Strategi Jitu Membangun Jaringan Untuk Mengembangkan Bisnis

Strategi Jitu Membangun Jaringan Untuk Mengembangkan Bisnis – Bagi Anda yang bergerak di bidang bisnis, baik jualan produk maupun jasa salah satu hal yang harus dilakukan agar bisnis berhasil adalah membangun jaringan. Jaringan dalam dunia bisnis dapat membuat bisnis Anda semakin berkembang.

Pengertian Jaringan Bisnis

Jaringan bisnis dapat diartikan sebagai suatu kegiatan dimana para pelaku bisnis saling kenal menciptakan serta bertindak atas peluang. Bisa juga diartikan proses membangun hubungan bisnis dengan pebisnis lain, calon konsumen, konsumen, dan pelanggan.

Pebisnis yang sukses pasti memiliki jaringan bisnis yang banyak dan hebat. Membangun jaringan bisnis sama dengan memperluas dan memperbesar bisnis yang dikelola dan kemungkinan dapat meraih kesuksesan. Berikut ini kami akan berbagi strategi membangun jaringan bisnis yang efektif, yang bisa Anda coba aplikasikan.

Baca juga : Ini Dia Rahasia Olshop Sukses Saat Promosi Jualannya!

Strategi Membangun Jaringan Bisnis

  1. Memperbanyak Kenalan

Jaringan yang kuat biasanya diawali dengan sebuah perkenalan. Ada banyak cara untuk mendapatkan kenalan, seperti: datang ke acara seminar, workshop atau acara lainnya yang berpeluang bertemu banyak orang dengan latar belakang berbeda. Dengan memiliki banyak kenalan berpeluang membuka jaringan bisnis untuk mengembangkan bisnis yang Anda kelola.

  1. Bergabung Dengan Komunitas Pengusaha Atau Pebisnis

Cara ini terbilang sangat efektif dalam membangun jaringan bisnis. Melalui komunitas Anda bisa dengan mudah mendapatkan banyak informasi serta kenalan sesama pelaku bisnis dari berbagai jenis bidang usaha.

  1. Buat Pertemuan Tatap Muka

Walaupun sekarang zamannya online, tetap harus melakukan pertemuan langsung. Bisa pertemuan dengan membuat janji bisnis, berkunjung ke tempat usahanya/kantor atau sekedar bertemu untuk obrolan ringan. Pertemuan face to face bisa lebih mengetahui dan mengenal secara personal termasuk ke ranah bisnis.

Namun yang harus diperhatikan jika akan membuat pertemuan langsung adalah mempertimbangkan waktu orang yang diajak bertemu. Jangan sampai mengganggu waktu mereka, setidaknya buatlah dulu janji, kesepakatan waktu dan tempat jangan langsung datang.

Baca juga : 5 Tips mudah agar rumah tetap nyaman

  1. Terhubung Di Media Sosial

Setelah bertemu/ berkenalan di suatu acara dan sudah saling kenal akrabkanlah diri melalui media sosial, seperti Twitter, Instagram, Facebook, Line, atau media sosial lainnya. Follow mereka dan perhatikan apa yang mereka share. Sesekali tinggalkan komentar atau like pada postingan yang Anda rasa bisa menjadi topik pembicaraan atau pembahasan bisnis.

  1. Jangan Malu Untuk Mengawali Perkenalan

Di manapun Anda berada baik itu di dunia nyata maupun maya (online) ketika berkomunikasi untuk membangun jaringan usahakan proaktif. Jangan malu untuk membuka obrolan, berkenalan atau bertanya, tapi jangan terlalu berlebihan, perhatikan etika komunikasi, seperti: hindari bertanya dengan pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya pribadi.

Baca juga : Larangan Untuk Muslimah Yang Justru Memuliakannya

  1. Jangan Takut Ditolak

Membangun jaringan bisnis adalah proses yang harus dilakukan dengan sabar dan percaya diri. Ada kalanya akan mendapatkan penolakan dari orang yang Anda ajak untuk bekerjasama dengan bisnis yang Anda kelola. Hal ini biasa di dalam dunia bisnis, jangan lantas menyerah begitu saja.

Jika mendapatan penolakan ambil sisi positifnya, mungkin saja mereka tidak sevisi misi dengan bisnis yang Anda kelola atau memiliki planning lain. Terus berusaha membangun jaringan bisnis karena akan ada waktunya Anda bertemu dengan orang yang tepat dan cocok bekerjasama.

Membangun jaringan bisnis atau kemitraan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, harus dilakukan dengan sabar, cermat dan strategis. Jika ingin bisnis Anda ingin memiliki jaringan bisnis yang luas dan berkembang, cobalah tips yang sudah kita bahas. Selamat mencoba dan berjejaring! Good Luck!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.