Lakukan Amalan Ini Kepada Saudara Sesama Muslim, Allah Pun Akan Mencintai Anda

Lakukan Amalan Ini Kepada Saudara Sesama Muslim, Allah Pun Akan Mencintai Anda – Sebagai sesama muslim, ada beberapa hal yang sangat dianjurkan atau disunnahkan untuk dilakukan. Semua hal ini adalah untuk mempererat silah ukhuwah atau jalinan persaudaraan muslim yang terjadi. Dan tentunya, saat melaksanakan hal ini, Allah SWT akan ridha kepada setiap pelakunya. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempererat hubungan sesama muslim dan semakin mendatangkan cintanya Allah kepada Anda.

 

Saling Memberi Hadiah

Memberi hadiah dalam Islam adalah suatu hal yang sunnah. Dan memang hadiah yang diberikan kepada sesama muslim dapat mempererat hubungan yang ada, selain bermakna sebagai sedekah kepada sesama muslim. Disebutkan oleh Rasul Saw bahwa dengan saling memberikan hadiah maka dua orang muslim akan saling mencintai.

Syariat lain yang muncul dari memberikan hadiah ini adalah membalas dengan memberikan hadiah kepada orang yang telah memberikan hadiah kepada Anda. Rasul Saw pun pernah menerima hadiah dan beliau pun membalas hadiah tersebut.

Baca juga : Tips Supaya Website Bisnis Anda Banyak Dikunjungi Pembeli

Hadiah yang dimaksudkan tentu saja tak terbatas pada nilai dan harga dari suatu barang. Islam pun tidak menetapkan hadiah ini dalam hal nilai dan harga barang. Segala sesuatu yang diberikan dengan niat yang ikhlas semata karena Allah dan juga menjadi barang yang bermanfaat, tentunya akan menjadi pahala yang mengalir bagi si pemberi hadiah.

Meminta Doa Kepada Saudara

Sesama muslim disyariatkan untuk meminta doa kepada saudaranya, maknanya minta agar didoakan oleh saudaranya atau agar saudaranya tersebut menyebutkan nama dan berdoa untuknya dalam doanya.

Hal ini menunjukan bahwa sesama muslim saling membutuhkan dukungan support dari yang lain. Lebih dari itu, hal ini menjadi satu bentuk kesunnahan yang dianjurkan untuk dilakukan. Bahkan, Allah SWT memberikan balasan terhadap orang yang mendoakan saudaranya dengan adanya malaikat yang turut mengamini doa tersebut dan juga mendoakan yang serupa untuk dirinya.

Baca juga : Ibu Rumah Tangga Mau Jualan Online? Siapkan Ini Dulu!

Inilah indahnya Islam, saat kita mendoakan orang lain, sejatinya kita pun ikut mendoakan diri kita sendiri. Dengan doa ini saja, sudah mampu untuk memberikan doa sendiri kepada diri kita tanpa banyak kita ketahui.

Mendatangi

Satu hal lain yang dianjurkan dalam menjaga muamalah atau hubungan antar umat muslim adalah mendatangi satu sama lain. Inilah satu jalan untuk mempererat ikatan ukhuwah antar sesama muslim. Bahkan, dianjurkan pula untuk mendatangi saudara muslim lainnya dalam keadaan wajah yang berseri-seri.

Kemudian, saat bertemu, duduk bersama dan jika memang dirasakan mampu, menuangkan minuman untuk saudara tersebut. Amalan yang sederhana ini mungkin terkesan sangat remeh. Namun di sisi Allah SWT, amal ini sangat disukai oleh-Nya dan dapat menjadi satu hal yang mendatangkan kemuliaan pada pelakunya.

Baca juga : Pebisnis Online Wajib Tingkatkan Keamanan Konsumen

Menolong Saudaranya

Di antara tanda kebaikan dari seseorang adalah kegemaran dirinya untuk membantu saudaranya yang lain. Saat melihat saudaranya sedang mengalami atau menghadapi kesulitan, maka dia maju sebagai sosok yang ringan tangan untuk membantu saudaranya tersebut.

Islam pun sangat memuji satu muslim yang gemar untuk menolong muslim yang lain. Dan disebutkan bahwa hal ini bisa menjadi jalan atau penyebab kemudahan dan pertolongan yang ada di dalam kehidupannya. Gemar menolong orang lain akan menyebabkan dirinya pun gemar untuk ditolong oleh orang lain pula.

Baca juga : Pelajari 4 Hal Yang Membuat Bisnis Online Bangkrut

Inilah beberapa hal yang sejatinya sangat dianjurkan untuk dilakukan bagi sesama muslim. Dengan ini, umat muslim dapat menjadi umat muslim yang kuat dan menyatu satu sama lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.