Memahami Makna Islam Kaffah (Bagian 1)

Memahami Makna Islam Kaffah (1) – Diangkatnya Rasul Muhammad Saw sejak diturunkannya wahyu pertama kali di Gua Hiro’ dengan turunnya surat Al Alaq ayat 1 sampai 5. Kemudian, Al Quran ini diturunkan secara berangsur-angsur selama 23 tahun.

memahami makna kaffah 1
memahami makna kaffah 1

Wahyu yang terakhir diturunkan adalah surat Al Maidah ayat 3 saat Rasul Saw mengerjakan haji wada’. Dalam ayat ini disebutkan bahwa pada hari ini telah disempurnakan atas din atau agama ini.

Sehingga, Islam merupakan satu agama yang telah sempurna dan kesempurnaan ini dapa dilihat dari segala bentuk aturan yang ada dalam mengatur kehidupan manusia di setiap sendi atau aspek kehidupan manusia.

Baca juga : Faidah Membaca Ayat Kursi Dengan Istiqomah

Aturan ini mengatur dari hal kecil sampai hal besar, perihal pribadi, masyarakat dan juga negara, perihal sejak manusia bangun tidur sampai tidur lagi, perihal kecil seperti masuk dalam kamar mandi sampai perihal pengurusan negara, semuanya diatur oleh Islam.

Pengaturan ini sangatlah bermanfaat bagi manusia karena manusia itu sendiri membutuhkan aturan tersebut, tidak ada kemampuan bagi manusia untuk membuat aturan yang terbaik selain aturan yang datang dari Sang Penciptanya. Berikut ini adalah beberapa sistem atau kumpulan aturan dalam beberapa aspek kehidupan manusia.

Baca juga : Yuk Berlomba-Lomba Melakukan Kebaikan Ini

Ibadah

Ibadah menjadi satu aktivitas atau hubungan antara Al Khaliq dan Manusia. Dalam ibadah ini, manusia dapat memperoleh pemuasan dari naluri beragama yang sejatinya dimiliki oleh setiap manusia. Manusia membutuhkan Dzat yang lebih kuat dari dirinya dan dapat dijadikan sebagai sandaran, itulah Allah SWT.

Dalam AL Quran terdapat sejumlah ayat yang menerangkan dan menjelaskan mengenai jenis ibadah apa saja yang dapat dijalankan manusia untuk mendekatkan diri pada Rabbnya. Sebut saja mulai dari sholat, baik sholat wajib dan sunnah, puasa Ramadhan dan puasa sunnah, berdzikir atau mengingat Allah, dan juga membaca Alquran serta beberapa hal lainnya.

Baca juga : Segala Bentuk Kenikmatan Yang Didapatkan Di Surga

Pendidikan

Pendidikan menjadi pilar penting dalam Islam. Dengan pendidikanlah, satu generasi akan dapat tercipta. Islam memberikan perhatian yang sangat besar dalam pendidikan karena menentukan kualitas generasi yang ada.

Inti pendidikan dalam Islam adalah pembentukan rasa takut kepada Allah dan ketundukan pada syariat Allah. Dua hal ini menjadi hal utama yang harus diajarkan kepada anak, sejak dini. Dalam AL Quran, Surat Al Lukman menjadi contoh bagi setiap muslim bagaimana mengajarkan pendidikan Islam kepada seorang anak.

Baca juga : Siapa Saja Yang Menjadi Penghuni Surga?

Dengan pendidikan yang bercorak Islam, hasil atau outputnya pun dapat dilihat kualitasnya. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana kualitas ulama dan para mujtahid yang ada di jaman terdahulu.

Sosial

Selain hal ibadah, hubungan manusia dengan manusia yang lain juga menjadi perhatian besar. Selain pendidikan, sistem tata kelola sosial akan menentukan baik buruknya masyarakat atau generasi. Sistem sosial pun diatur dalam aturan Islam, mulai dari komponennya yaitu pria dan wanita dan interaksi antara keduanya.

Baca juga : 7 Cara Mengatasi Rasa Kesepian Untuk Hidup Lebih Bahagia

Islam menggariskan hal apa saja yang boleh dijalankan oleh pria dan wanita dalam kehidupan sosial, misalnya adanya hukum pernikahan, tidak bolehnya zina, hukum menutup aurat bagi wanita merupakan contoh aturan Islam yang mengatur tatanan sosial kemasyarakatan.

Dari penerapan aturan Islam di masa lampau, dapat dibuktikan bagaimana penjagaan islam terhadap tatanan sosial tersebut. Penjagaan ini pada akhirnya mampu untuk membentuk satu masyarakat yang khas dan unik serta mampu berdaya dan memberikan sumbangsihnya untuk peradaban manusia.

Baca juga : Ciri-Ciri Orang Yang Pasti Sukses Berbisnis Online

Selain tiga hal di atas, masih terdapat beberapa sistem tatanan aturan Islam yang mengatur hubungan manusia dengan manusia yang lainnya. Lebih lengkapnya akan dilanjutkan pada artikel berikutnya dengan judul Memahami Makna Islam Kaffah bagian 2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.