Langkah Tepat Dan Cepat Mengatasi Masalah Handphone Yang Kemasukan Air

Langkah Tepat Dan Cepat Mengatasi Masalah Handphone Yang Kemasukan Air – Seperti mimpi buruk jika mengalami handphone tercebur air atau kemasukan air. Rasanya sedih, panik dan marah karena jika komponen-komponen di dalam handphone terkena air bisa menyebabkan HP mati total atau terjadi kerusakan pada bagian komponen yang jika tidak ditangani bisa menyebabkan data, memori tidak bisa diakses/hilang.

Jika Anda mengalaminya,  jangan panik karena  dalam artikel ini kita akan membahas hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan jika handphone kemasukan air dan cara tepat mengatasinya.

Hal Yang Pantang Dilakukan

  • Jangan Pencet Tombol Atau Menggoyangkan Handphone

Biasanya yang dilakukan setelah handphone kemasukan air adalah memencet tombol untuk mengecek apakah handphone masih bisa berfungsi atau tidak. Selain itu biasanya handphone akan digoyang-goyangkan dengan maksud air yang masuk keluar.

Baca juga : Ini Dia Rahasia Olshop Sukses Saat Promosi Jualannya!

Sebenarnya kedua hal tersebut jangan dilakukan karena bisa menyebabkan air yang masuk ke dalam menyebar ke komponen lain di dalam handphone.

  • Jangan Pakai Hair Dryer

Walaupun cara ini dianggap cepat mengeringkan handphone yang kemasukan air, namun bisa mendorong air masuk meresap ke celah-celah lebih dalam. Selain itu, panas yang keluar dari hair dryer membuat handphone panas dan merusak komponen lain.

  • Jangan Langsung Menyalakan Handphone

Biasanya handphone yang kemasukan air akan mati atau ngehenk. Jika demikian, jangan buru-buru dinyalakan saat keadaan masih basah. Ikuti tips yang akan kita bahas selanjutnya, yaitu langkah tepat yang harus segera dilakukan jika handphone kemasukan/terkena air.

Baca juga : 7 Tips Agar Anak Mau Belajar Tanpa Paksaan Dan Tekanan

Langkah Cepat Dan Tepat Mengatasi Handpone Yang Kemasukan Air

  • Lepaskan Baterai

Yang pertama harus dilakukan jika handphone kemasukan air adalah siapkan kain lembut untuk alas kemudian lepaskan penutup handphone. Jika baterai handphone milik Anda tipe non removable baca dalam buku petunjuk, jangan membukanya secara paksa. Keluarkan kartu memoy dan kartu SIM untuk menyelamatkan data-data, foto berharga.

  • Keringkan Handphone

Setelah kartu SIM dan memory dikeluarkan, lanjutan ke tahap kedua yaitu mengeringkan handphone menggunakan kain lembut yang sudah disiapkan. Walaupun setetes air, jika didiamkan bisa menimbulkan kerusakan dan karat.

Jangan mengguncang-guncangkan HP. Apabila punya mesin penghisap debu bisa menggunakannya untuk mengeringkan. Gunakan beberapa menit dan jangan terlalu dekat dengan handphone, karena listrik mesin penghisap debu statis.

Selain mengeringkan bagian dalam, yang tidak boleh luput dari perhatian adalah bagian layar. Segera bersihkan karena layar LCD rentan terhadap kelembaban air dan bisa muncul flek-flek hitam.

Baca juga : Cara Membuat Konten Medsos Yang Menjual Untuk Olshop

  • Gunakan Beras

Cara ini perlu dicoba, walaupun ada juga pendapat yang kontra. Banyak pertanyaan kenapa harus beras? Ternyata kandungan elektrostatis yang terdapat di dalam beras memiliki daya serap terhadap air dengan cepat dan mengurangi kelembaban dengan maksimal. Rendamlah HP di dalam beras selama 24 jam, lalu nyalakan dan HP sudah kembali berfungsi. Jika tidak percaya, silahkan coba sendiri.

  • Bawa Ke Service Center

Jika cara yang sudah dibahas tersebut dicoba, tapi ternyata tidak membuahkan hasil alias gagal, langkah terakhir yaitu di bawa ke service center untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Handphone yang kemasukan air bisa mengalami kerusakan atau mati total. Jika tidak ditangani bisa kehilangan data-data, foto-foto penting. Tentu ini sangat disayangkan, jadi jika mengalami masalah ini, cobalah pertolongan pertama seperti tips yang sudah kita bahas dalam artikel ini.

Yuk, antisipasi kehilangan handphone dan data penting dengan lebih hati-hati lagi jangan sampai handphone kesayangan jatuh atau kebasahan air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.