualan tanaman, mematangkan konsep bisnis adalah hal penting yang harus dipikirkan di awal sebelum Anda menjalani bisnis ini. Bisa saja memilih tanpa konsep, artinya Anda menyediakan semua tanaman yang dibutuhkan orang. Namun apa dengan cara tersebut toko online Anda akan cepat dikenal dan diingat orang?

Ada banyak konsep terkait bisnis tanaman, misal: urban garden, minimalist garden, small garden, dan masih banyak lagi. Semakin unik konsep bisnis tanaman yang Anda pilih, semakin spesifik target pasar dan semakin banyak orang yang tertarik. Konsep bisnis ini juga nantinya akan berpengaruh pada jenis tanaman dan desain feed medsos Anda.

Baca juga : Lakukan Amalan Ini Kepada Saudara Sesama Muslim, Allah Pun Akan Mencintai Anda

  1. Pilih Jenis Tanaman

Setelah konsep bisnis matang, maka selanjutnya memilah dan memilih jenis tanaman apa yang akan dijual. Misal Anda memilih konsep private garden at home, maka jenis tanaman yang dipilih adalah tanaman-tanaman kecil yang bisa tumbuh di dalam rumah. Jenis tanaman yang setema akan memudahkan saat menyusun konten di media sosial sehingga hasilnya lebih menarik.

  1. Nama Bisnis Online Yang Ear-Catching

Memilih nama bisnis memang susah-susah gampang. Pilihlah nama bisnis sesuai dengan tema yang dijalankan, mudah diingat orang dan jangan terlalu susah dalam pelafalan atau penulisannya. Karena kita berada di Indonesia, maka sebaiknya gunakan saja bahasa Indonesia yang tak lebih dari dua kata. Hal penting lainnya, pastikan nama tersebut singkat dan unik. Semakin unik dan mudah diingat, semakin nama tersebut mudah menempel di kepala banyak orang.

Baca juga : Bersegera Melaksanakan Syariat

  1. Update Konten Medsos Secara Berkala

Kekuatan bisnis online adalah pada media sosial. Maka jangan biarkan media sosial Anda kosong terlalu lama. Buatlah jadwal update media sosial secara berkala. Jikapun belum bisa satu postingan setiap hari, setidaknya dalam seminggu ada 2 – 3 postingan terjadwal.

Para penggemar tanaman biasanya tak terlalu suka foto yang banyak diedit maka pastikan foto-foto untuk media sosial bisnis Anda alami dan tak banyak filter. Susun konten dengan menarik. Sekarang sudah banyak aplikasi untuk menata dan mendesain feed media sosial dengan cantik, maksimalkan aplikasi-aplikasi tersebut.

Jangan lupa untuk berinteraksi dengan follower media sosial. Berikan informasi yang lengkap di setiap foto dan sesekali sisipi postingan Anda dengan tips-tips merawat tanaman atau hal lain terkait tanam-menanam, jadi isi media sosial tidak melulu barang dagangan.

Semoga 4 tips di atas bisa membantu Anda dalam memulai bisnis jualan tanaman online. Sukses selalu. Jangan berhenti hingga kesuksesan datang menghampiri. Selamat mencoba!

Baca juga : Jangan Asal Share Berita! Ini Cara Membedakan Berita Hoax Atau Asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.