Tips Cara Agar Anak Cepat Jalan Dan Bicara

Tips Cara Agar Anak Cepat Jalan Dan Bicara
gambar : Pixabay.com

Tips Cara Agar Anak Cepat Jalan Dan Bicara

Ada berbagai yang bisa dilakukan agar si kecil bisa cepat jalan dan bicara, salah satunya memberikan stimulasi yang baik. Pada pembahasan kali ini , kami akan jelaskan kepada Anda bagaimana cara memberikan stimulasi yang baik agar si kecil bisa cepat jalan dalam pembahasan di bawah ini!

Cara Melatih Anak agar Cepat Jalan dan Bicara

 Berikut ini cara melatih anak agar cepat jalan dan bicara, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Menggenggam tangannya saat menitah

Cara agar anak cepat jalan dan bicara yang pertama yaitu membantunya berlatih berjalan tanpa membebani kakinya. Maka dari itu, usahakan untuk memegang kedua tangannya pada saat menitahnya, dengan memegang lengannya dalam posisi yang agak tinggi dan tubuh yang tegak. Namun jangan sampai terangkat dan biarkan kakinya menapak penuh di lantai.

  1. Membiarkan bertelanjang kaki

Cara supaya si kecil cepat jalan dan bicara selanjutnya yaitu membiarkannya bertelanjang kaki pada saat berjalan. Namun lebih dulu, Anda harus memastikan bahwa lantai atau rumput sudah aman dari hal-hal yang membahayakan sehingga bisa membiarkan si kecil berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Apabila suhu di sekitar tempat tinggal cukup dingin, Anda bisa memakaikannya kaus kaki yang kesat atau ada karetnya sehingga si kecil tidak tergelincir.

Sekadar informasi, bertelanjang kaki akan membantu dalam membentuk otot kaki dan menguatkan pergelangan kakinya sehingga si kecil bisa cepat belajar keseimbangan dan koordinasi. Jika ingin si kecil cepat jalan dan bicara, maka hindari memakaikan supatu berleher tinggi karena itu hanya kaan membatasi gerakan di bagian pergelangan kakinya.

Baca juga : Cara Bagaimana Agar Anak Cepat Gemuk Dan Tinggi 

  1. Melatih dengan teman sebaya

Cara agar si kecil cepat jalan dan bicara lainnya yang bisa diterapkan yaitu dengan membawanya bertemu dan bermain dengan teman sebayanya, sehingga Anda bisa memotivasinya untuk mau melangkah seperti temannya. Biasanya kompetisi kecil semacam ini akan memberikan dampak baik bagi si kecil, karena ia pasti akan selalu termotivasi tinggi untuk meniru dan melakukan apa yang temannya lakukan, sehingga akan membuatnya memiliki motivasi tinggi untuk mau berjalan.

  1. Memberi mainan dorong
cara agar bayi cepat jalan dan bicara
gambar : Pixabay.com

Memberikan si kecil mainan dorong merupakan salah satu cara yang bisa digunakan agar si kecil cepat jalan dan bicara. Mainan dorong yang ingin diberikan kepada si kecil sebaiknya yang kokoh dan memiliki batang atau pegangan yang bisa dijadikan tumpuan. Disarankan untuk mencari mainan dengan roda besar yang sulit untuk dimiringkan.

Sebenarnya, apabila si kecil sudah bisa melangkah, apapun bisa dijadikannya sebagai mainan dorong, tetapi Anda harus memastikan lebih dulu bahwa benda-benda yang didorongnya itu punya bobot yaang cukup dan alas yang kesat pada saat didorong sehingga si kecil tidak tergelincir.

Baca juga : Cara Agar Asi Melimpah dan Berkualitas Secara Alami

  1. Mengajak berenang

Cara agar si kecil cepat berjalan dan bicara yang lainya yaitu dengan mengajaknya untuk berenang. Berenang merupakan salah satu kegiatan yang biasanya disukai oleh para bayi,selain itu bisa dijadikan sebagai saran untuk menguatkan dan melatih otot-otot kakinya. Anda bisa mengajari si kecil untuk melakukan gerakan menendang di dalam air. Apabila kolamnya cukup dangkal, maka tak ada salahnya untuk mengajak si kecil berjalan di dalam air supaya otot kakinya lebih terlatih.

  1. Mengajaknya bernyanyi

Supaya si kecil cepat berjalan dan bicara, cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengajaknya bernyanyi. Anda bisa membua suara yang dipadukan dnegan gerakan, supaya si kecil mau meniru ucapan orang tuanya karena biasanya mereka sangat suka dengan gerakan.

Baca juga : Cara Ampuh agar Anak Mau Makan Nasi

  1. Sering mengajaknya berbicara

Mengajak si kecil bicara tidak harus menunggu hingga usianya cukup, tetapi sejak ia dilahirkan juga Anda sudah bisa mengajaknya untuk bicara. Walaupun si kecil belum bisa menjawab, namun hal itu akan membantu sel-sel saraf pada otaknya menangkap sinyal dengan baik lalu menyimpannya dalam memori.Semakin sering Anda mengajaknya bicara, maka semakin banyak ia mengingat kosakata yang diajarkan. Jadi, jangan lelah untuk terus mengajaknya berbicara.

  1. Terus ulangi kata yang sama

Apabila Anda ingin si kecil cepat jalan dan bicara, maka teruslah ulangi kata-kata yang sama pada saat menjalankan rutinitas sehari-hari. Anda bisa memilih kata yang mudah untuk diketahu olehnya atau kata yang sehari-hari dilakukan atau dijumpainya. Dengan mengulangi kata-kata tersebut setiap harinya, maka akan membuat si kecil lebih mudah untuk mengingat kosakata tersebut sehingga ia bisa cepat bicara.

Baca juga : 5 Tips Mencegah Resiko Obesitas Pada Anak Secara Alami dan Aman

  1. Tidak membiarkannya menatap layar TV atau HP terlalu lama

Salah satu penghambat si kecil bisa cepat jalan atau bicara yaitu teknologi karena bisa membuatnya menghabiskan banyak waktu screen time harian.Maka dari itu, apabila ingin si kecil cepat bicara usahakan untuk tidak membiarkannya menonton TV atau bermain dengan HP karena itu akan membuatnya jadi malas bicara lantaran terlalu asyik melihat film atau video lewat layar. Sebaiknya, ajaklah si kecil untuk bermain bersama sambil menyanyikan lagu kesukaannya atau mengajaknya berbicara hal-hal ringan agar bisa melatihnya berbicara.

  1. Membacakan dongeng

Cara supaya si kecil cepat jalan dan bicara berikutnya yaitu dengan rajin membacakannya cerita atau dongeng. Ada banyak jenis dongeng yang bisa dibacakan untuk si kecil, mulai dari dongeng kisah hewan, kisah nabi dan para sahabat, legenda dan lain sebagainya. Pada saat membacakannya dongeng, sebaiknya dibacakan secara perlahan dengan ekspresi yang tepat untuk menarik perhatian dari si kecil.

Demikianlah berbagai tips yang bisa dilakukan agar si kecil cepat jalan dan bicara. Namun sekali lagi, pada saat melatihnya, usahakan untuk tidak memberi paksaan karena itu akan membuatnya jadi malas berjalan berlatih jalan dan bicara.

Baca juga : 5 Kiat Jitu Mencegah Stunting Pada Anak, Calon Ibu Harus Tahu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.