Inilah Keutamaan Membersamai Al Quran

Inilah Keutamaan Membersamai Al Quran – Al Quran adalah kitab suci agama Islam yang berisikan petunjuk bagi manusia. Selain itu, bagi umat muslim, terdapat kewajiban untuk selalu membersamai Al Quran dalam kehidupannya, baik itu dengan membacanya, menghafalkannya, mentadabburinya terutama melaksanakan isinya dan kemudian menyampaikan isi tersebut kepada manusia yang lainnya.

keutamaan membersamai alquran
keutamaan membersamai alquran

Berikut ini adalah beberapa keutamaan yang diberikan oleh Allah kepada muslim mana saja yang selalu membersamai Al Quran.

Baca juga : Cara Membuat Wajah Bersih, Sehat Dan Glowing Alami Tanpa Make Up

Mendapatkan Pahala Kebaikan

Membaca Al Quran adalah amalan sunnah yang sangat utama dan dianjurkan untuk selalu dilakukan. Bahkan, bagi siapa saja yang masih kesulitan untuk membaca Al Quran ini atau masih membacanya dengan terbata-bata, Allah SWT menjanjikan untuk diberikan dua pahala.

Pahala kebaikan ini akan diberikan kepada setiap muslim saat membaca Al Quran. Setiap huruf yang dibaca akan mendatangkan satu pahala kebaikan. Tentu saja, membaca sekian banyak huruf dalam Al Quran merupakan satu rutinitas bagi setiap muslim sehingga ia pun sangat memungkinkan untuk mendapatkan pahala yang sangat banyak dari banyaknya huruf yang ia baca setiap harinya.

Baca juga : 

Diberikan Kemuliaan

Dalam satu hadist yang diriwayatkan oleh Muslim dikatakan bahwa Allah akan mengangkat suatu kaum dan memberikannya dengan kemuliaan saat mereka berpegang teguh pada Al Quran. Dan sebaliknya, Allah SWT sungguh akan menjatuhkan suatu kaum saat mereka berpaling dari Al Quran.

Hal ini sangat nyata dapat dirasakan saat ini saat Al Quran tak banyak diterapkan dan dilaksanakan perintah yang ada di dalamnya. Alhasil, yang terjadi adalah kekacauan dan juga rendahnya kualitas manusia itu sendiri karena telah dipalingkan dari kemuliaan oleh Allah SWT.

Mendapatkan Syafaat Al Quran

Satu kemuliaan pembaca Al Quran diantara sejumlah kemuliaan yang lainnya adalah mendapatkan syafa’at atau pertolongan kelak saat di hari penghisaban. Al Quran akan datang di hari kiamat dengan membaca syafaat atau pertolongan serta memberikan pembelaan kepada siapa saja yang gemar membacanya semasa di dunia.

Baca juga : Pebisnis Online Wajib Tingkatkan Keamanan Konsumen

Kedudukan Yang Tinggi

Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Tirmidzi mengatakan bahwa kelak akan dikatakan kepada para ahli quran untuk terus naik secara perlahan sesuai dengan banyaknya bacaan yang telah dilakukannya semasa di dunia. Semakin banyak ia membersamai Al Quran semasa di dunia maka kedudukan yang akan dicapainya akan semakin tinggi.

Perumpamaan Seperti Buah Utruja

Disampaikan adanya perumpamaan mengenai mukmin yang gemar membaca Al Quran, yaitu seperti buah utruja, satu buah yang memiliki rasa enak dan bau yang harum. Sedangkan, orang beriman yang tidak gemar membaca Al Quran, ia layaknya buah Tamrah atau kurma, di mana buah ini memiliki rasa yang enak namun tidak harum.

Sedangkan perumpamaan orang munafik yang membaca Al Quran adalah seperti buah Raihanah, yaitu buah dengan rasa yang pahit namun memiliki bau yang harum.

Baca juga : Pelajari 4 Hal Yang Membuat Bisnis Online Bangkrut

Perumpamaan manusia yang buruk adalah orang munafik yang tidak gemar membaca Al Quran yaitu seperti buah Handzalah, yaitu buah yang baunya tidak harum dan juga rasanya tidak enak. Hal ini disebutkan pada satu hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Abu Musa Al Asyari.

Inilah beberapa kemuliaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada Ahlul Quran atau golongan manusia yang selalu membersamai Al Quran semasa hidup di dunia. Tentu saja sebagai seorang muslim, membaca dan mentadaburi isi serta mengamalkan Al Quran menjadi satu kebiasaan dalam kehidupannya.

Baca juga : Cara Cepat Kaya Bermodal HP Saja. Pasti Bisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.