Main Gadget Tanpa Takut Mata Bermasalah, Begini 6 Tipsnya

Blogyudi.com – Di era serba modern ini, hampir setiap orang tidak bisa terlepas dari yang namanya gadget. Berbagai perangkat elektronik seperti smartphone dan komputer menjadi suatu kebutuhan bagi banyak orang sekarang ini.

Meskipun dalam berbagai hal ada banyak kemudahan yang bisa didapatkan dengan mengakses gadget. Namun efek sinar radiasi yang dihasilkan juga dapat membahayakan kesehatan mata, Lho. Efek sinar biru yang terdapat pada layar gadget dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan mata.

Tidak hanya mengakibatkan mata menjadi lelah, terlalu lama menatap layar gadget juga dapat membuat mata menjadi minus dan mengakibatkan masalah yang cukup serius pada organ tubuh tersebut. Nah, di era digital ini, bagaimana cara menjaga mata tetap sehat meskipun banyak aktifitas yang menuntut Anda untuk sering berinteraksi dengan gadget? Simak enam tips berikut.

Baca juga : Tips Mendidik Anak di Zaman Digital

  1. Atur Jarak Pandang Dari Gadget

Jarak pandang antara mata dengan gadget yang terlalu dekat akan membuat mata menjadi cepat lelah. Untuk menjaga mata tetap sehat, hindari menatap layar gadget dengan jarak yang terlalu dekat ya? Setidaknya beri jarak 60-70 cm dari mata ke layar gadget agar mata Anda tidak terpapar sinar radiasi secara langsung.

  1. Upayakan Pencahayaan yang Cukup

Pencahayaan yang terlalu redup atau terlalu terang akan mengakibatkan mata menjadi cepat lelah ketika menatap layar gadget. Untuk itulah, sebaiknya Anda mengatur pencahayaan yang tepat. Agar ketika mengaksesnya Anda tetap merasa nyaman.

Selain pengaturan cahaya dari komputer ataupun smatphone, pencahayaan ini juga berlaku juga untuk ruangan. Pastikan cahaya tidak kurang atau berlebihan agar tidak mengiritasi mata dan membuatnya cepat lelah.

Baca juga : Hak Anak Yang Harus Dipenuhi Orang Tua

  1. Atur Teks Dan Font Yang Bersahabat Bagi Mata

Teks atau font yang terlalu kecil akan membuat orang menatap layar gadget dengan posisi yang sangat dekat. Untuk itulah, sebaiknya Anda memilih pengaturan yang tepat untuk yang satu ini.

Memilih teks dan font dengan ukuran normal akan membuat tulisan mudah terlihat dengan jarak baca yang aman. Dan hal yang satu ini sangat banyak pengaruhnya bagi kesehatan mata, lho.

  1. Beri Jeda Waktu Untuk Istirahat

Meskipun banyak pekerjaan yang menumpuk dan mengharuskan Anda untuk berlama-lama di depan layar komputer. Sebaiknya Anda juga meluangkan jeda waktu untuk beristirahat barang sejenak.

Setidaknya setiap 30 menit, sebaiknya Anda mengubah sudut pandang. Supaya Anda tidak terus menerus fokus pada layar gadget tersebut.

Baca juga : Hak dan Kewajiban Suami Istri Dalam Islam

  1. Siapkan Obat Tetes Mata

Obat tetes mata sangat efektif untuk membuat mata Anda menjadi lebih lembap. Menatap layar gadget dalam jangka waktu yang lama membuat mata menjadi cepat kering. Untuk itulah, ketika Anda merasa mata menjadi kering, segera gunakan obat tetes mata untuk membuatnya menjadi lembap kembali.

  1. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Vitamin A

Untuk menjaga mata agar tetap sehat di era digital,  sebaiknya Anda juga memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung Vitamin A. Makanan yang tinggi akan kandungan vitamin A memang dipercaya sangat efektif untuk menjaga kesehatan mata.

Jadi, untuk Anda yang memang memiliki rutinitas yang mengharuskan untuk sering berinteraksi dengan perangkat-perangkat elektronik seperti komputer, smartphone atau bahkan televisi.

Maka harus mengimbanginya dengan memperbanyak konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan vitamin A. Salah satunya adalah seperti sayuran dan buah-buahan. Hal ini sangat baik untuk membantu agar kesehatan mata tetap terjaga ya?

Baca juga : Kenali Tipe Mertua Anda dan Cara Menghadapinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.