Manfaat Sedekah Dalam Kebaikan Saling Memberi

Manfaat sedekah
Manfaat sedekah

Blogyudi.com – Allah Subhanahu Wa Ta’Alla menciptakan hambanya tidak dalam kondisi yang sama. Ada yang kaya, berkecukupan dan ada pula yang kekurangan. Dalam Islam diajarkan untuk saling berbagi dan membantu satu sama lain. Salah satunya dengan bersedekah. Manfaat sedekah  dalam kehidupan sehari-hari tak terhitung jumlahnya.

Sedekah memberikan banyak kebaikan. Selain itu manfaat sedekah juga dapat meringankan beban orang lain yang membutuhkan. Sedekah memiliki banyak kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Yuk Berlomba-Lomba Melakukan Kebaikan Ini

Berikut ini adalah manfaat sedekah yang bisa anda dapatkan dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:

  1. Saling Berbagi Dan Tolong-Menolong

Tahukah anda sedekah tidak hanya berupa uang? Senyum juga merupakan salah satu sedekah termurah yang bisa anda berikan. Selain itu, anda juga dapat menyisihkan beberapa penghasilan anda untuk anda berikan kepada seseorang yang membutuhkan. Dengan begitu seseorang yang anda berikan bisa merasakan manfaat sedekah dari apa yang anda berikan.

  1. Sedekah Tidak Mengurangi Harta

Jika anda berpikir bahwa sedekah akan mengurangi harta anda, maka anda salah besar. Sedekah tidak akan mengurangi harta anda. Justru Allah Subhanahu Wa Ta’Alla akan menambah harta anda melalui rezeki tak terduga. Jangan pernah takut bahwa harta anda akan habis, karena sesungguhnya apa yang anda miliki bukanlah milik anda sendiri. Melainkan milik Allah Subhanahu Wa Ta’Alla. Jadi jangan pernah merasa kehilangan dengan memberikan sedekah.

Baca juga : Segala Bentuk Kenikmatan Yang Didapatkan Di Surga

  1. Menghapus Dosa

Sesuai dengan Hadits Riwayat At Tirmidzi, Rasulullah  bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air  memadamkan api.” Oleh karena itu, salah satu manfaat sedekah adalah menghapus dosa. Memperbanyak amalan dan sedekah juga dapat menambah pahala anda sebagai bekal di akhirat.

  1. Terhindar Dari Keburukan

Seringkali hal-hal buruk tak terduga terjadi dalam kehidupan. Tentu saja semua itu adalah kehendak Allah Subhanahu Wa Ta’Alla. Tapi tahukah anda manfaat sedekah  yang lain adalah terhindar dari hal buruk yang tidak anda inginkan. Seperti kata hadist yang diriwayatkan Thabrani, “Sedekah menutup 70 pintu keburukan.”  Sedekah juga membawa kebaikan tolong menolong antar sesama. Sehingga anda dapat membantu saudara anda yang membutuhkan, termasuk membagikan sebagian yang anda miliki untuk orang lain.

Baca juga : Siapa Saja Yang Menjadi Penghuni Surga?

  1. Membuka Pintu Rezeki

Rezeki yang anda terima merupakan pemberian dari Allah Subhanahu Wa Ta’Alla. Segala harta yang anda miliki di dunia ini sebenarnya hanyalah titipan yang bisa diambil kapan saja oleh Allah Subhanahu Wa Ta’Alla. Dan di dalam harta anda ada hak orang lain. Oleh karena itu, jangan ragu memberikan sebagian harta anda pada orang-orang yang membutuhkan. Sedekah tidak membuat anda miskin ataupun mengurangi rezeki anda. Justru dapat membuka pintu rezeki bagi anda.

  1. Mempererat Tali Persaudaraan

Manfaat sedekah adalah menepis jurang perbedaan antara yang kaya dan miskin. Dalam kehidupan sehari-hari anda sering melihat realita di mana orang-orang sering membedakan orang lain berdasarkan kasta dan derajat. Padahal di mata Allah Subhanahu Wa Ta’Alla anda memiliki derajat yang sama. Yang membedakan adalah amal; perbuatan anda. Sedekah dapat mempererat tali persaudaraan dengan tidak membedakan satu sama lain.

Sedekah memberikan banyak manfaat bagi orang lain dan  juga diri sendiri. Memperbanyak sedekah juga dapat meringankan beban bagi orang lain. Jangan pernah ragu berbuat baik pada orang lain dan jangan pernah lelah menjadi orang baik. Perbanyaklah amal baik sebagai bekal anda di akhirat dan memperbanyak sedekah semampu anda. Sedekah memberikan banyak mandapat dalam hidup anda.

Sudahkah anda bersedekah hari ini?

Baca juga : 7 Cara Mengatasi Rasa Kesepian Untuk Hidup Lebih Bahagia

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.