Shalat Dhuha Dan Manfaat Shalat Dhuha Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Shalat dhuha adalah salat sunnah yang dikerjakan pada pagi hari menjelang siang. Bagi kita yang memiliki aktivitas seperti kuliah, kerja, kita bisa menyempatkan waktu untuk salat dhuha terlebih dahulu sebelum berangkat memulai aktivitas kita.

manfaat shalat dhuha
manfaat shalat dhuha

Manfaat shalat dhuha sangat banyak sekali bagi kehidupan sehari-hari. Selain karena shalat dhuha dapat menambah pahala sebagai bekal kita di akhirat. Ternyata shalat dhuha juga memiliki manfaat bagi kehidupan kita. Berikut ini adalah manfaat shalat dhuha dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:

Baca juga : Kenali Jenis Konsumen Di Bisnis Online Anda

  1. Mendekatkan Jodoh

Bagi kita yang sedang berusaha menemukan jodoh kita maka ada baiknya kita melakukan shalat dhuha sebelum beraktivitas. Waktu dhuha atau waktu shalat dhuha merupakan waktu yang baik untuk berdoa. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk berdoa dan melakukan shalat dhuha sebelum beraktivitas, karena manfaat shalat dhuha  sangat banyak dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Memudahkan Segala Urusan

Segala urusan di dunia ini akan mudah jika kita mendekatkan diri pada pencipta dunia ini. Dengan cara beribadah tepat waktu dan melaksanakan amalan-amalan sunnah lainnya seperti shalat dhuha. Manfaat shalat dhuha yang lain adalah dapat memudahkan segala urusan kita di dunia. Sebuah hadits riwayat At- tirmidzi dan Ibnu Majah mengatakan bahwa orang yang terbiasa melaksanakan shalat dhuha juga akan diampuni dosanya, meskipun dosa orang tersebut sebanyak lautan, “Siapa yang menjaga shalat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak lautan?”. HR At Tirmidzi dan Ibnu Majah.

Baca juga : Kenapa Marketplace Harus Menyediakan Pilihan Pembayaran Yang Lengkap?

  1. Sebagai Sedekah

Sedekah tidak harus dengan menggunakan harta. Bisa pula dengan melakukan hal-hal baik seperti melaksanakan shalat dhuha sebelum kita melakukan aktivitas sehari-hari. Melaksanakan shalat dhuha sama seperti melaksanakan sedekah. Seperti kata hadist Riwayat Muslim yang mengatakan bahwa setiap hari tubuh kita harus mengeluarkan sedekah dan dapat diganti dengan melakukan shalat dhuha.

  1. Memberikan Ketenangan Jiwa Dan Pikiran

Dalam hidup tak lepas dari yang namanya masalah. Terlebih di dunia ini Allah menguji hambanya untuk mengetahui seberapa tabah dan sabar seseorang. Terkadang dunia ini terasa menyesakkan. Di saat itu tidak ada tempat yang lebih tenang untuk kembali kecuali mendekatkan diri pada Allah SWT, Pagi merupakan waktu yang baik untuk beribada. Karena pagi memiliki suasana yang tenang sehingga membuat ibadah kita lebih khusyuk. Salah satu manfaat shalat dhuha  adalah memberikan ketenangan dalam menjalani kehidupan. Terlebih ketika kita memulai shalat harus bersuci terlebih dahulu dengan melakukan wudhu. Wudhu juga memiliki banyak manfaat dalam hidup.

Baca juga : 5 Tren E-Commerce Tahun 2020

  1. Wajah Keliatan Cerah Dan Bercahaya

Salah satu manfaat shalat dhuha adalah  membuat wajah kita lebih bercahaya karena air wudhu. Menjaga kebersihan wajah salah satunya dapat dilakukan dengan membersihkan wajah dengan teratur. Dengan menjalankan shalat wajib dan juga shalat dhuha, maka setidaknya kita membasuh wajah enam kali dalam sehari. Sehingga wajah kita lebih bersih, cerah, dan bercahaya.

  1. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung Dan Ginjal

Shalat dhuha adalah shalat yang dikerjakan saat pagi menjelang siang. Shalat di waktu ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit. Karena saat melakukan shalat, anggota tubuh kita bergerak sehingga secara tidak langsung kita seperti berolahraga.

Begitu banyak manfaat shalat dhuha yang akan kita peroleh jika melaksanakannya. Oleh karena itu, usahakan melakukan shalat dhuha sebelum beraktivitas. Dan niatkan beribadah dengan tulus, perkara pahala biar Allah Swt saja yang urus.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.