Kenapa Marketplace Harus Menyediakan Pilihan Pembayaran Yang Lengkap?

Kenapa Marketplace Harus Menyediakan Pilihan Pembayaran Yang Lengkap?Masyarakat Indonesia suka berbelanja online melalui marketplace karena lebih banyak pilihan. Termasuk pilihan jenis barang, tipe dan ukuran barang, serta pilihan harga juga berbagai diskon tambahan lainnya yang membuat pengalaman berbelanja jadi lebih menyenangkan.

Supaya bisa menjangkau lebih banyak konsumen, maka e-commerce harus menyediakan banyak pilihan opsi pembayaran, sehingga konsumen bisa memilih opsi pembayaran mana yang lebih cocok untuk digunakan. Sebab beda orang, beda pula pilihan opsi pembayarannya. Ada yang suka bayar tunai, ada yang suka menggunakan COD, transfer ATM, dan masih banyak lagi.

marketplace
                                                                                             marketplace

Lantas hal apa lagi yang membuat marketplace diwajibkan untuk menyediakan opsi pembayaran yang lengkap dan berbagai macam?

Baca juga : 

  1. Untuk Memudahkan Konsumen Memilih

Menyediakan metode pembayaran yang lengkap, adalah faktor yang paling utama bagi sebuah e-commerce. Sebab semakin bervariasi opsi pembayaran untuk para kostumer, semakin banyak banyak pilihan bagi kostumer membayar pesanan. Kemudahan dalam membayar ini menjadi salah satu aspek yang menentukan loyalitas konsumen terhadap marketplace. Apalagi jika ada opsi pembayaran yang bisa dicicil.

  1. Supaya Bisa Meningkatkan Jangkauan Konsumen

Apabila anda memiliki pilihan pembayaran yang makin banyak dan makin lengkap, maka jangkauan pasar untuk e-commerce anda akan lebih luas lagi. Sebab masyarakat akan memilih toko online yang memiliki pembayaran transaksi yang lengkap, sehingga bisa memilih yang paling mudah untuk mereka lakukan. Apalagi persaingan antara sesama marketplace sangat ketat. Cara ini menjadi salah satu upaya untuk bersaing dengan marketplace lainnya.

Baca juga : 5 Cara Cek Laptop Bekas Yang Benar Agar Tidak Tertipu

  1. Bisa Meningkatkan Performa Dan Mempercepat Proses Transaksi

Tahukah anda bahwa tolak ukur dari performa marketplace dinilai dari kecepatan dalam penyelesaian sebuah proses transaksi online? Dan salah satu hal yang membuat proses penyelesaian proses transaksi adalah karena metode pembayarannya yang tidak lengkap dan membuat konsumen merasa tak puas sehingga beralih ke e-commerce lain yang lebih lengkap. Hal ini bisa membuat performa e-commerce anda menjadi kurang baik di mata para konsumen lainnya.

  1. Supaya Mudah Untuk Refund

Dengan adanya opsi pembayaran yang lengkap, maka lebih mudah juga untuk refund atau pengembalian dana. Hal itu terjadi jika barang yang dipesan kosong, tetapi sudah dilakukan pembayaran. Nah, proses refund ini bisa dilakukan dengan mudah apabila metode payment di e-commerce anda lebih lengkap, sebab lebih mudah untuk menelusuri jejak pembayarannya.

Baca juga : Tips Remaja Menjaga Hawa Nafsu

  1. Supaya Lebih Efektif Dalam Mengelola Arus Kas Bisnis

Apabila anda menyediakan metode pembayaran yang bermacam-macam dan lengkap, maka konsumen akan lebih mudah untuk membeli barang sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri. Semakin cepat para konsumen membayar pesanannya, semakin cepat pula anda mendapatkan keuntungan dari pembayaran tersebut. Oleh sebab itu, rekening bisnis anda bisa lebih cepat terisi dan anda juga bisa mengelola arus kas bisnis dengan lancar.

Bagaimana? Ternyata tak hanya melulu mengenai pelanggan atau kostumer di e-commerce saja perihal pembayaran yang lengkap ini. Sebab, anda sebagai pemilik e-commerce pun bisa mendapatkan keuntungan dari pilihan metode pembayaran yang beragam ini. Jadi, tunggu apa lagi? Segera lengkapi metode pembayaran di marketplace anda supaya lebih banyak lagi kostumer yang datang.

Baca juga : Jangan Miliki 4 Sifat Ini Karena Dilarang Dalam Islam

Menurut anda, metode pembayaran apa yang paling banyak disukai oleh masyarakat saat belanja online? Sistem COD (cash on delivery alias bayar di tempat), membayar lewat transfer ATM, menggunakan uang digital, atau menggunakan metode lainnya? Share pendapat anda di kolom komentar, ya!

Baca juga : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.