Jangan Terjun Ke Bisnis Online Kalau Belum Tahu 9 Istilah Ini

Blogyudi.com – Apakah Anda sedang mulai menggeluti bisnis online? Jika iya maka ini saat yang tepat untuk mempelajari beragam istilah terkait dunia bisnis. Bagi para pemula saat terjun ke grup-grup penjualan bisa jadi kening berkerut dengan beragam singkatan. Mau tanya kepada para senior segan. Namun tidak bertanya juga tak paham. Silakan dikenali satu per satu agar ke depan Anda tak lagi bingung saat hendak posting atau membalas komentar dari calon pembeli.

  1. COD

COD adalah singkatan dari cash on delivery. Ini adalah istilah paling sering dipakai dalam jualan online. Artinya yaitu pembayaran dilakukan secara cash pada waktu pengantaran. Biasanya COD dilakukan ketika pembeli dan penjual telah saling mengenal. COD juga kini banyak ditawarkan oleh beberapa marketplace guna membantu para pembeli yang tidak memiliki rekening bank namun ingin berbelanja online.

Baca juga : Tips Supaya Website Bisnis Anda Banyak Dikunjungi Pembeli

  1. PO

Singkatan yang kedua ini berarti pre order. Maksud dari pre order yaitu penjualan barang yang melalui pemesanan terlebih dahulu. Barang belum ready dan dibuat hanya berdasarkan pemesanan yang masuk. Biasanya PO ini juga menjadi teknik marketing untuk mengetes minat pasar terhadap suatu barang. Harga PO seringkali lebih murah dibandingkan dengan harga produk yang ready stock.

  1. WTS

Istilah ini sering ditemukan di grup-grup jualan. Artinya ialah Want To Sell alias mau menjual barang. Jadi kalau ada seseorang yang posting dengan awalan WTS, jangan berpikir macam-macam. Maksudnya orang tersebut sedang ingin menjual produk tertentu.

Baca juga : Ibu Rumah Tangga Mau Jualan Online? Siapkan Ini Dulu

  1. WTB

Berkebalikan dengan WTS, WTB berarti Want To Buy alias mau membeli barang. Postingan yang diawali dengan WTB artinya menjadi penanda bahwa orang yang posting tersebut berkeinginan untuk membeli suatu produk.

  1. PM

Merupakan singkatan dari Private Message. Biasanya ditujukan kepada para calon pembeli yang ingin menanyakan informasi atau keterangan lebih lanjut tentang sebuah produk. Calon penjual agar bisa lebih leluasa menjelaskan informasi tersebut, akan mengajak calon pembeli itu untuk PM atau melakukan obrolan secara private.

Baca juga : Pebisnis Online Wajib Tingkatkan Keamanan Konsumen

  1. DP

Kalau ini seharusnya sudah banyak yang paham ya? Yaitu singkatan dari Down Payment alias uang muka. Istilah ini sangat populer dalam dunia bisnis online. Biasanya digunakan jika bisnisnya dalam jumlah besar, misal pemesanan makanan dalam jumlah tertentu. Untuk memberikan kepastian dan tanda jadi, penjual akan meminta uang muka dulu.

  1. BNIB

Memiliki kepanjangan Brand New in Box yang artinya benar-benar barang baru dan masih segelan di dalam kotaknya. Hal ini sebagai informasi kepada calon pembeli bahwa barang yang Anda jual adalah barang yang benar-benar baru dan masih tersegel rapi. Istilah ini muncul karena banyak yang menjual produk abal-abal dan second, namun tidak memberikan info jelas.

Baca juga : Pelajari 4 Hal Yang Membuat Bisnis Online Bangkrut

  1. TS

Ini juga adalah salah satu istilah yang bisa sering Anda temukan dalam forum-forum jual beli. TS adalah Thread Starter alias orang yang memulai chat/obrolan/diskusi.

  1. No Afgan

Tahu dong lagu Sadis-nya Afgan? Ternyata lagu ini menjadi sangat fenomenal dan populer di kalangan pebisnis online. Ketika di dalam keterangan dicantumkan “no Afgan” maksudnya ialah “jangan menawar terlalu sadis” atau jangan menawar terlalu banyak.

Nah setelah membaca 9 istilah di dunia bisnis online di atas, apakah Anda sudah siap terjun ke dunia ini? Selamat berbisnis dan semoga sukses.

Baca juga : Cara Cepat Kaya Bermodal HP Saja. Pasti Bisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.