Pelajari 4 Hal Yang Membuat Bisnis Online Bangkrut

Pelajari 4 Hal Yang Membuat Bisnis Online Bangkrut – Bisnis online menjadi salah satu bidang pekerjaan yang digeluti masyarakat, terutama masyarakat yang sudah mengerti internet dan bagaimana cara menjadikan internet lahan untuk menghasilkan uang.

Tak semua orang yang terjun ke bisnis online langsung sukses dan kaya raya, ada juga yang perlu melewati jalan yang panjang untuk sampai ke kesuksesan, ada juga yang tak kunjung berhasil dan terus menerus bangkrut.

Jika ditelaah lagi, ada beberapa hal yang membuat bisnis online bangkrut. Beberapa alasan tersebut dirangkum berikut ini.

Baca juga : Bisnis Tanpa Modal Yang Untungnya Besar

  1. Komunikasi Yang Tak Tepat

Hal pertama yang membuat bisnis online bangkrut adalah karena komunikasi yang kurang tepat.  Anda harus tahu jika sistem pemasaran berkaitan sangat erat dengan komunikasi pada konsumen. Hal ini tentu tidak mudah karena anda akan menjual sesuatu yang notabene belum dilihat langsung kepada konsumen, dan anda harus bisa mengomunikasikannya dengan baik.

Anda membutuhkan rangkaian kata yang tepat supaya tiap produk terdeskripsi dengan baik, juga gambar yang berkualitas supaya konsumen yakin. Kemudian anda juga harus maksimalkan cara lain untuk memasarkan produk, misalnya menggunakan website yang profesional, atau memanfaatkan media sosial. Biayanya tak sedikit, utamanya jika anda juga menggunakan jasa profesional untuk mengatasi kedua hal tersebut.

Baca juga : Urutan Penciptaan Manusia Berdasarkan Ayat Al Quran 

Supaya bisnis online anda mampu bertahan lama dan tak gulung tikar, pastikan dengan saksama bagaimana cara anda berkomunikasi dengan calon pembeli, jika perlu ambil kursus atau buku khusus untuk komunikasi secara online.

  1. Tak Bisa Memenuhi Permintaan Pasar

Hal lain yang akan membuat bisnis online  gagal adalah tak bisa memenuhi permintaan pasar online yang cepat berubah. Hal ini disebabkan oleh mudahnya menggunakan layanan internet untuk mengakses berbagai informasi, dan juga proses jual beli dalam bisnis online. Dampak positifnya, lebih mudah untuk melakukan komunikasi dan menjual produk. Negatifnya, selera konsumen akan cepat berubah.

Baca juga : Strategi Jitu Membangun Jaringan Untuk Mengembangkan Bisnis 

  1. Persaingan Yang Sangat Tinggi

Bisnis online adalah sesuatu yang diminati oleh banyak pihak, baik yang pemula atau yang sudah profesional sekalipun. Hal ini membuat persaingan menjadi sangat ketat dan anda harus siap bersaing jika tak ingin gulung tikar. Lakukan persiapan dengan melakukan banyak pembelajaran, riset pasar, menguasai teknik komunikasi dan berbagai teknik internet marketing lainnya.

  1. Jangan Bersikap Abai

Rintangan dalam bisnis online yang bisa membangkrutkan itu banyak, tak hanya masalah yang berasal dari anda sebagai seller (komunikasi, promo yang kurang tepat, update media sosial) juga ada dari pihak pembeli. Ada banyak orang jahat yang berniat menipu online shop, kurir yang tak bersikap profesional, tak bisa mengklaim garansi serta berbagai masalah lain. Anda harus benar-benar peka dan teliti, jika tak mau merugi.

Baca juga : Tips Hemat & Bisa Menabung Yang Menyenangkan Tanpa Paksaan & Tekanan

Salah satu cara untuk menghindari kostumer penipu adalah dengan menerapkan sistem bayar di muka, atau DP (yang otomatis hangus jika barang dibatalkan) tentukan garansi atau refund yang jelas sehingga tak mudah terkena modus penipuan.

Demikian adalah beberapa hal yang membuat bisnis online jadi bangkrut. Anda harus memperhatikan hal-hal yang sudah dipaparkan di atas dengan saksama. Perhatikan apakah salah satu yang telah dijabarkan di atas, menjadi faktor yang membuat bisnis online anda stuck atau parahnya sampai bangkrut.

Baca juga : Tips Untung Beli Rumah Yang Sudah Jadi & Bangun Dari Nol 

Untuk menghindari kebangkrutan terus menerus, pastikan anda memperbaiki kualitas online shop, mempelajari teknik internet marketing yang lebih baik lagi dan jangan ragu untuk memulai.

Menurut anda, apa hal yang membuat bisnis bangkrut? Berbagi di komentar, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.