Pebisnis Online Wajib Tingkatkan Keamanan Konsumen

Pebisnis Online Wajib Tingkatkan Keamanan Konsumen – Tahun 2025 nanti, pertumbuhan ekonomi digital diperkirakan akan mencapai 100 miliar dollar AS dan untuk bersiap memasuki pertumbuhan ekonomi digital, pebisnis digital atau pebisnis online di Indonesia harus mampu melakukan peningkatan keamanan konsumen.

Hal tersebut juga disinggung oleh Managing Director Decision Analytics dan Business Information Experian APAC, yakni Mohan Jayaraman. Ia menurutkan bahwa saat ini nilai kenyamanan yang diutamakan pebisnis, dan bukan keamanan.

Kenyamanan memang diharapkan oleh para konsumen saat berbelanja secara online, akan tetapi saat ini keamanan juga menjadi poin penting yang membuat para konsumen betah berbelanja online. Di tengah pesatnya perkembangan e-commerce, anda juga harus menyiapkan keamanan konsumen yang lebih memuaskan lagi.

Baca juga : Pelajari 4 Hal Yang Membuat Bisnis Online Bangkrut

Dilihat dari data Experian Global Identity and Fraud Report Indonesia untuk tahun 2019, ditemukan bahwa mayoritas konsumen di Indonesia mengutamakan keamanan dalam sistem online dan kenyamanan di poin berikutnya, sedangkan personalisasi sisanya. Angkanya adalah  77% 17% dan 6%.

Penilaian masyarakat mengenai keamanan berbelanja online ini sama dengan Malaysia, yang menempati peringkat tertinggi kedua setelah China di angka 83%. Karena keamanan digital yang kurang baik, tak hanya berpotensi merugikan konsumen, bisnis online pun mengalami kerugian dan bahkan sebanyak 40% bisnis Indonesia mengalami kerugian selama setahun terakhir, disebabkan oleh penipuan online, yakni penipuan online dan pembajakan akun.

Oleh sebab itu, karena interaksi antara konsumen dan bisnis online makin meningkat, lingkungan digital yang aman dan nyaman juga harus jadi prioritas. Berikut adalah cara untuk meningkatkan keamanan konsumen yang bisa berdampak positif pada bisnis online.

Baca juga : Cara Cepat Kaya Bermodal HP Saja. Pasti Bisa!

  1. Miliki Antisipasi Jika Hal Buruk Terjadi

Hal pertama untuk menjaga keamanan data konsumen anda adalah dengan memprediksi hal buruk yang bisa saja muncul. Dengan anda memprediksikan hal itu dari jauh-jauh hari, maka besar kemungkinan anda bisa menyiapkan berbagai langkah, yang bisa dilakukan saat hal tersebut benar-benar terjadi. Bisa jadi karena human error atau hal tak terduga lainnya

  1. Berikan Layanan Keamanan Profesional Yang Menyeluruh

Jangan ragu mengeluarkan biaya tambahan untuk menggunakan layanan keamanan yang profesional, misalnya anti virus berbayar yang akan menghalangi masuknya penyusup ke jaringan anda, sehingga lebih besar keamanan data pelanggan yang ada di dalam sistem komputer anda yang berpotensi membahayakan.

Baca juga : Bisnis Tanpa Modal Yang Untungnya Besar

  1. Tim Harus Lebih Waspada

Terjadinya masalah dengan keamanan konsumen bisa terjadi karena kesalahan sistem, dan terkadang juga dikarenakan adanya human error atau kesalahan manusia. Pastikan tim anda selalu berhati-hati dalam menjaga privasi data para pelanggan bisnis anda. Salah satunya adalah email karena virus dan malware bisa masuk melalui email yang dibuka oleh tim, biasanya berupa file yang harus diunduh atau link yang harus diklik.

  1. Biasakan Untuk Backup Data Otomatis

Karena data adalah sangat penting bagi perkembangan bisnis online di dunia digital, jangan sampai semua data yang anda kumpulkan bertahun-tahun lamanya malah bocor atua bahkan hilang karena keteledoran. Tak hanya pencurian data yang harus diwaspadai, namun kesalahan sistem dan keteledoran bisa menyebabkan hilangnya data dalam bisnis online anda. Sebaiknya selalu biasakan untuk mem-backup data secara berkala untuk menghindari hal ini terjadi.

Baca juga : Strategi Jitu Membangun Jaringan Untuk Mengembangkan Bisnis

Demikian adalah beberapa cara untuk memastikan data pelanggan di sistem anda aman, jangan sampai bisnis online anda terganggu karena isu keamanan pelanggan yang membuat khawatir.

Menurut pendapat anda, apakah tips di atas sudah cukup membantu? Share, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.