Kenali Jenis Konsumen Di Bisnis Online Anda

Kenali Jenis Konsumen Di Bisnis Online AndaKonsumen adalah penentu untuk bertahan atau tidaknya sebuah bisnis, tidak hanya bisnis offline namun juga bisnis online. Saat anda membuka usaha, di toko online maupun toko offline, yang diharapkan tentu mendapatkan banyak pembeli sehingga usaha anda bisa berjalan dengan lancar. Modal cepat kembali, untung banyak, bisa memperbesar usaha.

Tetapi untuk mendapatkan konsumen, anda harus mengenalinya terlebih dahulu dan berikut adalah tipe-tipe konsumen yang harus anda ketahui.

Baca juga : 

  1. Tipe Konsumen Impulsif

Tipe yang satu ini adalah target yang paling mudah didapatkan untuk membeli produk, apapun. Mereka cukup diberikan keyakinan sedikit saja, maka tak akan berpikir lebih lama lagi untuk membeli produk yang anda tawarkan. Trik untuk mendapatkannya adalah dengan membuat penawaran yang tepat di media sosial, misalnya di Instagram atau di Facebook.

  1. Tipe Konsumen Pemburu Diskon

Sementara tipe yang satu ini harus dirayu dengan diskon-diskon yang menarik. Mereka memang lebih suka dengan diskon-diskon spesial, dan langsung memilih toko offline maupun online yang menawarkan potongan harga. Walaupun bukan tipe pelanggan yang bisa diharapkan untuk menjadi langganan toko, namun saat anda mengadakan promo spesial di toko pasti mereka akan selalu datang.

Baca juga : Pelajari 4 Hal Yang Membuat Bisnis Online Bangkrut

Contoh diskon yang menarik adalah saat ada barang yang dijual seharga 200k, kemudian diberi label diskon 50% menjadi 100k maka masyarakat akan berbondong-bondong untuk belanja. Padahal di toko lain ada yang menawarkan harga 100k, tetapi kadang mereka tak fokus ke harga, melainkan fokus pada kata diskonnya.

  1. Tipe Konsumen Yang Setia

Jika ingin bisnis online anda berjalan dengan lancar dan sukses, maka carilah konsumen yang setia. Karena mereka adalah aset terbesar dalam bisnis yang sedang anda jalankan, walaupun jika dilihat dalam jumlahnya, mereka lebih sedikit dibandingkan dengan tipe konsumen yang lainnya.

Walau jumlahnya terbilang sedikit, akan tetapi mereka biasa melakukan pembelian di dalam jumlah yang cukup besar, banyak juga yang menjadi pelanggan setia sekaligus reseller, utamanya jika bisnis online anda memiliki harga grosiran. Jika anda memiliki konsumen yang setia, maka walaupun di luaran sana banyak produk sejenis, tetapi mereka hanya akan percaya pada bisnis online anda saja.

Baca juga : 

  1. Tipe Konsumen Yang Tak Mau Belanja

Di luaran sana banyak sekali tipe konsumen yang tak mau belanja, ada beberapa hal yang menjadi faktor penentu mereka. Misalnya saja karena sangat selektif, harganya yang tak cocok, atau memang karena benar-benar sedang tak ingin berbelanja sama sekali.

Tips untuk mengambil hati konsumen yang selektif adalah dengan memberikan barang dan jasa, dengan kualitas yang terbaik, sehingga mereka melihat sendiri kualitasnya dan tertarik untuk membeli. Sementara untuk konsumen yang merasa harganya tak cocok maka sediakan diskon dan berbagai penawaran spesial lainnya.

Lalu bagaimana dengan konsumen yang sama sekali tak ingin belanja? Solusinya adalah buat promo menarik setiap hari, suatu saat ia pasti akan tertarik juga untuk bertransaksi di bisnis online anda.

Untuk memasarkan produk dan jasa memang bukan perkara enteng, anda akan berhadapan dengan berbagai karakter orang dalam kondisi yang berbeda-beda pula. Namun, apabila anda ingin bisnis online anda sukses dan bertahan lama, maka kenalilah jenis konsumen-konsumen anda sejak awal sehingga anda bisa melakukan langkah pemasaran yang tepat supaya bisa menjangkaunya dengan cepat.

Menurut anda, apa pendekatan yang paling ampuh untuk mendekati calon pembeli? Share, ya!

Baca juga : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.