Makna Yang Terkandung Dari Kata Sakinah, Mawadah, Warahmah

Makna Yang Terkandung Dari Kata Sakinah, Mawadah, Warahmah – Sakinah, Mawaddah, Warahmah tidak sekedar istilah namun juga doa yang seringkali dipanjatkan oleh muslim yang telah membina rumah tangga. Dalam ajaran agama islam, Sakinah, Mawaddah, Warahmah bukan sekedar istilah namun menjadi tujuan pernikahan.

Seperti apakah keluarga sakinah, mawaddah dan warahmah itu? Berikut ini penjelasannya!

Baca juga : Jangan Miliki 4 Sifat Ini Karena Dilarang Dalam Islam

Makna Keluarga Sakinah

Sakinah berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti ketentraman, ketenangan, aman dan damai. Lawan katanya adalah kegelisahan, keresahan, keguncangan dan kehancuran. Dari arti kata tersebut keluarga yang sakinah adalah keluarga yang tentram, tenang, aman dan damai diantara semua anggotanya.

Makna Keluarga Mawaddah

Mawaddah berasal dari bahasa Arab, yang memiliki arti: perasaan kasih sayang, cinta yang menggebu dan membara kepada pasangannya. Dalam islam, mawaddah merupakan fitrah yang dimiliki oleh semua manusia.

Cinta yang membara bisa muncul dari berbagai macam sebab, bisa karena kecantikan atau ketampanan pasangan, kedudukan, kecerdasan, moralitas dan hal-hal lain yang ada pada pasangan.

Dengan adanya mawaddah, dapat membuat rumah tangga menjadi penuh cinta dan sayang. Tanpa adanya cinta, menjalankan rumah tangga menjadi hambar. Dengan cinta suami istri mau berkorban demi/untuk keluarga.

Mawaddah memunculkan nafsu positif ialah nafsu yang halal dalam aspek pernikahan.

Baca juga : Cara Membuat Wajah Bersih, Sehat Dan Glowing Alami Tanpa Make Up

Makna Keluarga Rahmah

Sama halnya dengan sakinah dan mawaddah, kata rahmah juga berasal dari bahasa Arab, artinya rezeki, karunia, rahmat dan ampunan. Rahmat terbesar berasal dari Allah SWT yang diberikan untuk keluarga agar terjaga rasa cinta, sayang, menerima dan saling percaya.

Keluarga yang rahman bisa terwujud dengan adanya proses saling membutuhkan diantara masing-masing anggota keluarga dan saling menutupi aib atau kekurangan, memberikan pengertian dan saling memahami.

Ciri Keluarga Sakinah, Mawaddah Dan Warahman

Setelah mengetahui arti atau makna sakinah, mawaddah dan rahmah kita bisa mendapatkan gambaran seperti apa ciri-ciri atau karakteristik keluarga tersebut. Lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

  1. Di dalam keluarga terdapat rasa cinta dan sayang, saling memiliki dan menjaga satu dengan yang lain.
  2. Terdapat rasa tenang, tentram dan terhindar dari konflik apalagi yang mengarah ke perceraian.
  3. Masing-masing anggota keluarga ikhlas dan tulus menjalankan perannya masing-masing. Suami sebagai kepala keluarga dan istri sebagai ibu yang menjaga amanah suami dan mendidik anak-anak
  4. Kecintaan mengarah kepada cinta kepada Allah dan nilai agama, tidak hanya cinta terhadap makhluk atau karena hawa nafsu.
  5. Tidak ada rasa tidak percaya, curiga dan perasaan was-was terhadap pasangan.
  6. Saling menjaga dalam aspek keimanan dan ibadah. Tidak saling menjerumuskan atau menghancurkan.
  7. Menjaga pergaulan, tidak berkhianat atau nyeleweng.
  8. Terpenuhi kebutuhan yang harus dipenuhi, mulai dari rezeki, seksual dan perasaan saling memiliki.
  9. Mendukung karier sau sama yang lain yang diwujudkan untuk membangun keluarga dan amanah dari Allah SWT.

Baca juga : Tips Supaya Website Bisnis Anda Banyak Dikunjungi Pembeli

Dengan keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah maka akan mampu mewujudkan misi dan tujuan keluarga yang islami. Berikut ini manfaat keluarga sakinah, mawaddah dan warahmah yang perlu kita semua ketahui.

  1. Menunjang misi kekhalifahan manusia.
  2. Menjadi ladang ibadah dan untuk beramal shalih.
  3. Menjadi tempat menuai cinta, kasih sayang dan pemenuhan kebutuhan.

Kebutuhan yang dimaksud, seperti kebutuhan rezeki akan harta, rasa aman, tentram, cinta, seks dari pasangan, kehormatan dan bentuk ibadah lainnya yang bisa dilakukan dalam menjalankan ibadah rumah tangga.

Menjalankan dan membangun rumah tangga dalam islam adalah amanah dari Allah SWT. Keluarga sakinah, mawaddah, warahmah merupakan suatu proses untuk menggapai kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.