Jangan Panik! Ini 8 Tips Mencegah Anak-Anak Terhindar Virus Corona

Blogyudi.com – Virus Corona menghebohkan seluruh dunia, virus ini telah menyerang ribuan orang dan menelan ratusan korban jiwa. Penyebab wabah ini adalah Corona virus jenis baru atau yang disebut Novel Corona Virus. Virus Corona termasuk jenis golongan virus yang sama dengan virus penyebab SARS atau Severe Acute Respiratory Syndrome dan MERS yang kepanjangan dari Middle East Respiratory Syndrome.

Virus Corona diperkirakan dari hewan seperti: kelelawar, ular dan unta yang dapat menular dari hewan ke manusia dan dari manusia ke manusia. Proses penularannya kemungkinan besar karena percikan dahak saat bersin atau batuk.

Baca juga : Ayah, Jagalah Keluargamu Dari Api Neraka

Gejala Jika Terinfeksi Virus Corona

Seseorang yang terinfeksi virus ini akan mengalami gejala yang mirip seperti flu, seperti: batuk, pilek disertai demam. Setelah beberapa hari terkena infeksi virus, akan mengalami gejala sesak napas. Sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan infeksi Corona. Oleh sebab itu, pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan.

Langkah Mencegah Penularan Virus Corona

Salah satu cara efektif mencegah tertular virus Corona adalah dengan PHBS (Penerapan Hidup Bersih dan Sehat). Menerapkan hidup sehat dan bersih dapat diwujudkan dalam sejumlah langkah sederhana, baik di lingkungan rumah, sekolah maupun di tempat-tempat umum, seperti:

  1. Membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun setelah selesai beraktivitas, seperti: sebelum makan, sepulang sekolah, sehabis bermain, setelah dari toilet, setelah melakukan kontak dengan hewan. Biasanya mencuci dan membilas tangan minimal 20 detik.
  2. Menggunakan masker ke luar rumah, terutama pada saat berada di dekat orang sakit atau sedang sakit batuk dan flu.
  3. Makan makanan yang mengandung gizi seimbang, seperti: sayur dan buah. Sebelum dikonsumsi cuci menggunakan air yang langsung mengalir dari kran.
  4. Hindari makan makanan mentah atau yang kurang matang, seperti telur dan daging.
  5. Rajin olahraga dan berjemur saat pagi hari.
  6. Istirahat cukup dan hindari pola hidup yang tidak sehat, seperti tidur terlalu larut.
  7. Jika memiliki hewan peliharaan, pastikan mendapatkan vaksin dan menjaga kebersihan hewan dan kandangnya.
  8. Apabila mengalami batuk, pilek, demam disertai sesak nafas, segera dibawa ke Puskesmas atau dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga : Tips Mudah dan Sederhana Agar Rumah Tetap Nyaman

Penerapan hidup sehat dan bersih akan berjalan dengan lancar jika di rumah maupun sekolah menyediakan fasilitas yang memadai. Yang paling penting, seperti sumber air bersih dan sabun cuci tangan antibakteri.

Selain itu, pastikan mainan dan peralatan makan terjaga kebersihannya. Ruang kelas yang bersih dengan ventilasi yang cukup, tidak ada sampah yang menumpuk di area sekolah dan toilet yang bersih juga merupakan hal penting.

Penerapan hidup sehat dan bersih tidak hanya menjadi langkah mencegah virus Corona, namun merupakan langkah awal agar terhindar dari serangan virus, bakteri yang dapat menyebabkan penyakit lainnya.

Baca juga : 7 Tips Agar Anak Mau Belajar Tanpa Harus Dipaksa

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.