Pahami Kandungan Al-Quran Dan Keistimewaannya

pahami al-quran
pahami al-quran

Blogyudi.com – Al-Qur’an adalah kitab suci bagi umat Islam, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam, sebagai pedoman dan juga pedoman hidup bagi umat-Nya. Al-Qur’an adalah satu-satunya jalan untuk menerangi alam kubur kita dan setidaknya dalam sehari kita harus membaca satu juz.

Tentang Al-Qur’an yang istimewa, dan untuk membiasakan diri membaca Al-Qur’an dengan rutin, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. adapun beberapa cara untuk membiasakan diri membaca Al-Qur’an, maka simak berikut ini.

Baca juga : Pebisnis Online Wajib Tingkatkan Keamanan Konsumen

  • Selalu Sempatkan Untuk Membaca Al-Qur’an

Biasakan untuk rutin membaca Al-Qur’an dan selalu sempatkan waktu untuk membacanya tiap hari, dan bukan hanya di waktu selepas shalat saja.

  • Pahamilah Makna Ayat Yang Kita Baca

Tak hanya membaca Al-Qur’an saja, namun juga pahami makna-makna dari ayat yang telah dibaca tersebut. Gunakan Al-Qur’an dengan terjemahan.

  • Implementasikan Ayat Al-Qur’an Dalam Kehidupan Kita

Karena Al-Qur’an adalah petunjuk dan pedoman hidup, maka kita harus implementasikan ayat-ayat tersebut dalam kehidupan kita.

Baca juga : Pelajari 4 Hal Yang Membuat Bisnis Online Bangkrut

  • Sampaikan Walau Hanya Satu Ayat

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup yang harus didakwahkan, sebagai umat Islam memiliki kewajiban untuk menyampaikan kebaikan, sampaikanlah walau hanya satu ayat.

  • Hapalkan Al-Qur’an

Cara lain supaya terbiasa membaca Al-Qur’an adalah dengan menghapalkannya. Apalagi dengan jadi seorang penghapal Al-Qur’an, derajatnya tinggi di surga dan juga diberikan kebaikan serta nikmat yang berlipat.

  • Bangunlah Generasi Yang Cinta Al-Qur’an

Al-Qur’an adalah cahaya di dalam hidup setiap muslim, oleh sebab itu jangan hanya dipahami serta diimplementasikan oleh segelintir orang saja, melainkan harus dikenalkan pada generasi ke generasi, menjadi pedoman hidup untuk semua generasi Islam. Mulailah dari keluarga kita terlebih dahulu.

Setelah terbiasa rutin membaca Al-Qur’an, maka yang menariknya tentang Al-Qur’an ini adalah bisa mendapatkan manfaat sebagai berikut.

Baca juga : Cara Cepat Kaya Bermodal HP Saja. Pasti Bisa

  1. Bisa Mendapatkan Pahala Yang Berlipat Ganda

Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi Wa Sallam telah bersabda, bahwa seseorang yang membaca satu huruf ayat Al-Qur’an saja akan mendapatkan balasan kebaikan dari Allah sebanyak 10 kali lipat.

  1. Menaikkan Derajat Di Mata Allah

Orang yang selalu membaca Al-Qur’an dan mempelajarinya, serta mengamalkannya tiap hari akan diangkat derajatnya oleh Allah Subhanahu Wa Ta’Alla.

  1. Hatinya Jadi Tenang

Dituangkan di dalam surah Al-Isra  ayat 82, diturunkannya Al-Qur’an menjadi obat untuk berbagai macam penyakit dalam jiwa, jadi utamanya orang yang membaca kitab suci akan menjadi orang dengan jiwa yang tenang dan hati yang lapang.

Baca juga : Bisnis Tanpa Modal Yang Untungnya Besar 

  1. Ditolong Allah Di Hari Kiamat Kelak

Jika kita membaca Al-Qur’an dengan tartil, maka kelak akan mendapatkan pertolongan atau syafa’at di hari kiamat nanti.

  1. Mempermudah Untuk Menghadap Allah

Dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an maka kelak akan mengantarkan kemudahan ketika menghadap Allah Subhanahu Wa Ta ‘Alla.

  1. Rumahnya Dihadiri Oleh Malaikat

Orang yang biasa membaca Al-Qur’an di dalam rumah, maka rumahnya akan dihadiri oleh malaikat dan penghuni rumah bisa merasakan rumahnya terasa lebih nyaman dan lapang.

  1. Memiliki Tempat Bersama Dengan Malaikat

Orang-orang yang sudah pintar dalam membaca kitab suci tersebut, kelak akan dimasukkan bersama dengan para malaikat pencatat yang tentunya sudah patuh kepada perintah Sang Pencipta dan tentunya selalu melakukan kebaikan. Pintar di sini maksudnya adalah orangnya cerdas, memiliki hafalan dengan tajwid yang sempurna dan kualitasnya juga bagus sehingga tak perlu diulang-ulang.

Demikian adalah tentang Al-Qur’an dan keistimewaan yang terkandung di dalamnya bagi para pembaca Al-Qur’an. Semoga bermanfaat.

Baca juga : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.