Manfaat Shalat Tahajud Dan Kebaikan Shalat Di Sepertiga Malam

Malam menjadi saat yang tenang untuk melakukan ibadah dan juga berdoa kepada Allah Swt. Salah satu ibadah yang dapat kita lakukan di waktu malam, terutama sepertiga malam terakhir adalah shalat tahajud. Shalat tahajud merupakan shalat sunnah yang dapat kita lakukan di waktu malam. Jumlah rakaatnya mulai dari dua rakaat hingga tak terbatas. Manfaat shalat tahajud sangat banyak, apalagi jika dilakukan dengan khusyuk.

Manfaat shalat tahajjud
Manfaat shalat tahajjud

Hidup tak pernah lepas dari masalah, dan sebaik-baik tempat mengadu adalah Allah Swt. Shalat tahajud memiliki hukum sunnah, boleh dikerjakan tapi tidak berdosa jika tidak mengerjakannya.

Baca juga : Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis Dengan Profil Bisnis

Beberapa manfaat shalat tahajud  yang perlu kita ketahui, di antaranya:

  1. Mendapat Pahala

Kehidupan dunia tidaklah abadi, akan ada kehidupan akhirat yang kekal menunggu kita. Oleh karena itu, sebagai bekal di akhirat kita harus memperbanyak amalan kebaikan dan juga melaksanakan shalat wajib kita. Salah satu manfaat shalat tahajud  adalah mendapat pahala sebagai bekal kita di akhirat.

  1. Memberikan Ketenangan Dan Sebagai Sarana Healing Bagi Kita

Di dunia ini  ada dua luka yang bisa kita alami, ada luka dalam ada luka luar. Luka luar dapat kita lihat, sementara luka dalam tidak. Shalat tahajud bisa menjadi sarana healing untuk kita dengan mendekatkan diri dan berdoa setelah shalat tahajud. Malam merupakan waktu yang mustajab untuk kita berdoa. Dan juga waktu yang tenang untuk memanjatkan doa kita. Oleh karena itu, perbanyak amalan, shalat tahajud dan berdzikir di waktu malam  dapat memberikan kita ketenangan dalam menghadapi segala masalah.

Baca juga : Bisnis Online Yang Dijamin Laris Di Musim Hujan

  1. Menjaga Kesehatan Rohani

Kesehatan rohani atau jiwa tidak dapat kita peroleh melalui asupan makanan. Rasa tenteram dan tenang hanya dapat kita peroleh jika kita dekat dengan Allah Swt. Oleh karena itu manfaat shalat tahajud salah satunya dapat mendekatkan diri dengan Allah. Dan memberikan kita ketenangan rohani. Untuk memperoleh kesehatan yang baik, maka kesehatan jasmani dan rohani kita harus berimbang. Oleh karena itu memperbanyak ibadah kepada Allah Swt adalah jalan menjaga kesehatan rohani diri kita.

  1. Dikabulkan Doanya

Malam merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa kepada Allah Swt. Oleh karena itu, merupakan waktu yang baik untuk melaksanakan shalat tahajud. Selesai shalat tahajud jangan lupa memanjatkan doa pada Allah Swt. Waktu sepertiga malam menjelang subuh adalah saat yang mustajab memanjatkan doa, karena di waktu tersebut Allah Swt mengabulkan doa hamba-Nya.

Baca juga : Inilah Keutamaan Membersamai Al Quran

  1. Diangkat Derajatnya

Dalam QS. Al Isra ayat 79 disebutkan bahwa, “Dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai ibadah tambahan untukmu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat terpuji.” Salah satu manfaat shalat tahajud adalah diangkat derajatnya oleh Allah Swt ke tempat yang lebih tinggi.

  1. Menghapus Dosa

Manusia adalah makhluk Tuhan yang tak pernah luput dari dosa. Dosa kita sebagai manusia tidaklah sedikit jika dihitung dan jumlahnya semakin hari semakin bertambah. Tidak ada yang dapat mengampuni dosa kita selain Allah Swt. Dengan melaksanakan shalat tahajud kita dapat lebih dekat dengan Allah Swt. Salah satu  manfaat shalat tahajud adalah mendapat pengampunan dosa yang telah kita lakukan.

Shalat tahajud memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, ada baiknya kita menyisihkan waktu untuk melaksanakan shalat tahajud dan memanjatkan doa pada Allah Swt.

Baca juga : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.