Segala Bentuk Kenikmatan Yang Didapatkan Di Surga

Segala Bentuk Kenikmatan Yang Didapatkan Di Surga – Surga sebagai balasan akhir dari amal atau perbuatan baik yang telah dilakukan manusia di dunia tentulah menjadi tujuan bagi semua umat Muslim. Di dalam surga, Allah telah menyebutkan bahwa di dalamnya terdapat banyak kenikmatan. Berikut ini adalah beberapa bentuk kenikmatan yang akan diberikan Allah SWT kepada manusia.

Kenikmatan Berupa Pakaian

Beberapa ayat Al Quran yang menyebutkan kenikmatan di surga dalam bentuk pakaian adalah surat Al Hajj ayat 23, Surat Ad dukhan ayat 53, surat Ad Dahr ayat 12 dan 21. Disebutkan bahwa pakaian penghuni surga adalah sejenis pakaian yang sangat halus atau disebutkan dari jenis sutera.

Baca juga : Ini 5 Aplikasi Yang Harus Dimiliki Pebisnis OnlineĀ 

Kenikmatan Berupa Makanan Dan Minuman

Ada sejumlah ayat yang menyebutkan bahwa kelak manusia yang mendapatkan balasan surga akan diberikan nikmat berupa makanan dan minuman. Disebutkan bentuk minuman yang menjadi balasan bagi manusia di surga adalah minuman dari khamr, susu dan juga madu. Khamr saat di dunia menjadi jenis minuman yang dilarang, namun saat di surga, minuman ini diberikan sebagai balasan untuk orang-orang yang selama di dunia menahan diri untuk tidak meminumnya.

Untuk jenis makanan, disebutkan ada beberapa jenis, sebut saja seperti buah-buahan dan daging burung (Surat Al Waqiah ayat 20 sampai 21, pohon pisang dan buah-buahan lain (Surat Al Waqiah ayat 28 sampai 32), serta beberapa ayat lain.

Baca juga : Hukum Islam Ihyaul Mawat, Menghidupkan Tanah Mati

Ada beberapa jenis buah-buahan surga yang juga akan menjadi buah-buahan di surga kelak, sebut saja seperti pisang, delima, anggur, tin dan zaitun serta kurma. Semua buah-buahan ini kelak juga akan dijadikan sebagai balasan kenikmatan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya yang beriman dan mendapatkan balasan surga.

Kenikmatan Berupa Pasangan Hidup

Bagi orang-orang beriman dari kalangan pria, janji Allah SWT akan balasan bagi mereka di surga adalah pasangan hidup dalam bentuk bidadari. Disebutkan bahwa bidadari ini memiliki beberapa karakteristik, seperti memiliki mata yang jeli laksana mutiara yag disimpan dengan baik (Surat Al Waqiah ayat 23), berupa gadis perawan yang penuh cinta dengan umur yang sebaya (surat AL Waqiah ayat 35 sampai 37).

Baca juga : Umar Bin Khatab, Bapak Ekonomi Islam

Selain itu, disebutkan pada surat Ar Rahman ayat 56 sampai 58 disebutkan bahwa kenikmatan berupa bidadari yang dimaksudkan adalah golongan yang sopan dan menundukan pandangannya, mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelumnya, yaitu golongan penghuni surga yang menjadi suami mereka dan juga dari golongan jin. Disebutkan juga bahwa bidadari ini adalah permata yakut dan marjan.

Kenikmatan Berupa Perkakas

Di dunia, perkakas ini adalah segala bentuk barang yang digunakan untuk memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Di surga kelak, kenikmatan berupa perkakas ini juga diberikan kepada manusia yang memang layak untuk masuk surga.

Baca juga : Ayah, Jagalah Keluargamu Dari Api Neraka

Perkakas yang dimaksudkan ada dalam bentuk dipan-dipan, piring dari emas dan piala, gelas, cerek, dan sloki atau piala yang berisikan minuman yang diambil dari air yang mengalir, bejana dari perak, dipan yang bertahtakan emas dan permata, kasur yang empuk dan tebal, bantal sandaran yang tersusun dan permadani yang terhampar.

Selain tiga bentuk kenikmatan yang telah disebutkan di atas, ada kenikmatan lain sebagai balasan di surga, yaitu kenikmatan berupa pelayan, suhu udara yang sedang, serta sejumlah perkara yang diinginkan untuk dimiliki oleh penghuni surga. Semua ini akan diberikan oleh Allah SWT kepada penghuni surga sebagai balasan atas segala perbuatan yang telah mereka lakukan selama di surga.

Baca juga : 7 Tips Agar Anak Mau Belajar Tanpa Paksaan Dan Tekanan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.