Kenali Tipe-Tipe Mertua Agar Tahu Bagaimana Cara Menghadapinya

Kenali Tipe-Tipe Mertua Agar Tahu Bagaimana Cara Menghadapinya – Permasalahan dengan mertua cukup sensitif bagi pasutri (pasangan suami istri). Kadang ada permasalahan rumah tangga yang disebabkan karena mertua yang terlalu ikut campur dalam urusan rumah tangga. Beruntunglah pasutri yang mendapatkan mertua baik, pengertian dan tidak ikut campur dalam urusan rumah tangga. Namun bagaimana cara menghadapi mertua yang selalu menimbulkan masalah?

tipe mertua
                                                   tipe mertua

Tipe-Tipe Mertua

Jika Anda mengalaminya, jangan khawatir karena dalam artikel ini kita akan membahas karakter mertua dan cara menghadapinya.

  • Mertua Yang Pencemburu

Mertua yang masuk ke dalam tipe ini ciri-cirinya selalu bersikap dingin atau kritis. Dia selalu berusaha mencari perhatian anaknya (pasangan Anda) agar tidak memperhatikan Anda. Biasanya rasa cemburu muncul karena merasa posisinya digantikan oleh Anda.

Cara menghadapinya adalah jangan membantah atau membela diri. Sebaiknya abaikan jika mertua Anda mengucapkan kata-kata yang menyakitkan. Lama kelamaan dia akan bosan dan tidak nyaman sendiri. Menghindari membalas termasuk salah satu cara agar tidak terjadi pertengkaran dengan pasangan.

Baca juga : Pelajari 4 Hal Yang Membuat Bisnis Online Bangkrut

  • Mertua Yang Selalu Cari Perhatian

Mertua yang caper alias selalu cari perhatian ciri-cirinya selalu ingin diperhatikan dan jika Anda dan keluarga memiliki waktu luang harus dihabiskan bersamanya. Hal ini wajar, karena orang tua mana yang tidak ingin dekat dengan anak cucu. Namun kadang karena kesibukan atau hal lain tidak selalu bisa diwujudkan.

Jika Anda mendapati mertua seperti ini solusinya adalah diskusikan bersama pasangan untuk mendapatkan solusi terbaik dan cara membagi waktu yang adil di rumah orangtua kedua belah pihak. Setelah mendapatkan keputusan, bicarakan dengan ibu mertua dengan baik-baik dan beri pengertian jika Anda dan keluarga belum bisa berkunjung.

  • Mertua Yang Sok Tahu Segalanya

Tipe mertua yang satu ini ciri-cirinya merasa selalu benar dan di luar kebiasaannya salah, apa yang Anda lakukan salah. Contohnya: mulai dari bagaimana mengatur perabotan rumah, mengasuh anak, mengurus kesehatan, mengatur keuangan, dan lainnya.

Jika mertua Anda tipe ini, sebaiknya jangan melakukan apa yang membuatnya senang dengan mengikuti perkataannya. Namun terima sarannya dengan baik. Jika apa yang disarankannya hanya bermaksud untuk menjatuhkan Anda sebaiknya abaikan saja.

Baca juga : Cara Cepat Kaya Bermodal HP Saja. Pasti Bisa

  • Mertua Yang Suka Ikut Campur

Biasanya karakter mertua yang satu ini karena tidak bisa melepaskan perannya sebagai ibu. Apapun masih mengatur walau anaknya sudah menikah. Di satu sisi awalnya perilaku tersebut bisa membantu Anda dan pasangan beradaptasi terutama pada waktu pertama kali punya anak.

Namun, jika terlalu ikut campur bisa menjadi ketergantungan. Solusinya:jangan terlalu tergantung dalam hal apapun. Jika ada masalah selesaikan berdua dengan pasangan tanpa melibatkan mertua.

Bijak Menghadapi Mertua

Sebenarnya masih ada beberapa tipe mertua lainnya, seperti suka menghakimi, terlalu terlibat urusan rumah tangga. Dari semua karakter mertua cara menghadapinya adalah dengan cara mendekatkan diri dengan mertua, kenali karakternya dan habiskan waktu berkualitas bersamanya. Jangan segan untuk membicarakan masalah Anda menghadapi mertua dengan pasangan, cari solusinya bersama-sama.

Memperkuat hubungan Anda dengan pasangan merupakan salah satu cara ampuh menghadapi permasalahan dalam rumah tangga, termasuk masalah yang berhubungan dengan mertua. Tunjukkan ke mertua bahwa Anda dan pasangan merupakan tim yang solid.

Walaupun mertua tidak menghargai Anda, namun tetaplah tunjukkan sikap hormat sebagaimana Anda menghormati orang tua sendiri. Menghadapi mertua merupakan hal yang penting, namun kerukunan hubungan Anda dan pasangan jauh lebih penting. Bagi Anda yang mengalami masalah dengan mertua, bersabarlah dan semoga mendapatkan solusi yang baik tanpa ada perasaan yang terluka.

Baca juga : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.